Arm-Chair

Kurator Musik

Seni dan Desain


  • Gaji rata-rata

    5.1jt - 7.2jt

  • Tren Karir

    -

  • Kecocokan denganmu

Apa itu Kurator Musik?

Bertugas menyeleksi, menyusun, dan mengatur daftar lagu yang tepat untuk klien. Pilihan lagu disesuaikan dengan kebutuhan, imej, dan fungsi, serta suasana yang ingin diciptakan.

Jenjang pendidikan minimal

 

N/A

SMK

D3

S1

S2

Gaji rata-rata

5.1jt - 7.2jt

Contoh dari Jabatan Pekerjaan

Kurator Musik
Music Curator
Playlist Creator

Tugas Kurator Musik

Berdiskusi dengan klien mengenai kebutuhan musik mereka Apakah ingin membuat pilihan musik berupa prediksi yang akan tren, sedang tren, membuat tenang, memacu semangat, mewakili imej brand, dan lain sebagainya
Mempelajari klien dan brand yang diusungnya, serta target pendengar playlist
Menyusun playlist yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan klien
Memperluas wawasan musik dan update dengan perkembangan musik
Membuat susunan serta perpindahan antarlagu dengan baik, sehingga tidak terkesan janggal atau mengganggu Bisa dengan menggunakan aplikasi editing musik

Pengetahuan

Komunikasi dan Media

Pengetahuan tentang media produksi, komunikasi, serta teknik dan metode penyebarannya. Termasuk cara alternatif untuk menginformasikan dan menghibur melalui tulisan, lisan, maupun media visual.

Komputer dan Elektronik

Pengetahuan tentang papan sirkuit, prosesor, chip, peralatan elektronik, perangkat keras dan perangkat lunak komputer, termasuk aplikasi dan pemrograman.

Bahasa Inggris

Pengetahuan tentang struktur dan isi dari Bahasa Inggris, termasuk arti dan ejaan dari setiap kata, aturan komposisi, dan tata bahasa.

Penjualan dan Pemasaran

Pengetahuan tentang prinsip-prinsip dan metode untuk menunjukkan, mempromosikan, dan menjual produk atau jasa. Termasuk strategi dan taktik pemasaran, demonstrasi produk, teknik penjualan, dan sistem kontrol penjualan.

Keterampilan

Aktif Mendengarkan

Memberikan perhatian penuh pada perkataan orang lain, menyisihkan waktu memahami poin yang disampaikan, mengajukan pertanyaan sewajarnya, dan tidak menyela pada waktu yang tidak tepat

Kepekaan Sosial

Menyadari reaksi orang lain, kemudian memahami mengapa mereka bertindak seperti itu.

Kreatif

Kemampuan berimajinasi dan menciptakan ide-ide orisinil terutama terkait pekerjaan yang bersifat artistik.

Kemampuan

  • 1

    Kelancaran Ide - Kemampuan menghasilkan banyak ide untuk satu topik (total ide adalah yang terpenting, bukan kualitas, kebenaran, maupun kreativitas).

  • 2

    Penyusunan Informasi - Kemampuan untuk mengatur berbagai hal maupun tindakan dalam urutan atau pola tertentu sesuai dengan aturan yang ditetapkan (contoh: pola angka, huruf, kata, gambar, operasi matematika).

  • 3

    Pemahaman Lisan - Kemampuan untuk mendengarkan dan memahami informasi dan ide yang disampaikan melalui kata dan kalimat lisan

  • 4

    Pemahaman Pembicaraan - Kemampuan untuk mengidentifikasi dan memahami pembicaraan orang lain.

  • 5

    Sensitivitas Pendengaran - Kemampuan untuk mendeteksi atau memberitahukan perbedaan antara suara yang berbeda nada dan kenyaringan.

Diskusi terkait profesi Kurator Musik

Belum ada diskusi yang dibagikan untuk profesi ini.

Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2022 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1