3 Komunitas Keren yang Cuma Ada di Kota Bandung

oleh Nadia Fernanda

Apa, sih, yang nggak ada di Kota Bandung? Kuliner? Berlimpah. Tempat wisata? Dimana-mana. Perguruan tinggi? Best ones are here. Cewek cantik? Heh, salah fokus!

Kalau komunitas?

Ada banget!

Sesuai dengan reputasinya sebagai kota kreatif, Bandung merupakan “rumah” bagi puluhan komunitas yang mewakili beragam interest. Komunitas-komunitas ini dibentuk oleh mereka yang memiliki kesamaan minat atau hobi, mulai dari minat terhadap lingkungan, flora dan fauna, fotografi, hiking, sampai kuliner. Tinggal pilih mana yang kamu suka, trus cusss, gabung!

Warga Bandung patut berbangga hati, dengan kotanya yang sangat mendukung para individu yang aspiratif ini. Saking banyaknya komunitas yang ada, Bandung disebut-sebut sebagai salah satu kota di Asia Tenggara yang memiliki komunitas terbanyak, lho! Dari sekian banyak komunitas yang ada, terdapat tiga komunitas yang unik yang hanya bisa kamu temui di Bandung.

Aksakun

aksakun youthmanual

Geng Aksakun di acara peluncuran website mereka, di Bale Rumawat, Dipatiukur, Bandung, tahun 2013

Di Indonesia, nggak banyak anak muda yang punya minat dan perhatian terhadap peninggalan sejarah negerinya sendiri. Sekelompok anak muda di Bandung menyadari hal ini, maka lalu mereka mendirikan Aksakun, alias Aksara Kuna Nusantara. Awalnya, Aksakun adalah komunitas ajar-mengajar yang bertujuan untuk mengedukasi anggotanya tentang aksara yang dulu pernah populer atau digunakan di nusantara. Namun lama-lama, mereka juga menjadi sebuah komunitas untuk berbagi informasi mengenai peninggalan sejarah serta aksara-aksara kuno dari Indonesia.

Selain membuka kelas belajar aksara, Aksakun juga  mendokumentasikan aksara kuno dari berbagai naskah dan prasasti tua di berbagai museum di Indonesia, lho. Mereka juga membuat peta interaktif berisikan data-data aksara dalam bentuk website dan game seru, untuk menjaring anak muda mempelajari aksara kuno. Hits bingit, kakak! Tapi untuk mempelajari aksaranya sendiri, kamu tetap harus datang ke padepokan Aksakun di daerah Sumur Bandung. Dijamin, di sana kamu nggak bakal suntuk belajar aksara kuno.

Apalagi kalau gabung dengan Aksakun, tingkat kehipsteran kamu pasti bakal meningkat, berhubung kamu bakal jadi doyan baca prasasti. Vintage abis!

aksakun bandung youthmanual

Cari tahu lebih banyak tentang Aksakun di sini.

Aleut!

aksakun 1

Kalau kamu cinta mati sama mojang Bandung, ini dia, nih, komunitas yang wajib kamu pantengin! Nama komunitas ini sendiri disadur dari kata “aleut” yang dalam bahasa Sunda berarti “sekelompok orang yang berjalan berbanjar dan beriringan sebagaimana para petani beramai-ramai melintasi jalan setapak”. Dan sesuai dengan namanya, kegiatan utama komunitas ini adalah mengajak anggotanya keliling Bandung dan belajar mengenai keindahan yang tersembunyi di dalam kota ini. Seru, ‘kan?

Nggak cuma sekedar jalan-jalan, Aleut! juga berusaha mengapresiasikan sejarah di kehidupan sehari-hari dengan cara, misalnya, mengunjungi objek-objek menarik yang mungkin belum pernah kamu dengar sebelumnya, nonton film, makan-makan sambil ngobrol ganteng, sampai mengapresiasi musik. Pokoknya kalau gabung di Aleut!, keseharian kamu bakal penuh warna, deh. Para jomblowan dan jomblowati kesepian boleh banget, lho, gabung di sini. Siapa tahu pas lagi jalan-jalan bareng Aleut!, kamu ketemu tambatan hati. Sekali dayung, dua-tiga pulau terlampaui, hihihi.

komunitas aleut bandung

Cari tahu lebih banyak tentang Aleut! di sini.

Urban Jedi

urban jedi 1

Dari namanya aja kamu pasti bisa nebak bahwa komunitas ini terinspirasi dari franchise terkenal. Yup, Star Trek, eh, Star Wars! *dijitak fanboys*

Berbeda dengan komunitas Star Wars lainnya, Urban Jedi ini sebenarnya adalah komunitas penggemar light saber. Jadi kegiatannya spesifik banget, ya, yaitu cuma fokus memainkan lightsaber, alias pedang bercahayanya Star Wars yang iconic banget itu. Asyiknya, kamu nggak harus suka sama Star Wars—apalagi berstatus sebagai ksatria Jedi—untuk gabung dengan Urban Jedi. Yang penting, kamu enjoy main lightsaber bareng anggota komunitas yang lain.

Tapi agenda Urban Jedi nggak cuma main-main pedang aja, kok. Berhubung aktivitas sehari-hari mereka adalah ngefanboy latihan memainkan lightsaber, Urban Jedi biasa diundang ke berbagai event untuk mempertunjukan kebolehan mereka memainkan lightsaber dengan teknik-teknik canggih. Pokoknya, performa Urban Jedi nggak kalah jago dengan ksatria Jedi beneran, deh. Kalau kalian mau belajar memainkan lightsaber bareng para Urban Jedi, may the force be with you, ya, gaes!

Cari tahu lebih banyak tentang Urban Jedi di sini.

***

Gimana, nih, barudak Bandung? Jadi terinspirasi untuk gabung ke komunitas-komunitas di atas nggak? Kalau iya, buruan, deh, salurkan minat dan hobi kamu di sana. Kalau nggak, Bandung masih punya puluhan komunitas keren lain, kok, untuk mewadahi aspirasi kamu. Atau mungkin kamu terinspirasi untuk bikin komunitas sendiri? Boleh banget! Nggak ada yang bisa menghentikan kreativitas kamu di kota satu ini, because don’t forget, the city is your playground. Have fun!

(sumber gambar: adepoetra.deviantart.com, sokocon.files.wordpress.com, toysrevil.blogspot.com, axlestudios.com, twicsy.com, provoke-online.com, multiplace.org, aleut.com, youtube.com, twitter.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
Crypton | 17 hari yang lalu

Setelah 2018 ingin masuk oseanografi di postingan ini dan sekarang sudah semester 9, sangat bersyukur bisa ada di oseanografi.. Next S2 Ocean Instrumentation!!

Serba-Serbi Jurusan Oseanografi—Untuk Kamu yang Ingin “Kenalan” Lebih Jauh dengan Laut dan Seisinya
Olinnn | 20 hari yang lalu

Open pp/endorse cek ig : pragunawati_

Serba-Serbi dan Cara Seputar Meng-Endorse dan di-Endorse di Media Sosial
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2022 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1