Tiga Library-Cafe di Bandung yang Nyaman dan Asyik

Oleh Lidya Sophiani

Di Bandung, ada tiga perpustakaan asyik yang bisa kamu jadikan alternatif tempat hang-out. Trus, karena tempat-tempat ini berkonsep sebagai library-cafe, kamu bisa menikmati buku-buku sambil menikmati makanan-minuman juga. Dan jangan khawatir. Di library-cafe, kamu nggak perlu hening total seperti di perpustakaan konvensional, kok. Kamu tetap bisa ngobrol santai sama teman-teman, asal jangan kelewat berisik lah, ya.

Little Wings

Jl. Cigadung Raya Barat 2, Bandung (sekitar 400m dari Dago Golf)

(022-82522652)

littlewings.wordpress.com

little wings

Little Wings Cafe & Library ini terletak di daerah Dago, tepatnya di Jl Cigadung Raya. Buat kamu yang kepengen cari suasana tenang buat baca buku sambil menyeruput secangkir teh atau kopi... beuuuh.... tempat ini pas banget, deh. Dengan dekor vintage serta furnitur dan interior berunsur kayu, Little Wings menyajikan suasana yang homey banget. Enak buat nyepi sambil nyari inspirasi.

Sebelum bisa meminjam buku disini, kamu harus mendaftar jadi anggota dulu. Little Wings menyediakan tiga pilihan keanggotaan, yaitu bronze, silver, sampai gold. Kalau kamu jadi anggota bronze atau silver, pilihan buku yang bisa dipinjam agak terbatas. Jadi agar bisa pinjam semua buku, kamu harus menjadi anggota gold dulu. Tapi kalau baca di tempat, nggak harus jadi member kok.

Little Wings punya buku dari berbagai genre, namun kebanyakan ber-genre psikologi, politik, atau misteri. Serunya, Little Wings punya beberapa koleksi buku yang susah banget dicari dimana-mana, termasuk bukunya-bukunya Pramoedya Ananta Toer.

Untuk makanan, menu di Little Wings cukup simpel namun cocok untuk ngemil. Harga makanannya berkisar dari Rp25,000 sampai Rp50,000, dengan rasa yang cukup oke. Coba mampir ke sini pas hari hujan, deh. Soalnya, kalau kamu beruntung, semua minuman bakal kena diskon 30% di hari hujan. Nice!  

ZOE

Jl. Pagar Gunung 3, Bandung (dekat kampus Unpad Dipati Ukur)

(022-91801588)

zoelibrary.blogspot.com

zoe bandung

ZOE sebenarnya singkatan dari Zone of Education atau Zona Edukasi. Awalnya, ZOE adalah taman bacaan yang banyak dikunjungi oleh mahasiswa Universitas Padjadjaran kampus Dipati Ukur. Namun lama-lama, ZOE juga menyediakan makanan dan minuman untuk para pengunjungnya.

Sama seperti Little Wings, untuk bisa meminjam buku disini, kamu perlu daftar jadi member dulu. Tetapi berbeda dengan Little Wings, membership di ZOE hanya ada satu macam, jadi kamu nggak perlu bingung menentukan paket membership mana yang kamu mau. Sementara untuk menu makanan dan minumannya, cukup dengan merogoh kocek sekitar Rp10,000 – Rp30,000, kamu sudah bisa kenyang makan Nasi Goreng atau French Fries.

Perbedaan lain antara ZOE dengan Little Wings adalah suasana lokasinya. Little Wings berada di daerah yang tenang, bahkan dekat pegunungan, sementara ZOE berada di tengah kota Bandung yang lebih ramai. Silahkan pilih, deh, kamu suka yang mana!

Kineruku 

Jl. Hegarmanah 52, Bandung, 40141

(022-203 9615)

kineruku.com

kineruku

Nah, kalau library-cafe yang satu ini, sih, favorit saya! Walaupun saya baru tahu tentang Kineruku, ternyata tempat ini sudah berdiri sejak 2003, lho. Sesuai dengan tagline Kineruku, “baca, dengar, tonton,” selain meminjamkan buku, Kineruku juga meminjamkan berbagai kaset, CD musik, piringan hitam, serta DVD. Kalau kamu mau langsung tonton DVD-nya di sana, mereka juga menyediakan screening room bernama Moviestation. Tentunya, kamu bisa menikmati segala fasilitas ini sambil menikmati makanan rumahan yang tersedia di menu Kineruku.

Sebelum bisa meminjam koleksi buku, CD, dan DVD yang ada di Kineruku, kamu harus daftar jadi member dulu. Membership Kineruku ada dua macam, A dan B. Membership A seharga Rp45,000, namun item yang bisa kamu pinjam terbatas. Sementara membership B seharga Rp95.000, namun kamu bisa pinjam semua item yang ada di sana (FYI, membership Kineruku berlaku seumur hidup lho!)

Suasana Kineruku ini asri dan vintage banget. Selain library-cafe, mereka juga punya vintage shop bernama Garasi Opa yang menjual berbagai barang antik, mulai dari kamera, furnitur, jam tangan, sampai kacamata. Walking into this vintage shop is like walking into another time, deh!

***

Gimana? Yakin mau tetep nongkrong-nongkrong di mall aja? Mendingan cobain hang-out sambil memperluas wawasan di library-cafe, yuk!

(sumber gambar: puspasiagian.com, wordpress.com, peytonandbryne.co.uk)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 12 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 23 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1