Pesan Moral Luar Biasa dari Film Ice Age 5: Collision Course

Buat kamu yang belum tahu, Ice Age adalah film animasi CGI tahun 2002 yang diproduksi oleh Blue Sky Studios dan didistribusikan oleh 20th Century Fox. Blue Sky Studios sendiri adalah studio film animasi yang juga memproduksi film Rio, Dr. Seuss dan The Peanut Movie.

Setelah sukses tahun 2002 lalu, Blue Sky Studios meluncurkan beberapa sekuel film Ice Age, yaitu Ice Age: The Meltdown (2006), Ice Age: Dawn of the Dinosaurs (2009), Ice Age: Continental Drift (2012), dan yang terbaru, Ice Age: Collision Course yang baru rilis minggu lalu.

Ice Age bercerita tentang hewan langka yang hidup di zaman es, yaitu mammoth bernama Manny, harimau saber-tooth bernama Diego, dan kungkang pemalas bernama Sid. Mereka bersahabat karena saling membantu satu sama lain.

Di film terbarunya ini, Manny, Diego, dan Sid kembali bekerja sama karena ulah seekor tupai konyol bernama Scrat yang membahayakan kondisi bumi.

Ice Age Review 1 - Youthmanual

Ice Age Review 2 - Youthmanual

Why do I love this movie?

Jujur, saya selalu tergila-gila sama film animasi. Tadinya saya berpendapat bahwa cuma ada tiga rumah produksi animasi canggih yang patut diikuti, yaitu Pixar (Toys Story, Finding Nemo, Brave, Inside Out, Cars, Ratatouille, dsb), DreamWorks Animation (How to Train Your Dragon, Madagascar, Kung Fu Panda, dsb), dan Disney Animation Studios (The Lion King, Beauty and The Beast, Frozen, Zootopia, dan ratusan lainnya!). Kayaknya sulit banget, deh, menyaingi tiga rumah produksi besar tersebut.

Tapi pas Blue Sky Studios sukses bikin seri Ice Age, saya langsung jatuh hati. Apalagi meski karakter trio Manny-Diego-Sid benar-benar beda banget, demi bertahan hidup, they stick together and help each other.

Selain persahabatan, apalagi pesan moral yang bisa diambil dari film ini?

Kecerdasan membantu kita menyelesaikan masalah

Di film ini, tokoh Buck, si musang cerdas, kembali lagi. Karena kecerdasannya, Buck punya rencana untuk “membelokkan” asteroid supaya nggak menghantam bumi. Buck ini tipe musang yang sombong tapi beneran pintar dan “berisi”, gaes. Dia juga berani melakukan sesuatu dan yakin sama hasilnya.

Ice Age Review 4 - Youthmanual

Buat saya, Buck adalah contoh kasus bahwa kecerdasan penting banget untuk mencari jalan keluar dari berbagai masalah. Tapiiii... orang cerdas tetap butuh bantuan orang lain untuk membantu mewujudkan rencananya, lho. Kalo nggak, rencana tersebut cuma bakal jadi wacana. Jadi selain cerdas, kita juga harus mau membantu satu sama lain untuk mewujudkan kepentingan bersama.

Perubahan memang nggak pernah mudah, tapi itu adalah bagian dari hidup kita

Dalam film Ice Age, Manny punya karakter "kolot" dan jadul, sehingga dia sulit banget menerima perubahan dalam hidupnya. Misalnya, Manny langsung panik ketika Peaches, anak perempuannya, mau menikah dan pergi berpetualang.  Manny nggak mau Peaches pergi dan merusak kenyamanan keluarga yang udah dia punya.

Ice Age Review 3 - Youthmanual

Perubahan memang nggak pernah mudah ya, gaes. Rasanya takut, deh, meninggalkan zona nyaman yang udah ada dalam hidup kita. Biasa dimasakin Ibu di rumah, tiba-tiba harus nge-kos dan masak sendiri. Biasa temenan sama si A dan si B, tiba-tiba harus pisah sekolah dari mereka dan harus cari geng baru. Udah semangat ngerjain skripsi, eh, tiba-tiba harus ganti dosen pembimbing, dan dosennya pun killer. Skripsi jadi ajang revisi nggak berujung, deh.

Tapi gimanapun juga, perubahan adalah bagian dari hidup kita. To make our dreams come true, we have to be ready for  changes in our life. Kalau nggak siap sama perubahan, kita bakal jalan di tempat.

***

Orang-orang sering bilang, film animasi ‘kan buat anak kecil. Buat saya, film anak kecil itu bikin saya lebih dewasa.

Apa film animasi yang paling berkesan buat kamu?

Ice Age Review 5 - Youthmanual

(Sumber gambar: comicbook.com, twitter.com, youtube.com, fandango.com, iceage.wikia.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
Rafli Ali Rabani | 7 hari yang lalu

kak antara farmasi klinik dengan farmasi industri mana sih yg peluang kerja paling mudah diterima?

Serba Serbi Pilihan Konsentrasi yang Ada Di Jurusan Farmasi
Siti Aisyah | 18 hari yang lalu

Jam operasional instagram nya? Buka hari apa dan sampai jam brp ya?

Inilah Kantor Baru Instagram yang Instagramable dan Hip
Afifa Chanza Zahran | 19 hari yang lalu

Tes minat bakatnya dimana ya sara cri kok gada

Tes Minat Bakat dan Cek Kesesuaian Prodi Kuliah, Gratis Untuk Anak SMA!
Ahmad Ridwan | 1 bulan yang lalu

ini sangat bermanfaat buat anak muda mau sukses

Personal Branding: Berkarya Bukan Bergaya
Robiatul Awaliyah | 1 bulan yang lalu

Open pp/endorse mulai dari 10rb Bisa dm ke @robiatulawlyh

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2022 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1