Atasi Rasa Homesick yang Melanda dengan Tips Berikut Ini!

Jauh dari rumah dan jauh dari keluarga, pasti menjadi suatu hal yang sangat berat dan menyedihkan bagi beberapa orang. Ketika saya berkuliah dan sekarang bekerja, saya menemukan banyak sekali teman-teman yang merantau dari daerah yang jauh.

Baik itu teman kuliah maupun teman kantor, keduanya sering sekali berkeluh kesah atas hal-hal yang berhubungan dengan keluarganya. Biasanya, hal yang sering dikeluhkesahkan ialah rasa rindu yang suka tiba-tiba muncul kepada kedua orangtua dan keluarga lainnya. Nggak jarang, lho, dari teman-teman saya yang menangis karena rindu dengan kedua orang tuanya di kampung halaman.

Parahnya, ada beberapa teman saya yang malah jadi malas beraktivitas karena rasa homesick yang sedang dialami. Misalnya, pada bulan Ramadan, banyak dari teman-teman saya yang merantau, berkeluhkesah karena nggak ada yang membangunkan sahur, nggak ada ibunya atau ayahnya yang membuat suasana ramai dan hangat pada saat sahur dan nggak ada ibu yang sibuk mempersiapkan menu bukaan di sore hari. Akhirnya, karena hal tersebut, teman-teman saya ini enggan untuk melakukan aktivitasnya.

Well, homesick merupakan suatu hal yang sangat wajar dirasakan ketika kamu merantau, kok. Tetapi, kalau kamu larut dengan perasaan homesick-mu, hal tersebutlah yang nggak baik, gaes! Kalau kamu anak rantau dan sedang merasa homesick, yuk, ikutin cara berikut ini agar kamu dapat mengatur rasa homesick-mu!

1. Kamu harus mengetahui alasan kamu merasa homesick

Coba kamu tanyakan kepada dirimu sendiri, kenapa, sih, kamu bisa merasa homesick? Apakah karena makanan di tempat perantauanmu berbeda dari yang ada di rumah? Apakah karena suasana di tempat perantauan berbeda dari suasana rumah? Apakah karena nggak ada orangtuamu sehingga kamu merasa rindu dan homesick?

Well, apapun alasannya, kamu perlu tahu sehingga kamu bisa mengatasi apa yang menjadi permasalahanmu. Kalau kamu sudah tahu alasannya, pasti kamu akan lebih mudah mengatasinya.

2. Sibukkan diri dengan berbagai kegiatan

Biasanya, ketika kamu rindu rumah dan merasa homesick, kamu pasti sedang kurang kegiatan. Ketika kamu memiliki banyak kegiatan, pasti kamu akan lebih fokus pada kegiatanmu dibandingkan fokus kepada rasa homesick yang sedang kamu rasakan.

Nah, daripada kamu merasa homesick, coba deh perbanyak kegiatanmu. Yang harus kamu ingat, kegiatan tersebut harus bermanfaat, ya! Kegiatan bermanfaat yang bisa kamu lakukan ialah berorganisasi, belajar di perpustakaan atau hanya sekedar diskusi pelajaran dengan teman-temanmu.

3. Alihkan pikiran rindu rumah

Ketika kamu mulai merasa rindu akan rumah dan keluargamu, coba alihkan pikiranmu. Jangan sampai ketika kamu merasa rindu, kamu malah mendengarkan lagu-lagu sedih yang malah jadi mendukung perasaan homesick-mu.

Cobalah untuk alihkan pikiranmu kepada hal-hal yang kamu suka. Misalnya, kamu suka dengan berbelanja atau membaca komik, lakukan hal tersebut untuk mengalihkan pikiranmu. Percayalah, melakukan suatu kegiatan yang kamu sukai, dapat membantumu untuk melupakan rasa sedih, lho.

4. Perluas lingkup pertemananmu

Yap, ketika kamu memiliki lingkup pertemanan yang luas, pasti kamu akan memiliki banyak banyak teman untuk bertukar pikiran atau bahkan berkeluh kesah. Nah, serunya, ketika kamu memiliki banyak teman, kamu pasti akan mendapatkan berbagai macam perspektif dari teman-temanmu, sehingga, kamu memiliki banyak masukkan yang bisa kamu terapkan atau dapat menenangkan pikiranmu.

5. Kurangi berhubungan dengan orang rumah

Bukannya nggak boleh berhubungan dengan orang rumah, tetapi, kamu harus mengurangi intensitas berhubungan dengan orang rumah. Kenapa, sih, kok, harus dikurangi? Karena, dengan berhubungan dengan orang rumah terlalu sering, bukannya mengobati rasa homesick, justru, hal tersebut dapat membuat rasa homesick-mu semakin bertambah.

Saran saya, coba keep in touch dengan orang rumahmu seminggu sekali. Pada waktu menghubungi orangtuamu, kamu bisa menanyakan bagaimana kabar kedua orangtuamu, saudara-saudaramu dan juga keadaan di rumahmu. Kamu tetap mengetahui keadaan dari keluargamu namun kamu pun nggak akan terbebani dengan rasa rindu karena terlalu sering berhubungan.

6. Treat yourself!

Daripada kamu sedih-sedih di kosan, mending kamu pergi ke suatu tempat dan treat yourself! Kamu bisa men-treat dirimu sendiri dengan berbagai macam hal yang kamu sukai. Misalnya, kalau kamu suka berbelanja, pergilah window shopping. Kalaupun kamu mau berbelanja, jangan lupa sesuaikan dengan budget-mu yang lain, ya, hehe.

Selain itu, kalau kamu suka makan-makan, kamu juga bisa sesekali pergi ke suatu tempat untuk mencari makanan-makanan yang kamu suka. Men-treat dirimu sendiri pasti akan membantumu untuk melupakan rasa homesick yang melanda.

7. Cerita kepada orang lain tentang apa yang kamu rasakan

Ketika kamu sudah merasa butuh orang lain untuk bercerita, ceritakanlah apa yang kamu rasakan kepada orang lain. Setidaknya, kamu akan merasa lega ketika semua cerita-ceritamu telah diceritakan kepada orang lain. Kalau misalnya ternyata temanmu dapat memberikan saran yang baik, wah, justru lebih bagus, lagi, gaes!

***

Wah, ternyata banyak banget, nih, gaes, hal-hal yang bisa kamu coba untuk mengatasi rasa homesick-mu. Lagi-lagi, homesick ini suatu perasaan yang kamu buat, lho. Kalau kamu ingin terlepas dari perasaan ini, kamu sendiri yang harus mengatur perasaanmu.

Yuk, daripada homesick kelamaan dan mengganggu aktivitasmu, cobain deh, kedelapan hal di atas. Semoga kamu bisa menangani semua rasa homesick-mu, ya!

Baca juga:

Tips Cepat Beradaptasi Untuk Mahasiswa Rantau, Biar Nggak Kelamaan Homesick

Apa Serunya, Sih, Jadi Mahasiswa Rantau Di Luar Negeri? Simak Pengalaman Saya Berkuliah di Tiongkok!

6 Hal yang Akan Kamu Rasakan Ketika Baru Pertama Kali Merantau

(Sumber gambar: kickstarter.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 16 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 26 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1