Lakukan 10 Hal Sederhana Ini, Supaya Kamu Jadi Lebih Pintar

Awalnya, saya kira kecerdasan seseorang terbentuk ketika masih kecil dan nggak bakal berubah lagi setelah itu. Tapi menurut penelitian, kecerdasan manusia terus berubah, tergantung cara kamu menjalani hal-hal tertentu di hidup kamu. Artinya, kecerdasan bisa terus diasah!

Menurut situs Quora, ada hal-hal kecil yang bisa kamu lakukan setiap hari untuk bikin kamu lebih pintar. Hal-hal kecil ini nggak butuh tenaga atau usaha keras kok, gaes, cuma kon-sis-ten-si!

1. Mengatur waktu online kamu

Sebetulnya, nggak masalah, kok, kalau kamu terkoneksi terus dengan internet alias online melulu. Tapi waktu online kamu harus diatur dengan baik. Misalnya, jangan terus-terusan online sampai begadang. Selain itu, rutinitas online kamu harus diisi dengan hal-hal yang lebih bermanfaat daripada cuma mantengin media sosial. Sebagai contoh, ikut les online, nonton TedTalks yang inspiratif, baca artikel dari Youthmanual (#ahzek), atau belajar tutorial skill baru di YouTube.

Hal Sederhana Agar Lebih Pintar 1 - Youthmanual

2. Menulis ulang apa yang kamu pelajari

Menurut sebuah penelitian di Harvard, menulis kembali apa yang kamu pelajari bakal meningkatkan kekuatan otak kamu. Nulisnya juga nggak perlu panjang-panjang, kok. Cukup berupa pointers atau paragraf pendek.

3. Membuat to-do list (dan selesaikan things to do di dalamnya)

Udah bukan rahasia lagi bahwa to-do list bisa meningkatkan produktifitas dan bikin kamu lebih cerdas. Kenapa? Karena menurut para Yoga Teachers di Amerika, kecerdasan sangat berhubungan dengan rasa percaya diri dan kebahagiaan. Nah, ketika kamu berhasil menyelesaikan hal-hal dalam to-do-list kamu, pasti bakal ada perasaan bangga atas pencapaian tersebut. Mencoret hal yang harus kamu kerjakan dalam to-do list, tuh, rasanya puas banget!

Hal Sederhana Agar Lebih Pintar 3 - Youthmanual

4. Main board games

Bukan cuma buat senang-senang, ternyata main board games seperti puzzle, scrabble, catur, bahkan monopoli bisa bikin otak kamu bekerja dengan lebih baik.

5. Berteman dengan orang yang lebih pintar

Emang, sih, kadang temenan sama orang yang lebih pintar bikin kamu minder. Tapi menurut sebuah lembaga tes IQ di Amerika, IQ kamu itu rata-rata sama dengan IQ lima teman terdekat kamu. Kesimpulannya, bergaul dengan orang yang lebih pintar bakal bikin kamu ikutan pintar! Kok bisa? Well, mungkin karena kamu jadi “tertular” kebiasaan belajar teman-teman kamu, atau jadi terus-terusan meningkatkan wawasan supaya bisa nyambung ngobrol sama mereka.

Selain itu, berteman dengan orang yang lebih pintar bisa bikin kamu lebih rendah hati. Saya ingat satu pesan Bapak saya, “Kalau kamu merasa kamu adalah orang paling pintar di lingkungan kamu saat ini, berarti sudah saatnya kamu mencari pergaulan yang lebih luas, dan berteman dengan orang-orang yang lebih pintar dari kamu. Kalau nggak, kamu bakal susah berkembang.”

6. Banyak membaca

Biar tambah pintar, kamu nggak harus selalu membaca koran politik atau ekonomi yang serius banget, kok! Artikel ringan yang bermanfaat, biografi, atau fiksi juga bisa bikin kerja otak kamu jadi lebih baik. Pokoknya, banyak baca!

Saya punya teman dengan kebiasaan unik. Dia suka banget membaca label ingredients dan cara penggunaan di botol sabun, sampo, dan berbagai toiletries lainnya! Hihihi. Menurutnya, label itu juga sumber pengetahuan, karena jadi tahu ingredients dari produk-produk yang kita konsumsi. Iya juga, sih…

7. Sering menjelaskan kepada orang lain

“If you can’t explain it simply, you don’t understand it well enough,” begitu kata Albert Einstein. Maksudnya, kalau kamu bisa menjelaskan suatu hal dengan baik kepada orang lain, berarti kamu paham banget terhadap hal itu. Menjelaskan, tuh, nggak sesimpel itu, lho! Coba jelaskan, apa itu Instagram! Kalau jawaban kamu cuma “Nggg… yah, sosmed gitu deh… buat foto-foto…” wah, berarti kamu belum betul-betul paham tentang Instagram, tuh, sob.

Menurut Jon Packels, seorang mahasiswa di Inggris, mempelajari hal baru, tuh, bisa jadi gampang. Tapi menjelaskannya kembali kepada orang lain belum tentu gampang. Nah, dengan rajin menjelaskan—tentang apapun—kepada orang lain, kamu melatih otak untuk bekerja lebih baik.

8. Melakukan hal-hal random

Kata Shane Parrish—pemilik Farnam Street blog—Steve Jobs sering melakukan hal-hal random. Dia pernah belajar kaligrafi dan memasak, padahal kedua skills itu nggak relevan sama pekerjaannya di Apple. Tapi dengan belajar hal-hal baru, Steve Jobs percaya otaknya jadi terus bekerja.

9. Belajar bahasa baru

Kamu nggak perlu langsung mempelajari bahasa baru dengan mendalam sampai gape, kok. Tapi minimal, coba pelajari kata-kata dasar seperti “terima kasih”, “sampai jumpa”, atau ucapan “selamat pagi-siang-malam” dalam berbagai bahasa. Kenapa? Karena belajar bahasa baru bisa meningkatkan kinerja otak sampai 100%, lho! Cek, aplikasinya di sini.

Hal Sederhana Agar Lebih Pintar 2 - Youthmanual

10. Take time to relax

Punya waktu istirahat yang cukup juga penting buat otak, gaes. Tidur yang berkualitas bisa meningkatkan kecerdasan kamu dan menstimulasi hormon-hormon baik untuk dikirim ke otak. Peredaran darah pun jadi lancar. Akibatnya, otak kamu bisa bekerja dengan maksimal.

Punya saran untuk nambahin list di atas?

(Sumber foto: simplemost.com, invincibleinc.wordpress.com, groundworkusa.net, pterrer.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 25 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 1 bulan yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1