Diterima di Jurusan Kuliah yang Nggak Sesuai Minat, Ya atau Tidak?

Impian belum tentu sejalan dengan kenyataan, termasuk dalam soal memilih jurusan kuliah. Bagaimana jika kamu diterima di prodi yang nggak kamu harapkan sebelumnya? Apalagi kalau prodi tersebut nggak sesuai dengan minatmu. Apakah kamu akan tetap menjalankannya atau lebih baik mundur dan menunggu kesempatan lain?

Ya, diterima di SNMPTN, SBMPTN, Seleksi Mandiri, atau seleksi perguruan tinggi swasta memang pencapaian yang menyenangkan. Tapi gimana jika kamu diterima di prodi yang nggak kamu inginkan? Pertimbangkan yang berikut ini:

a. Alasan kamu nggak berminat dengan prodi tersebut. Apakah karena kamu nggak punya kemampuan di bidang tersebut, merasa nggak tertarik, atau kurang mengenal prodi tersebut? Nah, ketahui dulu alasannya.

b. Kenali prodi tersebut. Jangan-jangan kamu merasa nggak minat karena belum mengenal prodinya dengan baik. Jadi, kenalan dulu deh, cari tahu dan gali informasinya, sebelum membuat keputusan.

c. Sadari juga keadaanmu saat ini. Apakah memungkinkan untuk menjalani kuliah tersebut. Dan juga sebaliknya, apakah bisa kamu nggak mengambil jurusan tersebut setelah diterima? Jika nggak kamu ambil, apa yang akan kamu lakukan?

d. Selain prodinya, pertimbangkan juga faktor lain seperti kualitas kampusnya, lingkungannya, dan letaknya.

d.Jika kamu memutuskan akan mengambil prodi tersebut, kamu harus berusaha agar menjalaninya. Jika kamu merasa belum menguasai bidang tersebut, mungkin kamu bisa mengambil kursus yang menunjang perkuliahan. Agar ketika masuk, kemampuan dan pengetahuanmu sudah lebih maju.

e. Pertimbangan pula apakah kamu akan bisa menjalani studi tersebut selama bertahun tahun. Jika belum yakin, mendingan berpikir ulang, deh.

f. Menjalani suatu prodi artinya kamu mesti berkomitmen mempelajari prodi tersebut hingga lulus. Siapkah dirimu?

g. Pikirkan plan "B", seandainya kamu merasa nggak nyambung dengan prodi yang dipilih. Kamu mesti memikirkan kemungkinan tersebut dari sekarang.

h. Belanja kelengkapan penunjang perkuliahan, supaya kamu lebih semangat menjalani kuliah.

Jadi, bagaimana? Apakah kamu tetap akan menjalani perkuliahan meskipun tidak  berminat?  

(Sumbe gambar: cottonbro from Pexels)

LATEST COMMENT
Fransiska Oktaviani | 3 hari yang lalu

open pp/endorse ig/tiktok bisa bayar seikhlasnya email ke [email protected] terimakasih

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Nindi Dwi Oktova | 3 hari yang lalu

Permisi aku mau nanya kalau murid pindahan jurusan ipa dari sekolah asal ke sekolah baru tapi berbeda pada mata pelajaran minat apakah bisa mengikuti SNMPTN? Ex:matpel minat sekolah asal ekonomi dan b.Inggris minat tapi di sekolah pindahan tidak ada matpel ekonomi dan pindah nya pada saat semester 2…

Tanya-Jawab Seputar SNMPTN 2021: Kriteria Penilaian dan Lainnya
Nanda Kyala | 5 hari yang lalu

Kak, jadi anak ipa bisa pilih utbk soshum atau campuran?

Lintas Jurusan di SBMPTN 2021 dan Peluangnya
Lemon meringue | 5 hari yang lalu

Berapa jam kita belajar di kelas hukum ka? Penasaran

5 Hal yang Harus Kamu Tahu Sebelum Siap Menjadi Mahasiswa Jurusan Ilmu Hukum
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2022 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1