Infografik : Tips Menghadapi Situasi Darurat yang Biasa Terjadi

Situasi darurat mungkin terjadi kapan saja dan secara tiba-tiba. Pada situasi darurat, keselamatan diri bisa jadi taruhan. Makanya, kamu perlu tahu cara menghadapi berbagai situasi genting tersebut. 

Cek infografik dari Brightside ini, untuk tahu cara bertahan dalam situasi-situasi yang berbahaya.

Segera keluar dari ruangan ketika terjadi kebakaran dengan posisi tubuh merunduk dekat dengan lantai. Ini untuk menghindari semburan api dari atas. Kalau api sudah kena komputer, televisi, atau perangkat elektornik lainnya, jangan disiram dengan air. Jangan pula coba-coba sembunyi di dalam ruangan, termasuk kamar mandi. Berisiko mati lemas karena kekurangan oksigen. Fatal!

Tips paling penting dari menyelamatkan diri saat terjebak arus adalah tidak berenang melawan arus. Arus yang begitu deras akan sulit untuk kamu lawan dan hanya akan menghabiskan energimu.

Hipotermia atau kondisi di mana suhu tubuh menurun drastis adalah situasi darurat yang biasanya terjadi saat seseorang berada di alam bebas dan terkena udara dingin. Misalnya, saat kamu hiking atau camping.

Kamu bisa menolong temanmu yang sedang mengalami hipotermia dengan menyelimuti seluruh tubuhnya dan memberikannya minuman hangat. Jangan mengatasinya dengan mandi air hangat, menggosok-gosokkan tangan dan kaki, apalagi dengan minum alkohol.

Dehidrasi bisa terjadi saat kamu kelelahan, mengalami diare, sehabis muntah, atau ketika kurang minum. Ramuan minuman air/jus-gula-garam-baking soda berperan sebagai pengganti cairan tubuhmu yang hilang.

Sering banget ya, ketika kita lagi di jalan, trus terjebak hujan dan petir yang menyambar-nyambar. Yang perlu diingat, hindari tiang listrik, main-main handphone, dan segera keluar dari air kalau kebetulan kamu lagi di pantai atau kolam renang.

(sumber gambar : fijione.tv, brightside.me)

Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2020 Rencanamu ©