Arm-Chair

Rekruter

Administrasi dan HRD


  • Gaji rata-rata

    4.8jt - 8.4jt

  • Tren Karir

    -

  • Kecocokan denganmu

Apa itu Rekruter?

Penyeleksi karyawan bertanggung jawab membantu perusahaan dalam mencari kandidat, menyaring, mewawancarai, dan membantu manajer HRD dalam proses seleksi untuk mengisi posisi-posisi yang dibutuhkan di perusahaan.

Jenjang pendidikan minimal

 

N/A

SMK

D3

S1

S2

Gaji rata-rata

4.8jt - 8.4jt

Contoh dari Jabatan Pekerjaan

Head Hunter
Executive Search Consultant
Recruiter
Talent Acquisition Manager
Talent Sourcing Staff
Resourcing Specialist
Konsultan Rekrutmen
Staff Rekrutmen & Seleksi

Tugas Rekruter

Menetapkan persyaratan perekrutan dengan mempelajari rencana dan tujuan perusahaan; melakukan pertemuan dengan manajer untuk mendiskusikan kebutuhan
Membangun database pelamar dengan meneliti dan menghubungi perguruan tinggi, agen tenaga kerja, perekrut, media, dan situs internet; memberikan informasi mengenai perusahaan, kesempatan, dan manfaat
Menentukan persyaratan pelamar dengan mempelajari deskripsi pekerjaan dan kualifikasi pekerjaan
Menarik pelamar dengan melakukan iklan lowongan kerja menggunakan newsgroup dan situs pekerjaan
Menentukan kualifikasi pelamar dengan mewawancarai pelamar; menganalisis tanggapan; memverifikasi referensi; membandingkan kualifikasi dengan persyaratan kerja
Mengatur wawancara dengan mengkoordinasikan jadwal seperti mengatur perjalanan, penginapan, dan makan; mengawal pelamar untuk wawancara
Mengevaluasi pelamar dengan membahas persyaratan pekerjaan dan kualifikasi pelamar dengan manajer
Meningkatkan daya tarik perusahaan dengan merekomendasikan kebijakan dan praktek-praktek baru dalam rekrutmen, memantau tawaran pekerjaan dan praktek kompensasi, dan menekankan manfaat dan tunjangan dari pekerjaan tertentu
Mengelola dan membina program magang dengan melakukan orientasi, penjadwalan rotasi dan tugas, pemantauan kontribusi pekerjaan magang, dan memberi masukan kepada manajer mengenai pelatihan dan pembinaan untuk program magang

Pengetahuan

Administrasi dan Manajemen

Pengetahuan tentang prinsip bisnis dan manajemen termasuk perencanaan strategis, alokasi sumber daya, pemodelan sumber daya manusia, teknik kepemimpinan, metode produksi, dan koordinasi antara orang dan sumber daya.

Komunikasi dan Media

Pengetahuan tentang media produksi, komunikasi, serta teknik dan metode penyebarannya. Termasuk cara alternatif untuk menginformasikan dan menghibur melalui tulisan, lisan, maupun media visual.

Pendidikan dan Pelatihan

Pengetahuan tentang prinsip dan metode dalam mendesain kurikulum, pelatihan, pengajaran, dan instruksi untuk individu dan kelompok, serta pengukuran efek pelatihan.

Bahasa Inggris

Pengetahuan tentang struktur dan isi dari Bahasa Inggris, termasuk arti dan ejaan dari setiap kata, aturan komposisi, dan tata bahasa.

Personil dan Sumber Daya Manusia

Pengetahuan tentang prinsip dan prosedur dalam merekrut personil, seleksi, pelatihan, kompensasi dan keuntungan, hubungan pekerja dan negosiasi, serta sistem informasi personil.

Penjualan dan Pemasaran

Pengetahuan tentang prinsip-prinsip dan metode untuk menunjukkan, mempromosikan, dan menjual produk atau jasa. Termasuk strategi dan taktik pemasaran, demonstrasi produk, teknik penjualan, dan sistem kontrol penjualan.

Keterampilan

Aktif Belajar

Memahami implikasi dari informasi baru untuk dasar pengambilan keputusan dan penyelesaian masalah sekarang maupun masa datang.

Aktif Mendengarkan

Memberikan perhatian penuh pada perkataan orang lain, menyisihkan waktu memahami poin yang disampaikan, mengajukan pertanyaan sewajarnya, dan tidak menyela pada waktu yang tidak tepat

Berpikir Kritis

Menggunakan logika dan penalaran untuk mengindentifikasi kekuatan dan kelemahan dari solusi alternatif, kesimpulan, ataupun pendekatan permasalahan yang ditangani

Pertimbangan dan Pengambilan Keputusan

Mempertimbangkan kekurangan dan kelebihan dari pilihan tindakan yang potensial untuk memilih tindakan yang paling tepat.

Manajemen Sumber Daya Personalia

Memotivasi, mengembangkan, mengarahkan staf saat bekerja, serta mengidentifikasi orang-orang terbaik untuk pekerjaan tersebut.

Penentuan Masalah

Menentukan penyebab dari kesalahan operasi, dan memutuskan tindakan apa yang perlu dilakukan.

Kemampuan

  • 1

    Negosiasi - Membawa orang lain bersama-sama dan berusaha untuk mendamaikan perbedaan.

  • 2

    Pemahaman Lisan - Kemampuan untuk mendengarkan dan memahami informasi dan ide yang disampaikan melalui kata dan kalimat lisan

  • 3

    Kejelasan Berbicara - Kemampuan untuk berbicara dengan jelas sehingga orang lain dapat mengerti apa yang dibicarakan

  • 4

    Pemahaman Pembicaraan - Kemampuan untuk mengidentifikasi dan memahami pembicaraan orang lain.

  • 5

    Pemahaman Tertulis - Kemampuan untuk membaca dan memahami informasi dan ide yang disampaikan melalui tulisan

Diskusi terkait profesi Rekruter

Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2023 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1