Cari tahu tentang semua jurusan kuliah disini

Temukan pengalaman dan jawaban dari Mentor Rencanamu dan pengguna lain

Rencanamu
7 bulan yang lalu

Haloo, menurut saya pribadi dan juga artikel yang saya baca, untuk profesi akuntansi tidak akan hilang. Mungkin semakin berkembangnya zaman, pengolahan data2 akuntansi sedikit demi sedikit akan tergantikan oleh teknologi. Tetapi, untuk analisa dari angka2 yang ada di laporan, akuntan lah yang akan meng-artikan makna dari setiap angka yang ada di laporan keuangan. Untuk meyakinkan HRD, saran dari saya perbanyak knowledge di bidang akuntansi, perbanyak pengalaman (magang), dan juga ikut banyak organisasi biar softskill kalian semakin terasah. Semoga membantu ya :)

By : Garret - Alumni Jurusan Akuntansi TSM Trisakti

Baca selengkapnya
0 371
Rencanamu
7 bulan yang lalu

Haloo, nanti saat kuliah kamu pd awalnya akan belajar dasar akuntansi seperti SMK, tapi nanti akan dipelajari lebih dalam lagi dan diajarkan materi yg dipakai di dunia kerja, so akan berbeda. Semoga membantu! :)

By : Elen - Alumni Jurusan Manajemen TSM Trisakti

Baca selengkapnya
0 292
Rencanamu
7 bulan yang lalu

Hai!

Gunakan waktu luangmu sebanyak mungkin ya untuk memperdalam materi. Hal yang harus dikuasai, untuk akuntansi mungkin kamu belajar akuntansi dasar terlebih dahulu ya (contohnya: Debit Kredit, saldo normal, dll). Kalau untuk manajemen, mungkin kamu bisa baca2 artikel tentang manajemen maupun ekonomi. Semoga membantu ya :)

By : Garret - Alumni Jurusan Akuntansi TSM Trisakti

Baca selengkapnya
0 384
Rencanamu
7 bulan yang lalu

Halo! Gak harus pinter matematika yang penting bisa aja. Lalu modal apa aja yang pastinya ilmu2 akuntansi dasar (tapi nanti akan diulang kembali di semester pertama), kemauan belajar, dan yang pasti kalkulator hehe. Semoga membantu ya :)

By : Garret - Alumni Jurusan Akuntansi TSM Trisakti

Baca selengkapnya
0 321
Rencanamu
7 bulan yang lalu

Hai! Untuk konsen pajak, peluang kerja nya sebenarnya tidak tergantung konsentrasi yang kamu ambil. Bisa ke lintas konsentrasi juga kerjanya. Cuma kalau untuk pajak, bisa jadi konsultan pajak, akuntan tax, atau jadi tax planner.

Untuk persiapan diterima di big 4, yang pastinya pengetahuan akuntansi yang baik dan selalu update ya. Selain itu perbanyak softskill dan organisasi untuk menambah nilai plus dibanding pesaing lain.

Kalau menurut saya pribadi, tergantung preference dari masing2 orang nya. Untuk yang lebih suka ke ilmu matematika murni, lebih disarankan ke aktuaria. Kalau kamu memang suka MTK yang dasar disertai kasus lebih ke akuntansi. Semoga membantu ya :)

By : Garret - Alumni Jurusan Akuntansi STM Trisakti

Baca selengkapnya
0 310
Diana
8 bulan yang lalu

Halo, Dasar-dasar akuntansi yg dipelajari di perkuliahan itu seperti sejarah akuntansi, debit kredit, saldo normal, PDA (Persamaan Dasar Akuntansi), jurnal, buku besar, TB, dsb. Selain akuntan, ada jadi auditor, konsultan pajak, costing, atau akuntan pajak? Semoga membantu ya :)

By : Garret - Alumni Jurusan Akuntansi STM Trisakti

Baca selengkapnya
0 297
Firsty Ukhti Molyndi
1 tahun yang lalu

Halo, Firsty!

Di Sistem Informasi, ada beberapa mata kuliah yang membutuhkan ilmu matematika, seperti Matematika Dasar 1 (Kalkulus, seperti materi SBMPTN/UTBK), Aljabar Linier, Statistika dan Probabilitas. Lalu, karena kamu akan menjadi calon programmer, kamu juga akan mempelajari Matematika Diskrit yang membahas teori logic, relasi, dan graf.

Selain itu, ada mata kuliah akuntansi juga lho, yaitu SIAK (Sistem Informasi Akuntansi Keuangan). Aku yakin kamu pasti sangat bisa di mata kuliah ini! :D

Menjadi seorang programmer tidak harus memiliki matematika kuat, tapi harus memiliki problem-solving dan logika yang kuat. Hal ini berlaku pada matematika, ilmu yang pada penerapannya menuntut untuk berhitung dan menyelesaikan masalah baik teori maupun kehidupan sehari-hari (soal cerita). 

Apabila kamu merasa payah untuk sekarang, banyak-banyak belajar soal matematika SMA, karena sangat terpakai ketika kamu mengambil jurusan SI nanti. Tenang saja! Banyak mata kuliah lain yang akan mendukungmu menjadi semakin mahir di matematika dan pengaplikasiannya. Kamu bisa belajar seiring waktu, bahkan bersama teman-temanmu.

Semangat jadi calon programmer! Semoga membantu.

Baca selengkapnya
0 568
Andryan Novita Indah
1 tahun yang lalu

Halo, Andryan!

Sistem Informasi sendiri merupakan jurusan yang menggabungkan teknologi, manajemen dan bisnis. Disini kamu akan belajar cara merancang sistem yang sesuai dengan solusi perusahaan. Untuk lebih lanjut, kamu bisa cek link berikut:

https://www.youthmanual.com/cari-jurusan/komputer-teknologi/sistem-informasi-manajemen-informatika-

Sistem Informasi memiliki jurusannya sangat balance. Kamu akan belajar programming (dasar pemrograman, struktur data dan algoritma, perancangan dan pengembangan web, sistem operasi, basis data, jaringan komunikasi data, aplikasi perusahaan), matematika (kalkulus, matematika diskrit, aljabar linier, statistika dan probabilitas), fisika dasarbisnis (administrasi bisnis), pengenalan sistem informasi, Enterprise Resources Planning / ERP (sistem perusahaan, sistem informasi akuntansi), manajemen (prinsip manajemen), dan masih banyak lagi.

Beberapa mata kuliah merupakan ilmu ekonomi yang sudah kamu dapatkan selama SMA, seperti akuntansi dan manajemen. Karena pelajarannya banyak berhubungan dengan TIK, aku yakin kamu pasti sangat cocok dengan jurusan ini!

Di Sistem Informasi UI, jurusan ini termasuk dalam Fakultas Ilmu Komputer, rumpun SAINTEK. Sehingga apabila kamu ingin masuk jurusan ini, kamu harus tes tertulis mengambil pilihan IPA.

Nah untuk perbedaan Sistem Informasi Akuntansi (SIA) dengan Sistem Informasi Bisnis (SIB), yang berbeda adalah ranahnya. SIA cenderung ke sistem informasi digabung dengan akuntansi, berfokus kepada pengelolaan keuangan sebuah perusahaan. Di Sistem Informasi (umum), terdapat mata kuliah ini namun hanya sekadar pengenalan saja. Sementara SIB cenderung lebih luas, dan berfokus memecahkan masalah bisnis menggunakan sistem informasi. Untuk lebih lanjut, kamu bisa cek link berikut:

https://www.youthmanual.com/cari-jurusan/komputer-teknologi/accounting-information-system-sistem-informasi-akuntansi-

https://www.youthmanual.com/cari-jurusan/komputer-teknologi/sistem-informasi-bisnis


Semangat! Aku yakin kalau kamu ada keinginan, pasti ada jalan. Semoga membantu.

Baca selengkapnya
0 735
Ihzatul Adrifa
1 tahun yang lalu

Halo, Ihzatul!

Kalau kamu memilih jurusan pendidikan, sudah pasti arah utamanya adalah untuk menjadi tenaga pendidik. Kalau kamu tidak ingin menjadi tenaga pendidik, kamu lebih baik mengambil jurusan akuntansi dan berprospek menjadi akuntan.

Kalau kamu sudah terlanjur mengambil jurusan pendidikan akuntansi dan tidak ingin menjadi tenaga pendidik, bisa sih jadi akuntan di perusahaan.

Baca selengkapnya
0 2489
Della Aprilia
1 tahun yang lalu

Halo, Della!

Tentu dong! Apalagi setiap perusahaan pasti membutuhkan akuntan untuk mengurus keuangan perusahaan. Jadi, yang namanya akuntan merupakan profesi yang akan selalu dibutuhkan.

Untuk mengetahui lebih detail tentang jurusan akuntasi dan prospeknya, serta cerita dari mahasiswa jurusan ini, kamu bisa baca disini: https://www.youthmanual.com/cari-jurusan/ekonomi-bisnis/akuntansi

Baca selengkapnya
0 352
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2020 Rencanamu ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1