8 Podcast Tentang Pengembangan Diri yang Wajib Kamu Dengerin!

Nggak bisa dipungkiri, akses internet yang semakin mudah ditambah perkembangan teknologi yang semakin canggih membawa kita pada tren podcast. Hah, podcast? Apa itu podcast? Yuk, cari tahu penjelasannya berikut ini.

Pengertian singkat mengenai podcast

Yap! Mungkin di antara kamu masih merasa asing dengan yang namanya podcast. Podcast sendiri merupakan sebuah siaran audio, seperti radio—yang bisa kamu dengarkan kapanpun dan dimanapun dengan pembahasan topik yang beragam.

Nah, sejak tahun 2017 lalu, podcast mulai diminati banyak orang, gaes. Awalnya, sih, lebih populer di luar negeri, seperti Amerika Serikat dan Inggris. Tapi, sejak tahun 2018, banyak content creator di Indonesia yang merambah ke dunia podcast sebagai media berbagi informasi dan berinteraksi dengan fans.

Seiring populernya platform musik juga membuat jumlah pendengar podcast semakin banyak dan beragam. Nggak melulu soal hiburan, banyak content creator yang membagikan beragam konten yang inspiratif melalui podcast mereka.

Ngomong-ngomong masalah podcast, nih. Berikut adalah podcast dengan obrolan-obrolan santai, tapi inspiratif yang bisa kamu jadikan sebagai referensi untuk belajar pengembangan diri.

1. Thirty Days of Lunch

Podcast pertama yang sering saya dengerin adalah Thirty Days of Lunch. Sesuai dengan namanya, podcast ini didesain buat kamu yang ingin memanfaatkan waktu sebaik mungkin di jeda makan siangmu dengan kegiatan yang lebih bermanfaat—yaitu mendengarkan podcast informatif.

Eits! Karena nama dan konsepnya, jangan bayangkan podcast ini membicarakan tentang makanan, ya, gaes! Isi dari podcast ini berupa kisah-kisah inspiratif dari bintang tamu yang membagikan kisah mereka. Selain itu, buat kamu yang tertarik dengan dunia bisnis dan start-up, Thirty Days of Lunch jadi salah satu podcast yang wajib kamu dengarkan.

2. Subjective

Bercita-cita ingin mempermudah akses ilmu kepada anak muda di seluruh Indonesia, Iqbal Hariyadi memulai siaran Subjective sejak tahun 2015. Iqbal adalah seorang penulis blog yang juga aktif di Tumblr.

Podcast Subjective lebih sering membahas isu-isu yang ada dalam kehidupan anak-anak muda menurut sudut pandangnya Iqbal. Selain itu, Iqbal juga menginterview orang-orang inspiratif dari berbagai bidang dalam sesi Subjective Talks-nya. Karena perkembangan hidup jaman sekarang yang serba digital, Iqbal pun sering berbagi pengalamannya dalam dunia tulis-menulis dan digital marketing.

3. Sudut Pandang

Disiarkan oleh Aria Notharia, Sudut Pandang membicarakan tentang fenomena kehidupan anak-anak muda di jaman sekarang. Dalam podcastnya, Aria menyajikan obrolan-obrolan seru yang santai ala anak-anak muda.

Tapi, alih-alih mendengarkan obrolan ngalur ngidul nggak jelas, tanpa sadar kamu akan dibawa ke sebuah perbincangan yang terstruktur dan jelas arahnya. Aria sering membuat monolog yang diiringi backsound sendu dan berisi pesan-pesan kehidupan—yang mampu memainkan emosi dan memotivasi para pendengar. Pola pikir yang runut pun tergambar dari bagaimana dia membawakan materi podcast dengan durasi 5 hingga 59 menit. Maka, tak heran, kalau Sudut Pandang digandrungi oleh para pendengar setianya.

4. Muda Cuma Sekali

Yap! Dari namanya saja sudah buat saya merefleksikan diri sendiri “Oh iya ya… we never young again”. Well, saya rasa, podcast yang satu ini cocok banget buat kamu yang sedang menempuh pendidikan SMA, seorang mahasiswa ataupun yang sedang mencari pekerjaan. Soalnya, isi dari podcast Muda Cuma Sekali lebih membahas seputar self-development, passion, dan kehidupan anak muda lainnya. Menarik sekali bukan?

5. Makna Talks

Sesuai dengan namanya, podcast ini menghadirkan obrolan-obrolan seru, tapi penuh makna. Makna Talks kerap mengundang para bintang tamu yang inspiratif dan mewawancarai mereka yang ahli di bidangnya masing-masing. Podcast ini bisa menjadi pilihanmu kalau ingin memperluas wawasan mengenai perihal dalam kehidupan sehari-hari. Podcast yang satu ini juga bisa kamu jadikan tempat belajar bahasa Inggris karena penggunaan bahasa Inggrisnya yang easy listening banget. 

As you know, Makna Talks adalah salah satu karya anak-anak muda dari perusahaan Makna Creative—yang diproduseri langsung sama Keenan Pearce (mantan dari penyanyi kece Raisa Andriana) dan temannya, Ernanda Putra.

6. So Mad About Life

Adakalanya masalah-masalah yang terjadi sama kita, membuat kita merasa muak dengan hidup kita. Bener nggak?

Nah, selain membahas tentang pengembangan diri, podcast yang satu ini juga membahas seputar masalah kehidupan yang sering terjadi. Dipandu oleh Alvi dan Ardhi, So Mad About Life akan memberikan pencerahan tentang masalah tersebut melalui dialog-dialog yang menginspirasi. Dan mungkin setelah mendengar podcast ini, kamu akan mengubah perspektif kamu tentang hidup.

7. Inspigo

Podcast selanjutnya adalah Inspigo. Inspigo sendiri berbeda dengan podcast-podcast pada umumnya. Sebab, Inspigo merupakan platform podcast sendiri. Artinya, untuk mendengarkan podcastnya kamu harus men-download aplikasi Inspigo terlebih dahulu.

Inspigo memiliki konsep on-demand dimana memberikan kemudahan para pendengar bisa menikmati dan memilih berbagai macam tema yang ingin didengar seperti skill for the future, self improvement, mindfulness, career developmentcommunication skills, leadership, dan masih banyak lagi.

8. Rapot

Sebenarnya podcast yang satu ini agak melenceng dari tema pengembangan diri. Tapi, kalau kamu ingin mendengarkan konten podcast yang ringan dengan materi serius yang dibawakan dengan cara yang nggak serius, Rapot bisa menjadi pilihanmu.

Podcast yang dibawakan oleh Reza Chandika, Ankatama Ruyatna, Radhini Aprilya, dan Natasha Abigail ini cocok buat nemenin kamu kalau lagi suntuk ngerjain tugas atau kalau sedang bosan menghadapi kemacetan yang bikin pusing tujuh keliling. Soalnya, topik-topik dalam episode podcast ini sangat ringan, berhubungan dengan kehidupan sehari-hari dan bisa membuat kamu tertawa terbahak-bahak untuk menghilangkan sedikit penat yang kamu miiki.

Sebut saja episode mengenai campur aduk kehidupan saat menggarap skripsi, ajang mejeng siswa siswi dan lain-lain.

***

Nah, itulah beberapa rekomendasi podcast inspiratif yang sering saya dengar, gaes. Dari podcast-podcast di atas, kamu sudah pernah dengerin podcast yang mana? Atau buat kamu yang belum pernah dengerin podcast sebelumnya dan sekarang ingin mendengarkan, kira-kira kamu paling tertarik mendengarkan yang mana, nih?

 

Baca juga:

 

 

(Sumber gambar: parenting.orami.co.id, ivoox.com, podcasts.apple.com, listennotes.com)

Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2020 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1