7 Kegiatan yang Bisa Dilakukan Saat Menunggu Pengumuman Hasil SBMPTN 2019

Pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri a.k.a SBMPTN 2019 telah dibuka sejak 10 Juni 2019 hingga 24 Juni 2019. Sementara pengumuman hasil SBMPTN 2019 sendiri akan dipublikasikan pada 9 Juli 2019. It means, kamu yang mendaftar SBMPTN tahun ini baru bisa mengetahui kelanjutan nasibmu sekitar satu bulan lagi.

Nah, sambil menunggu hasil tersebut, kamu bisa melakukan berbagai kegiatan positif, lho. Berikut ini adalah beberapa kegiatan yang bisa kamu kerjakan dalam sebulan ke depan:

1. Santai sejenak

santai

Nggak bisa dipungkiri, kamu yang baru lulus dari bangku sekolah dan akan melanjutkan Perguruan Tinggi pasti sudah ngerasain kehectic-an yang buat kamu stres. Mulai dari tugas sekolah, ulangan harian, ujian sekolah, ujian praktek hingga mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) 2019 untuk mendaftar SBMPTN tahun ini.

Kalau kamu sudah mendaftar SBMPTN,  nggak ada salahnya, lho, gaes, memanfaatkan waktu  untuk bersantai dahulu. Soalnya ini merupakan salah satu cara ampuh yang wajib kamu ambil untuk menyegarkan pikiran dan menenangkan perasaan setelah repot dan stres menyiapkan bermacam hal terkait SBMPTN.

Beberapa kegiatan bisa kamu lakukan, misalnya aja memperbanyak waktu istirahat, jalan-jalan bersama teman atau keluarga, membaca komik atau buku cerita, menonton film, dan kegiatan lain sesuai hobi.

2. Liburan

liburan

Kalau kamu bosan bersantai di rumah aja, kamu bisa merencanakan untuk berlibur ke luar kota dalam beberapa hari, gaes. Nggak perlu jauh-jauh dulu, deh.

Kunjungilah daerah-daerah yang bisa kamu datangi hanya dalam satu atau dua jam perjalanan. Yang penting ada tujuan wisata menarik dan belum pernah dikunjungi  serta biayanya nggak terlalu mahal. Dengan begitu, kamu bisa melupakan sejenak kepenatan dalam menyiapkan pendidikan di Perguruan Tinggi dan pikiran menjadi segar kembali, ‘kan? Hehehe.

3. Bertemu teman dan kerabat

bertemu teman

Kalau kamu nggak punya budget untuk liburan, kamu bisa manfaatkan kesempatan selama lebih kurang 30 hari nanti untuk bertemu dan berkumpul dengan teman-teman atau sanak saudara. Pastikan bahan pembicaraan bersama mereka itu yang positif. Sehingga kamu tetap semangat dalam menjalani hari-hari ke depan dan nggak cuma bermalas-malasan aja.

Oyaa, bertemu teman dan keluarga bisa ngasih keuntungan lain, lho. Kamu bisa menggali informasi dan rekomendasi sebanyak-banyaknya dari mereka tentang kampus mana yang menjadi pilihan mereka. Kamu juga bisa bertukar pikiran mengenai pandangan mereka terhadap program studi yang dipilih dan peluang kerja di masa mendatang, gaes. Bermanfaat banget nggak tuh?

4. Buat plan B

plan B

Kamu tahu, ‘kan, gaes? Yang daftar SBMPTN setiap tahunnya itu banyak banget. Nggak cuma satu sekolah aja yang ikut, tapi teman-teman lainnya yang ada di Sabang sampai Merauke juga mengikuti pendaftaran SBMPTN.

Nah, waktu senggang yang kamu punya dalam satu bulan ini bisa dipakai untuk memikirkan berbagai rencana ke depan. Salah satunya adalah mencari informasi tentang ujian mandiri di PTN-PTN pilihanmu.

Selain itu, kamu juga bisa mencari informasi PTS sebagai alternatif melanjutkan studi. Sudah banyak, kok, PTS-PTS yang menyediakan pendidikan berkualitas nggak kalah dari PTN—termasuk prospeknya nanti di dunia kerja.

Beberapa hal yang bisa menjadi pertimbangan kamu dalam memilih PTS di antaranya adalah mengenai akreditasi, peringkat, biaya kuliahnya, kualitas lulusan, dan lokasi. Kamu pun bisa mencari informasi tambahan dari laman resmi masing-masing kampus yang menjadi incaran serta para mahasiswa atau alumni yang kamu kenal dan pernah kuliah di sana.

5. Memperdalam skill

skill

Kamu yang akan melanjutkan ke bangku kuliah nantinya akan menjadi mahasiswa baru. Pastinya, kamu-sudah nggak sabar menanti kehidupan baru (ciee) yang ada di depan mata.

Fyi, dunia sekolah dan dunia kuliah itu bakal jauh berbeda, gaes! Mulai dari gaya belajarnya, bergaul, sampai cara bertahan hidup di perkuliahan, gaes. Sehingga, kamu mau nggak mau harus sudah siap dan beradaptasi dengan segala perubahan akan yang kamu temui di bangku perkuliahan nanti.

Biar nggak kaget, selama satu bulan ini kamu kudu banget kuasai beberapa skill dasar yang nantinya akan sangat berguna untuk kamu bisa survive di tengah kerasnya dunia kuliah. Informasi selegkapnya bisa kamu pelajari di: 6 Skill Dasar yang Harus Dikuasai Kamu Agar Bisa “Bertahan Hidup” di Dunia Kuliah.

6. Ikut kursus

ikut kursus

Selain memperdalam skill dasar untuk bertahan di dunia perkuliahan, gunakan waktu selama satu bulan ini dengan mengikuti kursus singkat yang bisa menambah kemampuan dan keterampilan kamu.

Sesuaikan dengan minat dan bakat yang kamu miliki. Misalnya aja ikut kursus komputer atau perangkat elektronik, memasak, menjahit, kecantikan, dan otomotif. Siapa tahu, ‘kan, dengan melalui kursus ini nantinya kamu bisa menggali kemampuan lain yang selama ini terpendam dan belum pernah diasah lebih dalam.

Perhatikan juga jadwal kursus yang akan kamu ambil, gaes. Jangan sampai mengganggu jadwal berkaitan SBMPTN.

Yang nggak kalah penting adalah biaya penyelenggaraan kursusnya. Usahakan biayanya juga nggak melebihi kemampuan keuangan orang tuamu. Sehingga nggak menambah beban finansial pada saat kamu diterima SBMPTN atau harus mendaftar ke PTS.

7. Ikut volunteer

volunteer

Kalau dirasa ikut kursus nggak memungkinkan. Tenang... ada alternatif kegiatan lain yang bisa kamu lakukan. Yups, jadi volunteer alias relawan, gaes.

Kalau kamu bingung, kegiatan volunteer apa aja, sih, yang bisa diikutin? Di luar sana banyak sekali kegiatan yang bisa kamu ikutin untuk menjadi volunteer, kok. Di antaranya adalah kamu bisa menjadi volunteer di Taman Baca Masyarakat (TBM) di area sekitar tempat tinggalmu.

Di sana, kamu akan memiliki kesempatan untuk mengaplikasikan keterampilan yang kamu miliki secara langsung di masyarakat—mulai dari berbagi ilmu dengan anak-anak di taman baca, membersihkan lingkungan sekitar, atau mengecat bagunan TBM (kalau emang bangunannya sudah terlihat nggak layak, ya).

Psstt, dengan menjadi volunteer, kamu akan mendapatkan pengalaman dan wawasan baru, bisa menambah circle pertemanan kamu serta berbagai manfaat lainnya, lho!

***

Itulah 7 kegiatan bermanfaat yang bisa kamu lakukan saat menunggu pengumuan hasil SBMPTN 2019, gaes. Jangan lupa untuk berdoa supaya kamu bisa diterima di kampus impian. Semoga sukses!

 

Baca juga:

 

(Sumber gambar: funactivities.sg, analogcoffee.ca, tourboxiran.com, vinazine.com, careerbuilder.com, franchiseindia.com, pacific-university.ac.in, paar.net)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
Muhamad Rifki Taufik | 7 jam yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 1 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
AtomyFirst Chanel | 2 bulan yang lalu

Open PP @houseofshirly foll 427k @Idea_forhome foll 377k @myhomeidea_ foll 270k. Harga Paket lebih murah. DM kami yaa..

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1