12 Channel Youtube Berfaedah yang Harus Kamu Subscribe, Supaya Kamu Makin Cerdas

Oleh Ananda Vickry Pratama

Sejak diluncurkan pada tahun 2005, situs YouTube telah menjadi bagian besar dari dunia (maya). Setiap harinya, ratusan jam video di Youtube ditonton dan ditayangkan miliaran kali. Nggak heran kalau Youtube sukses jadi platform berbagi video terbesar di dunia!

Sebagai situs berbagi video yang nggak terbatas, YouTube telah memuat banyak konten menarik. Apa, sih, konten favorit kamu di Youtube? Daily vlog? Tutorial? Review? Video musik? Video lucu-lucuan? Tapi nggak semua konten Youtube bersifat hiburan atau hura-hura aja, lho. Ada banyak channel Youtube yang padat informasi berfaedah.

Buat kamu yang ingin makin cerdas dan mendapatkan banyak ilmu lewat Youtube, berikut 12 channel Youtube keren yang harus kamu subscribe:

1. Kok Bisa?

Indonesia patut bangga memiliki channel Kok Bisa? ini. Soalnya, channel dengan total subscriber lebih dari 200 ribu ini memuat berbagai info menarik yang jarang kepikiran orang pada umumnya. Info-infonya pun sangat revelan dengan situasi Indonesia, misalnya, kenapa rupiah bisa melemah terhadap dolar, dan kenapa Jakarta sering banjir.

Yang bikin tambah keren, video-video di channel ini menggunakan animasi sebagai medium penyampaian infonya. Alhasil, berbagai konsep dan ilmu pengetahuan rumit pun jadi gampang dipahami.

2. Crash Course

Jangan kaget kalau channel ini punya lebih dari 4,5 juta subscriber, karena kontennya memang beragam banget, mulai dari ilmu sejarah, ilmu biologi, ilmu sastra, ilmu ekologi, ilmu kimia, ilmu psikologi, sampai permainan. Cocok banget dijadikan bahan belajar. Gaya kontennya yang kocak juga pasti bakal bikin kamu betah berlama-lama belajar di channel ini.

3. AsapScience

Kalau kamu suka merasa jenuh belajar pengetahuan alam, berarti channel Youtube ini cocok banget buat kamu. Karena lewat AsapScience, belajar science jadi menyenangkan, malah bisa bikin kamu ketagihan. Disajikan dengan gambar yang bagus dan bikin gemes, channel ini pun sukses menggaet lebih dari 5,3 juta subscriber.

4. Health Care Triage

Ingin tahu berbagai infromasi tentang kebijakan kesehatan, penelitian medis, obat-obatan dan kesehatan? Nggak perlu repot datang ke dokter, sob! Karena di channel Health Care Triage, informasi itu ada semua.

5. Video Influencer

Hari gini, hampir semua orang ingin dikenal luas lewat konten vlognya. Kalau kamu termasuk diantaranya, maka kamu harus paham dulu cara membuat video yang berkualitas. Nah, channel Video Influencer ini siap memandu kamu untuk membuat video yang oke, sehingga video-video kamu banyak ditonton dan bisa memberikan pengaruh besar bagi orang-orang!

6. Kokiku TV

Channel lokal yang fokus kepada tema kuliner ini cocok banget buat kamu yang cinta makanan, apalagi kalau kamu juga doyan masak. Channel ini asli dari Indonesia, dan salah satu channel panduan memasak lokal pertama. Resep-resep makanannya nggak ribet, namun hasilnya lezat. Nggak hanya menayangkan konten-konten resep, Kokiku TV juga menampilkan kisah insipratif koki profesional, keunikan street food, sampai keindahan fine-dining cuisine. Pokoknya beragam, deh.

7. Vsauce

Hi, Vsauce! Michael here” Itulah kalimat pembuka khas yang kerap dipakai channel yang memiliki subscriber lebih dari 10 juta ini. Padahal konsep channel ini sederhana aja, kok, yaitu menyajikan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan seputar ilmu pengetahuan. Namun gaya penyampaiannya yang antusias, menarik, tapi tetap ilmiah dijamin bakal bikin kamu betah (dan makin pintar!). Oya, jangan lupa, channel ini dibagi menjadi tiga, yaitu Vsauce 1, Vsauce 2, dan Vsauce 3.

8. Tobikin.com

Tobikin.com adalah channel lokal yang menghadirkan berbagai macam video tutorial, umumnya tutorial untuk kehidupan sehari-hari. Meski baru hadir tahun 2015 lalu, Tobikin.com sudah punya lebih dari 100 video tutorial. Yuk, dukung karya anak bangsa dengan subscribe channel ini!

9. Fight Mediocrity

Channel ini fokus pada konten edukasi, self-improvement, serta self-help. Pokoknya siap menambah pengetahuan dan skill kamu, serta—sesuai dengan namanya, “fight mediocrity”—nggak bikin kamu “biasa-biasa aja”, deh. Selain itu, penyajian video-videonya pun seru, dengan ilustrasi tangan yang dinamis dan nggak bikin bosan.

10. The School Of Life

Sebagai manusia, mungkin kamu punya banyak pertanyaan yang jawabannya nggak bisa didapat di bangku sekolah, seperti misalnya, empati itu sebenarnya apa, sih? Kenapa, kok, ada orang selingkuh dari pasangannya? Kenapa seni itu dibutuhkan dalam kehidupan manusia? Nah, The School of Life mencoba menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, dan menjadi sumber aspirasi kamu untuk keingintahuan seputar filsafat, psikoterapi, sastra, seni, pekerjaan, dan sebagainya. Jawabannya mana bisa kamu dapatkan di sekolah, ‘kan?

11. Sekolah Koding

Ingin belajar pemrograman website dan sedang mencari video tutorial versi bahasa Indonesia? Kalau iya, jangan lewatkan channel yang satu ini, sob! Sebab channel Sekolah Koding menyuguhkan video yang dapat mempermudah kamu belajar koding, khususnya untuk belajar pemrograman situs. Dan karena ini channel lokal, semua videonya berbahasa Indonesia, dong.

12. TED

Pasti kamu udah kenal, lah, dengan channel sekaligus komunitas internasional ini. Dengan jargon terkenalnya “Ideas worth spreading”, channel ini siap mencerdaskan kamu dengan menampilkan video seminar, kuliah singkat, atau talks yang super inspiratif, dari orang-orang yang juga inspiratif. Channel ini dibagi menjadi Tedx Talks, Ted-Ed TedxYouth, TedFellowTalks, dan TedPartner, dan masing-masing punya fokus yang berbeda-beda.

***

Selain 12 channel di atas, channel berfaedah apa lagi, sih, yang pantas di-subscribe supaya kita makin cerdas?

(sumber gambar: rankyourrabbit.com, theplaidzebra.com, youtube.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
Rafli Ali Rabani | 7 hari yang lalu

kak antara farmasi klinik dengan farmasi industri mana sih yg peluang kerja paling mudah diterima?

Serba Serbi Pilihan Konsentrasi yang Ada Di Jurusan Farmasi
Siti Aisyah | 18 hari yang lalu

Jam operasional instagram nya? Buka hari apa dan sampai jam brp ya?

Inilah Kantor Baru Instagram yang Instagramable dan Hip
Afifa Chanza Zahran | 19 hari yang lalu

Tes minat bakatnya dimana ya sara cri kok gada

Tes Minat Bakat dan Cek Kesesuaian Prodi Kuliah, Gratis Untuk Anak SMA!
Ahmad Ridwan | 1 bulan yang lalu

ini sangat bermanfaat buat anak muda mau sukses

Personal Branding: Berkarya Bukan Bergaya
Robiatul Awaliyah | 1 bulan yang lalu

Open pp/endorse mulai dari 10rb Bisa dm ke @robiatulawlyh

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2022 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1