7 Tips untuk Menghargai Diri Sendiri

Banyak dari kita yang menganggap bahwa menghargai orang lain merupakan suatu hal yang wajib untuk dilakukan. Kita pastinya memiliki beragam cara untuk menghargai orang lain seperti berterimakasih kepada orang tersebut jika telah melakukan suatu untuk kita, mendengarkan pembicaraan orang lain dan sebagainya.

Kita menghargai orang lain agar orang lain merasa senang dan tentunya kita pun menghargai orang lain sebagaimana kita ingin dihargai oleh orang lain. Yap, hal inilah yang sering kali disebut pepatah sebagai "tebur dan tuai". Apa yang kamu tebur, pasti itulah yang akan kamu tuai. Kalau kamu nggak menghargai orang lain maka jangan harap kamu dihargai pula oleh orang lain.

Menghargai orang lain memang merupakan suatu hal yang wajib banget untuk kita lakukan. Selain menghargai orang lain, kamu pun harus menghargai satu hal lagi, lho. Wah, duh? Menghargai apa lagi, nih? Yap, selain menghargai orang lain, kamu harus berusaha menghargai diri kamu sendiri. Dalam hal menghargai diri sendiri, banyak banget dari kita yang sering melupakan menghargai diri sendiri, padahal hal tersebut merupakan suatu hal yang penting, lho.

Kenapa, sih, menghargai diri sendiri merupakan suatu hal yang penting? Well, karena dengan menghargai diri sendiri kamu akan tumbuh menjadi seseorang yang nggak rendah diri, percaya diri, berani mengambil segala resiko, berani bertemu dengan orang baru dan sebagainya. Hampir semua orang pastinya mau dong menjadi pribadi yang sukses. Nah, maka dari itu, gaes, coba dulu yuk dari kebiasaan menghargai diri sendiri. Berikut tips yang bisa dilakukan untuk menghargai dirimu sendiri!

1. Berterimakasih atas apa yang sudah dirimu lakukan

berterimakasih pada dirimu sendiri

Pernah kah kamu berterimakasih atas apa yang telah dilakukan oleh dirimu sendiri? Misalnya, ketika kamu ulangan dan mendapatkan nilai bagus, ketika kamu bisa melakukan segala sesuatunya dengan baik dan sebagainya lalu kamu berterimakasih kepada dirimu bahwa kamu telah melakukan segala sesuatunya dengan baik hari ini, minggu ini, bulan ini bahkan tahun ini?

Kalau jawabanmu kamu masih jarang atau bahkan belum pernah berterimakasih pada dirimu sendiri, maka, yuk, segera lakukan hal tersebut. Ketika kamu berterima kasih kepada dirimu sendiri, maka, kamu akan merasa bahwa dirimu lebih bermanfaat dan lebih bisa melakukan apapun. Setelahnya, kamu pun akan merasa lebih percaya diri.

2. Memaafkan kesalahan atas apa yang telah dirimu lakukan

Pernah nggak, sih, kamu melakukan kesalahan dan hal tersebut sangat mengganggumu? Itu tandanya kamu telah melakukan kesalahan namun kamu belum memaafkan dirimu yang telah melakukan kesalahan tersebut. Ketika kamu melakukan kesalahan, cobalah untuk memaafkan dirimu yang telah melakukannya. Ingat, melakukan kesalahan merupakan suatu hal yang wajar banget untuk dilakukan.

Kalau kamu melakukan kesalahan, jangan sampai kesalahan tersebut malah membuatmu merasa tertekan atau merasa bersalah, ya. Kesalahan yang kamu buat bukan untuk disesali ataupun terlalu dipikirkan melainkan kamu bisa belajar dari kesalahan tersebut. Mau bagaimana pun, kesalahan bisa menjadi salah satu caramu untuk belajar, lho.  

3. Memaafkan orang yang menyakitimu

Ketika kamu disakiti oleh seseorang baik itu karena pembicaraannya maupun tindakannya, pasti, kamu akan merasa kesal kepada orang tersebut. Hal tersebut wajar, kok, gaes. Hal tersebut menjadi nggak wajar kalau kamu terlalu berlarut-larut merasakan perasaan tersebut.

Sesungguhnya, nih, ketika kamu membenci seseorang yang membuatmu kesal atau yang pernah menyakitimu, orang tersebut pastinya nggak dirugikan apapun. Namun sebaliknya, kamulah orang yang dirugikan dalam hal ini. Ketika kamu benci seseorang, kamu akan mendapatkan berbagai kerugian seperti kamu nggak akan maju, kamu memiliki sifat pendendam dan bahkan karena sifat pendendam ini, kamu akan mengundang berbagai penyakit ke dalam tubuhmu sendiri. Nggak mau, kan?

4. Kelilingi dirimu dengan orang-orang positif

Nah, daripada kamu merasa sebal sama seseorang karena orang tersebut telah melakukan suatu hal yang nggak baik kepadamu, mendingan, kamu kelilingi dirimu dengan orang-orang yang positif, deh. Dengan bergaul sama orang-orang yang positif, maka, kamu pun akan mendapatkan keuntungan, lho.

Ketika kamu memiliki lingkungan pergaulan yang positif, kamu akan memiliki banyak teman untuk berdiskusi. Selain itu, kamu pun akan memiliki teman yang dapat memberikanmu pendapat yang sejujurnya tanpa melebih-lebihkan atau menjelek-jelekkan. Mengelilingi dirimu dengan teman-teman yang positif, akan membantumu dalam menghargai dirimu sendiri, lho. Nggak percaya? Cobain dulu, deh!

5. Jujur pada dirimu sendiri

Yes, salah satu cara untuk menghargai dirimu sendiri ialah dengan jujur kepada dirimu sendiri. Nah, lho, apaan nih maksudnya? Yap, contohnya gini, gaes, ketika kamu merasa bahwa kamu lelah akan sesuatu, cobalah untuk berhenti untuk melakukan suatu hal tersebut.

Ketika kamu merasa lelah, jangan paksakan dirimu untuk terus melakukannya. Kamu pun nggak perlu berbohong pada dirimu sendiri kalau kamu merasa lelah atau apapun itu. Kamu harus kenali, nih, apa yang sedang kamu rasakan. Kalau kamu sudah merasa bahwa kamu harus berhenti untuk melakukan suatu hal, maka, lakukanlah. Jangan paksa dirimu terlalu kuat.

6. Rawat dirimu

Ketika kamu mendengar perintah "rawat dirimu", maka, kamu harus merawat dirimu nggak hanya fisiknya saja melainkan kamu pun harus merawat mentalmu. Kesehatan mental merupakan hal yang sama pentingnya dengan kesehatan fisik, lho. Ketika mentalmu nggak dirawat, maka, dampak yang akan kamu rasakan ialah kesehatan fisik yang menurun.

Nah, merawat mental bisa dilakukan dengan banyak hal, lho. Hal yang bisa kamu lakukan untuk merawat mental ialah melakukan hal-hal yang kamu sukai, memberhentikan hal-hal yang nggak kamu suka, bersyukur dan sebagainya. Merawat mental bukan merupakan suatu hal yang sulit dan mahal, kok. Maka dari itu, yuk rawat mentalmu. Mental yang sehat akan mempengaruhi fisik dan menjadi lebih kuat.

7. Bicarakan hal-hal positif kepada dirimu sendiri

katakan hal positif pada dirimu sendiri

Banyak dari kita yang secara nggak sadar memberikan sugesti yang buruk kepada diri sendiri. Contoh sugesti buruk yang biasa kita lakukan contohnya seperti ini, kamu mau ulangan, kamu selalu menganggap bahwa kamu nggak bisa pada pelajaran itu. Pada akhirnya, kamu pun mendapatkan nilai yang jelek saat ulangan.

Nah, nilai jelek yang kamu dapatkan tersebut merupakan hasil dari sugesti negatif yang kamu berikan kepada dirimu sendiri. Coba, deh, kamu terus memberikan sugesti yang positif, saya yakin, pasti kamu pun akan mendapatkan hasil yang lebih baik juga.

***

Yap, itulah kesepuluh tips yang bisa kamu lakukan untuk menghargai dirimu sendiri. Sesungguhnya, ketika kamu menghargai dirimu sendiri, dampak yang akan kamu dapatkan akan lebih besar dibandingkan ketika kamu dihargai oleh orang lain. Kalau kamu nggak menghargai diri sendiri, seberapa besar kamu dihargai oleh orang lain, semuanya pasti akan mental dari dirimu. Kamu akan menjadi pribadi yang nggak percaya diri, segala takut akan banyak hal dan sebagainya. Nah, maka dari itu, yuk, mulai dari sekarang jadilah pribadi yang dapat menghargai diri sendiri, yuk! Ikuti cara di atas untuk mempermudah kamu dalam menghargai dirimu sendiri. Semangat!

Baca juga:

(Sumber gambar: amazon.com, donhowesuccess.com, career.emory.edu)

LATEST COMMENT
Sinta | 5 jam yang lalu

Jurusan ni cocok untuk orang yang jiwa bisnis kak?

Kenalan Lebih Jauh Dengan Jurusan Kuliah Agribisnis
aura tahliya cita roihana | 14 jam yang lalu

Freelance buat jurusan bioteknologi apa ya kak?

Jadi Freelancer Sambil Kuliah: Banyak Keuntungannya
Helen Evy | 1 hari yang lalu

Saya tidak belum diizinkan karena kata orang tua biayanya mahal kalo kuliah di luar kota padahal saya bilang masih ada beasiswa biar meringankan biaya tetapi tetap belum diizinkan, terus saya harus bagaimana?

Cara Meyakinkan Orang Tua Supaya Boleh Kuliah di Luar Kota Atau Luar Negeri
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2020 Rencanamu ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1