Menu

5-Hour Rule: Rahasia Sukses Para Tokoh Dunia

Siapa yang ada di pikiran kamu ketika dihadapkan pada kata ‘orang sukses’? Bill Gates? Oprah Winfrey? Mark Zuckerberg? Barrack Obama?

Nama-nama itu mungkin adalah yang pertama kali terlintas di benakmu. Tapi, tahu nggak, kalau ternyata orang-orang sukses yang sudah saya sebutkan di atas berbagi rahasia yang serupa dalam mencapai kesuksesannya; yep, it’s the 5-hour rule. Lima jam dalam seminggu untuk meningkatkan skill dan produktivitas a la orang sukses.

Satu Jam Per Hari

Dalam 5-hour rule, prinsipnya cukup sederhana: kamu hanya butuh menyisihkan 1 jam dalam sehari (1 jam x 5 hari kerja = 5 jam) untuk mempelajari sesuatu secara sukarela tanpa paksaan dari guru maupun orang tua. Kamu bisa membaca sebuah buku baru, latihan alat musik yang nggak pernah kamu coba sebelumnya, mengulik rumus matematika yang belum pernah diajarin di kelas, belajar ngoding, atau apapun itu yang bisa membantumu meningkatkan skill kamu.

Apa sih yang membuat 5-hour rule ini begitu efektif sehingga digunakan para tokoh dunia untuk meningkatkan kemampuan dan produktivitas mereka? Alasannya ada dua; pertama, bekerja lebih lama dan lebih keras nggak sama dengan bekerja dengan lebih pintar. Bekerja pintar artinya kamu menyisihkan sedikit waktumu untuk belajar sesuatu yang baru, dan bukannya menggunakan seluruhnya hanya untuk mengerjakan tugas-tugas harian. Ini akan membantu kamu untuk lebih fokus pada pengembangan diri jangka panjang, lho.

Kedua, prinsip ini membantu kamu untuk menjadi expert dalam satu bidang. Yeah, terjun ke dalam satu bidang baru dan belajar dengan sistem trial and error sambil jalan memang nggak salah, tapi tetap nggak ada yang bisa mengalahkan seseorang yang memang punya skill yang kuat di bidangnya. Dengan 5-hour rule, kamu akan terus mempelajari sesuatu hal baru yang terkait dengan bidangmu—sesuai keinginanmu sendiri. Inilah yang membuat prinsip ini efektif dalam meningkatkan expertise seseorang.

Lima Jam, Tiga Cara

Mau mulai menerapkan prinsip 5-hour rule? Ini dia 3 cara yang bisa kamu lakukan:

1. Membaca. Jadi kutu buku tuh bukan sesuatu yang buruk kok. Apalagi kalau gelar tersebut juga disandang oleh tokoh-toko kenamaan dunia seperti Bill Gates, Oprah, dan Barrack Obama. Cukup membaca selama satu jam, sebelum kamu tidur misalnya, udah bisa menambah wawasan kamu tentang hal-hal baru nih. Apalagi sekarang mencari bahan bacaan ‘kan nggak harus selalu dari buku, kamu bisa browsing di laptop atau HP kamu untuk mencari bahan-bahan bacaan seru nan berfaedah. So, read on pals!

2. Berpikir. Kegiatan yang satu ini emang bisa bikin kamu terlihat nggak lagi ngapa-ngapain. Tapi, menyisihkan waktu satu jam untuk melakukan refleksi atas apa yang udah kamu lakukan di masa lalu terbukti dapat meningkatkan performa kamu dalam melaksanakan tugas di masa yang akan datang.

3. Bereksperimen. Coba deh lakukan hal-hal baru diluar kebiasaan kamu selama ini. Misalkan, mencoba mengerjakan soal matematika SBMPTN dengan rumus baru yang kamu kulik sendiri dari internet. Dengan bereksperimen, kamu jadi tau metode mana yang paling efektif dalam mengerjakan sebuah tugas—atau bahkan kamu bisa menemukan metode baru. Perusahaan-perusahaan teknologi terkemuka seperti Google dan Microsoft juga menerapkan hal ini lho dengan mengalokasikan waktu khusus bagi para karyawannya untuk bereksperimen dengan ide-ide mereka.

Menerapkan 5-hour rule, memang nggak akan kamu langsung menjadi the next Bill Gates atau Warren Buffet, tapi meningkatkan skill dan membangun kebiasan produktif sejak dini tentu bermanfaat banget untuk investasi di masa depan.

Nah, untuk menjadi insan yang prodiktif kamu pasti butuh notebook yang serba bisa dan siap menemanimu kapan aja. Acer Aspire E5 476 adalah notebook yang kamu cari nih, gaes! Memiliki prosesor Intel Generasi ke-8 yang powerful dan RAM yang bisa kamu upgrade hingga 32 GB, membuat notebook ini punya performa luar biasa untuk bermain game, editing video atau editing foto menggunakan aplikasi yang cukup “berat” seperti Adobe Photoshop. Belajar desain grafis atau mengedit video jadi lebih mudah dengan notebook ini.

Selain itu, baterenya juga awet banget nih, sob! Dalam sekali pengisian daya, Acer Aspire E5 476 bisa bertahan hingga 8 jam. Apalagi, notebook ini juga dilengkapi dengan fitur Power-off USB charging yang bisa kamu gunakan buat nge-charge perangkat lain seperti smartphone. Nggak perlu ribet-ribet cari colokan kesana kemari lagi, deh, sekarang.

Yuk, lengkapi hari-hari produktifmu dengan Acer Aspire E5 476!

Baca juga:

(sumber gambar: lorbada.com, acerid.com, wordpress.com)

LATEST COMMENT
noer yahya | 1 hari yang lalu

Kalo statistik di psikologi itu langsung terapan ya kak. Biasanya langsung yang buat nguji alat tes dan hasil penelitian. Kalo ditanya gampang jawabannya ya SUSAH. Tapi nanti ada alat bantunya kok

Q & A Bedah Jurusan Kuliah Psikologi
Fatimah Ibtisam | 1 hari yang lalu

Ada isu yang beredar. Tapi sejauh ini tidak ada pemberitahuan bahwa tidak boleh lintas jurusan di SBMPTN. Sedangkan pada SNMPTN, tiap kampus memiliki aturan tersendiri mengenai boleh atau tidaknya lintas jurusan. Namun pihak penyelenggara tidak menyarankan hal tersebut (lintas jurusan di SNMPTN).

10 Perubahan Penting SNMPTN dan SBMPTN 2019
fauzyiahputri | 3 hari yang lalu

Kak mau tanya. Apakah benar tahun 2020 tidak boleh pindah jurusan?

10 Perubahan Penting SNMPTN dan SBMPTN 2019
Tisam Ali | 4 hari yang lalu

Setahu kami, mata pelajaran yang umum.

Serba-Serbi SNMPTN 2019 yang Penting Kamu Ketahui
Tisam Ali | 4 hari yang lalu

Pendaftaran SNMPTN gratis. Namun setelah masuk kamu perlu membayar biaya kuliah sesuai kebijakan kampus. Untuk keringanan/beasiswa, bisa mengikuti program Bidikmisi.

Serba-Serbi SNMPTN 2019 yang Penting Kamu Ketahui
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Rencanamu ©