Menu

Dunia Kuliah

Panduan ini akan mengajak kamu untuk menyelami dunia kuliah mulai dari berkenalan dengan berbagai istilah yang ada di dalam dunia perkuliahan, serba-serbi merantau dan kost, kegiatan dan organisasi kemahasiswaan, hingga panduan lengkap akademik perkuliahan.

Setelah berhasil melalui seribu satu rintangan untuk dapat diterima di program studi dan perguruan tinggi impian, akhirnya sekarang kamu jadi mahasiswa juga. Selamat, ya!

Pastinya excited banget, dong, ketika udah resmi menyandang status baru. Rasanya nggak sabar pengen buru-buru nyicipin gimana rasanya jadi mahasiswa dan berada di lingkungan kampus untuk belajar dan berkarya. Padahal… resmi masuk kuliahnya masih dua bulan lagi. Hihihi.

Biasanya, kamu bakal punya banyak waktu luang sejak hari dimana kamu resmi menjadi mahasiswa sampai hari pertama tahun ajaran baru a.k.a perkuliahan dimulai. Baiknya, kamu manfaatkan waktu luang ini dengan melakukan hal-hal berfaedah yang pastinya akan sangat mempermudah kehidupan perkuliahanmu nanti, seperti…

Selesaikan kewajiban administratif

Satu hal yang paling penting kamu ketahui ketika resmi menyandang status sebagai mahasiswa adalah jadwal “daftar ulang” alias penyelesaian kewajiban administratif keperluan persiapan kuliah yang… yah, lumayan ribet. Ditambah lagi kamu juga belum familiar banget dengan segala hal di dunia perkuliahan. Pusingnya dobel, deh.

Berhubung kewajiban administratif yang harus kamu urus dan lengkapi ada banyak, kamu bisa manfaatkan waktu luangmu untuk menyelesaikan kewajiban administratif dan urus dokumen yang berkaitan dengan perkuliahan. Perlu tes kesehatan? Sok atuh jangan ditunda. Formulir ini-itu yang butuh dilengkapi? Segera diselesaikan. Ijazah belum beres? Jangan malas mengurus. Belum punya e-ktp? Besok pagi cus samperin Pak RT. Butuh keringanan biaya kuliah? Lengkapi persyaratannya. Disuruh foto buat KTM (Kartu Tanda Mahasiswa)? Pose sekece-kecenya. Ahay.

Segala sesuatu yang kesannya remeh ini bisa bikin repot perkuliahan, kalau kamu mengabaikan atau menunda-nundanya. Misalnya, kalau formulir belum kelar, kamu jadi nggak bisa bikin kartu anggota perpustakaan. Akhirnya kamu pun nggak bisa meminjam buku dan manfaatin fasilitas perpustakaan. Rugi, ‘kan? Atau saat teman-teman sudah sibuk dengan perkuliahan, kamu malah ribet dengan urusan administratif yang “kelupaan” belum kamu selesaikan. Mubazir waktu, mubazir tenaga.

Cari tahu dan jalin komunikasi dengan mahasiswa baru sesama program studi

Nggak seperti mahasiswa-mahasiswa baru di era 90an, mahasiswa baru zaman now diberkahi dengan hadirnya internet dan media sosial. Selain dipergunakan untuk update syantik, kedua hal ini juga bisa kamu manfaatkan untuk berjejaring dengan teman-teman baru alias sesama mahasiswa baru di program studimu. Nggak sulit, kok, nyari teman seperjuangan di media sosial.

Jika sudah tahu siapa aja yang diterima, kamu bisa bertukar nomor hape, email, dan kontak lainnya dengan mereka. Lebih oke lagi jika punya grup khusus untuk berkomunikasi. Ini supaya kalian bisa saling update jika ada informasi baru. Maklum, jadwal maba ke kampus biasanya agak beda dan lebih padat dibandingkan mahasiswa tingkat lain. Dengan begitu, kamu nggak bakal kegiatan-kegiatan khusus seperti pengenalan kampus atau briefing jurusan.

Cek situs dan media sosial resmi kampus secara berkala

Buat apa cek situs dan media sosial resmi kampus secara berkala kalau udah ada grup sharing informasi? Pastinya untuk kroscek berita demi menghindari hoax, dong, ah. Dan juga biar kamu nggak ketinggalan info, seperti kapan daftar ulang, dokumen apa yang harus dibawa, hingga kesempatan beasiswa.

info maba

Curi start

Mau curi start? Boleh banget! Kamu bisa mulai buka-buka buku yang terkait dengan perkuliahanmu, terutama hal-hal yang mendasar. Kayak pengantar ilmu arsitektur, dasar-dasar filsafat, akuntansi dasar, dan lainnya. Seenggaknya, saat kuliah kamu jadi punya gambaran dan lebih siap.

Curi start juga nggak melulu soal akademik, kok. Kamu juga bisa curi start dengan cara Ikut workshop atau kursus yang mendukung perkuliahan, memoles kemampuan bahasa Inggris, lancarkan penggunaan komputer beserta aplikasi berfaedah agar nggak gaptek, sampai kepo-kepo seputar dunia kuliah dengan para senior.

Hal ini akan sangat memudahkan kamu karena tahun pertama kuliah dikenal dengan tahun tersibuk mahasiswa. Kalau semuanya kamu coba “kejar” ketika masa perkuliahan dimulai, bisa aja kamu overwhelmed dengan semua aktivitas yang harus kamu selesaikan.

Survei kost/asrama

Kalau kampusmu berada di area dekat rumahmu atau masih dalam satu kota denganmu, kayaknya kamu nggak perlu pusing perkara cari kostan atau hijrah ke asrama. Tapi, pasti bakal beda cerita kalau kamu berkuliah di kampus yang jauh dari kota tempat tinggalmu yang nggak memungkinkan kamu untuk untuk bolak-balik rumah-kampus tiap hari karena yang ada kamu bakal tua di jalanan.

Nah, disinilah tantangan berburu kost yang paling cocok denganmu dimulai. Kalau kamu adalah mahasiswa rantau yang mau nggak mau harus ngekost atau nginep di asrama, rugi banget rasanya kalau kamu nggak menggunakan waktu luang ini untuk survei (calon) lingkungan kost atau asrama barumu. Percaya, deh, nyari kosan yang sreg dengan hati dan kantong itu nggak segampang yang kamu kira!

Liburan

Setelah bertahun-tahun sekolah (baca: mempersiapkan diri untuk ikutan seleksi masuk perguruan tinggi) dan sebelum besibuk-sibuk di bangku kuliah, sempatkan lah dirimu untuk istirahat dan refreshing. Bersenang-senanglah dengan liburan!

Eniwei, yang namanya liburan nggak harus ke luar kota, luar negeri atau yang menghamburkan uang berjuta-juta, kok. Ke rumah saudara di luar kota juga tergolong liburan. Atau, buat kamu yang mahasiswa rantau, nggak ada salahnya kalau kamu kunjungi kota tempat kampusmu berada sambil survei kostan dan hunting tempat-tempat nongkrong yang kekinian di sana. Sekali dayung, dua-tiga pulau terlampaui!

Persiapkan starter pack mahasiswa

Sebagai maba, kamu perlu memiliki sejumlah perlengkapan, seperti outfit yang sesuai. Jangan sampai besok mulai ngampus tapi kamu nggak punya kemeja atau celana/rok yang kece sama sekali. Bisa mati gaya, shayyy.

Selagi senggang gini, yuk berberes dan berbenah keperluan apa aja yang kamu butuhkan ketika di bangku kuliah nanti. Ngomong-ngomong starter pack mahasiswa baru, kamu bisa intip hal-hal esensial yang harus kamu persiapkan menjelang perkuliahan dimulai yang ada di bawah ini. Siap-siap shopping, yes!

  • Laptop
  • Ransel
  • Penyimpan data eksternal
  • Portable charger
  • Satu setel pakaian resmi
  • Planner
  • Botol minum
  • Atasan berkerah (atau blouse untuk perempuan)
  • Bawahan bahan/jeans
  • Sepatu tertutup yang nyaman
  • Outerwear
  • Notebook/binder
  • Alat tulis

Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Rencanamu ©