Arm-Chair

Creative Director

Media dan Periklanan


  • Gaji rata-rata

    12.1jt - 17.3jt

  • Tren Karir

  • Kecocokan denganmu

Apa itu Creative Director?

Creative Director (direktur kreatif) adalah pemimpin kreatif di perusahaan periklanan dan pemasaran, publikasi, media, atau website. Tanggung jawab utamanya adalah merencanakan iklan / karya, serta membimbing tim kreatif (copywriter, desainer grafis, fotografer, dll), dari awal sampai akhir, termasuk mengawasi proses kreatif mereka.

Jenjang pendidikan minimal

 

N/A

SMK

D3

S1

S2

Gaji rata-rata

12.1jt - 17.3jt

Contoh dari Jabatan Pekerjaan

Direktur Kreatif In-House
Direktur Kreatif Agensi
Direktur Kreatif Digital
Direktur Kreatif Eksekutif
Creative Director
Head of Creative
Creative Group Head

Tugas Creative Director

Berperan aktif dalam perekrutan dan pelatihan staf kreatif
Mengawasi penawaran dan proposal klien
Bertemu dengan klien atau manajemen untuk menjelaskan strategi kampanye dan solusi dari permasalahan yang dihadapi
Mengulas pekerjaan, memecahkan masalah, dan memberikan masukan kepada tim kreatif
Memimpin proses kreatif, dari konsep sampai selesai
Menerjemahkan tujuan pemasaran klien menjadi strategi kreatif yang jelas Memastikan standar komunikasi visual di proyek yang dibuat buat terpenuhi

Pengetahuan

Komunikasi dan Media

Pengetahuan tentang media produksi, komunikasi, serta teknik dan metode penyebarannya. Termasuk cara alternatif untuk menginformasikan dan menghibur melalui tulisan, lisan, maupun media visual.

Komputer dan Elektronik

Pengetahuan tentang papan sirkuit, prosesor, chip, peralatan elektronik, perangkat keras dan perangkat lunak komputer, termasuk aplikasi dan pemrograman.

Desain

Pengetahuan tentang teknik, peralatan dan prinsip desain termasuk dalam memproduksi rencana teknikal yang presisi, cetak biru, gambar dan model.

Penjualan dan Pemasaran

Pengetahuan tentang prinsip-prinsip dan metode untuk menunjukkan, mempromosikan, dan menjual produk atau jasa. Termasuk strategi dan taktik pemasaran, demonstrasi produk, teknik penjualan, dan sistem kontrol penjualan.

Keterampilan

Koordinasi

Menyesuaikan tindakan yang dilakukan, dengan tindakan orang lain.

Menginstruksi

Mengajar orang lain cara melakukan sesuatu

Pertimbangan dan Pengambilan Keputusan

Mempertimbangkan kekurangan dan kelebihan dari pilihan tindakan yang potensial untuk memilih tindakan yang paling tepat.

Memantau

Memantau/menilai kinerja diri sendiri, individu lain, maupun organisasi untuk melakukan pengembangan atau mengambil tindakan korektif.

Manajemen waktu

Mengatur waktu pribadi dengan waktu orang lain

Kreatif

Kemampuan berimajinasi dan menciptakan ide-ide orisinil terutama terkait pekerjaan yang bersifat artistik.

Kemampuan

  • 1

    Kelancaran Ide - Kemampuan menghasilkan banyak ide untuk satu topik (total ide adalah yang terpenting, bukan kualitas, kebenaran, maupun kreativitas).

  • 2

    Pemahaman Lisan - Kemampuan untuk mendengarkan dan memahami informasi dan ide yang disampaikan melalui kata dan kalimat lisan

  • 3

    Visualisasi - Kemampuan untuk membayangkan bagaimana sesuatu akan terlihat setelah dipindahkan ke sekeliling atau ketika bagian-bagiannya dipindahkan atau diatur ulang.

  • 4

    Pemahaman Tertulis - Kemampuan untuk membaca dan memahami informasi dan ide yang disampaikan melalui tulisan

  • 5

    Orisinalitas - Kemampuan untuk mendatangkan ide-ide yang tidak biasa atau ide cemerlang terhadap topik atau situasi yang diberikan, atau untuk mengembangkan cara-cara kreatif dalam memecahkan masalah.

Diskusi terkait profesi Creative Director

Belum ada diskusi yang dibagikan untuk profesi ini.

Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1