Arm-Chair

Penata Rias Pertunjukan dan Teater

Seni dan Desain


  • Gaji rata-rata

    3jt - 6.7jt

  • Tren Karir

    -

  • Kecocokan denganmu

Apa itu Penata Rias Pertunjukan dan Teater?

Mengaplikasikan riasan untuk semua pemeran pertunjukan, untuk menggambarkan zaman, latar, dan situasi peran mereka. Seorang penata rias pertunjukkan dan teater harus bisa menerjemahkan keinginan sutradara dan menciptakan riasan untuk para aktor yang representatif dan akurat, sesuai dengan perannya. Hal ini kadang melibatkan keterampilan riasan efek khusus.

Jenjang pendidikan minimal

 

N/A

SMK

D3

S1

S2

Gaji rata-rata

3jt - 6.7jt

Contoh dari Jabatan Pekerjaan

Hair and Makeup Designer
Makeup Artist
Prosthetic Makeup Designer
Special Effects Makeup Artist
Penata Rias

Tugas Penata Rias Pertunjukan dan Teater

Berkomunikasi dengan klien untuk memperjelas persyaratan visual Ia juga membaca naskah untuk memastikan bahan dan tampilan riasan yang dibutuhkan, menentukan anggaran, dan menentukan apakah ada hal-hal yang harus diriset dulu
Membuat sketsa ide-ide desain untuk gaya rambut dan riasan
Berkoordinasi dengan anggota tim desain yang lain, untuk memastikan riasan wajah dan rambut yang dibuat konsisten dan koheren 
Memahami teori pencahayaan, proses fotografi, warna, dan dampak dari efek khusus riasan untuk kulit
Jika diperlukan, ia akan membuat cetakan wajah dan tubuh dari lateks (prostetik)
Mengatur waktu, bisa bekerja dengan cepat dan akurat dalam waktu yang sempit Seorang penata rias harus tahu, merias seorang aktor akan makan waktu berapa lama

Pengetahuan

Layanan Pelanggan dan Personal

Pengetahuan tentang prinsip dan proses untuk menyediakan layanan bagi pelanggan dan personal. Hal ini termasuk penilaian kebutuhan pelanggan, memenuhi standar kualitas layanan, dan evaluasi kepuasan pelanggan.

Desain

Pengetahuan tentang teknik, peralatan dan prinsip desain termasuk dalam memproduksi rencana teknikal yang presisi, cetak biru, gambar dan model.

Seni Murni

Pengetahuan tentang teori dan teknik yang dibutuhkan untuk menciptakan, memproduksi, dan melakukan karya musik, tarian, seni visual, drama, dan pahatan.

Keterampilan

Aktif Mendengarkan

Memberikan perhatian penuh pada perkataan orang lain, menyisihkan waktu memahami poin yang disampaikan, mengajukan pertanyaan sewajarnya, dan tidak menyela pada waktu yang tidak tepat

Koordinasi

Menyesuaikan tindakan yang dilakukan, dengan tindakan orang lain.

Berpikir Kritis

Menggunakan logika dan penalaran untuk mengindentifikasi kekuatan dan kelemahan dari solusi alternatif, kesimpulan, ataupun pendekatan permasalahan yang ditangani

Evaluasi Sistem

Mengidentifikasi langkah atau indikator kinerja sistem dan tindakan yang dibutuhkan untuk mengembangkan atau memperbaiki kinerja, relatif terhadap tujuan sistem.

Manajemen waktu

Mengatur waktu pribadi dengan waktu orang lain

Kemampuan

  • 1

    Kestabilan Lengan dan Tangan - Kemampuan untuk menjaga tangan dan lengan tetap stabil ketika lengan bergerak atau ketika memegang lengan dan tangan dalam satu posisi.

  • 2

    Ketangkasan Jari - Kemampuan membuat koordinasi gerakan jari dari satu atau kedua tangan dengan tepat, yang akan digunakan untuk menggenggam, menggerakkan, atau memasang objek yang sangat kecil.

  • 3

    Kelancaran Ide - Kemampuan menghasilkan banyak ide untuk satu topik (total ide adalah yang terpenting, bukan kualitas, kebenaran, maupun kreativitas).

  • 4

    Penglihatan Jarak Dekat - Kemampuan untuk melihat detil dalam jarak dekat (jarak beberapa kaki dari objek).

  • 5

    Perhatian Selektif - Kemampuan untuk berkonsentrasi pada tugas dalam periode tertentu tanpa mudah terganggu.

Diskusi terkait profesi Penata Rias Pertunjukan dan Teater

Belum ada diskusi yang dibagikan untuk profesi ini.

Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2020 Rencanamu ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1