Menu

Universitas Tanjungpura

UNTAN

Informasi Kampus Verifikasi data kampus

Rencanamu melakukan riset dan verifikasi melalui sumber data primary diantaranya: Tracer Study, Career Center, Alumni dan data secondary publik lainnya

Tingkat Selektivitas

Dihitung berdasarkan data daya tampung dan peminat prodi di tiap perguruan tinggi melalui jalur masuk SBMPTN

Persentase Diterima Secara Keseluruhan Persentase peluang diterima berdasarkan data daya tampung dan peminat terbaru di perguruan tinggi terkait

8%
Daya Tampung: 2822
Jumlah Peminat: 34517
Peluang diterima 1:12

Persentase Diterima Berdasarkan Program Studi Persentase peluang diterima di program studi terkait berdasarkan daya tampung dan peminat program studi terkait

Informasi Alumni dan Mahasiswa

Rencanamu melakukan crawling public data melalui LinkedIn,
serta informasi tambahan melalui tracer study

Polling

Lokasi

Informasi Pendaftaran 2019-2020

PERSYARATAN

A. Umum

Peserta ujian masuk Seleksi Mandiri Untan harus memenuhi persyaratan sebagai berikut :

  1. Bagi yang memilih program reguler, lulusan SMA/SMK/MA atau yang setara / paket C yang memiliki rapor sampai kelas XII tahun 2017, 2018 dan 2019.
  2. Bagi yang memilih PPAPK syarat tahun kelulusan tidak dibatasi kecuali program studi Farmasi dan Keperawatan tahun 2017, 2018 dan 2019.
  3. Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses belajar mengajar di perguruan tinggi.

B. Khusus

  1. Peserta hanya boleh memilih dua program studi pada setiap kelompok ujian yang sama, yaitu dari Program Reguler atau PPAPK.
  2. Bagi peserta yang memilih Program Studi Pendidikan Jasmani,Kesehatan dan Rekreasi dan Program Studi Kepelatihan Olahraga tinggi badan minimal 155 cm untuk wanita dan minimal 160 cm untuk pria.
  3. Bagi peserta yang memilih Program Studi Keperawatan, tinggi badan minimal 150 cm untuk wanita dan minimal 155 cm untuk pria.
  4. Bagi peserta yang memilih Program Studi Pendidikan Dokter diwajibkan mengikuti tes psikologi dan tes kesehatan setelah ujian tulis dilaksanakan.

BIAYA SELEKSI UJIAN

  1. Biaya mengikuti ujian sebesar Rp 200.000,- (Dua Ratus Ribu Rupiah)
  2. Bagi peserta yang memilih Program Studi Penjaskes, Program Studi Seni Pertunjukan, dan Program Studi Kepelatihan Olahraga wajib membayar biaya ujian keterampilan sebesar Rp 200.000,- (Dua Ratus Ribu Rupiah)
  3. Biaya seleksi dapat dibayarkan melalui Bank Kalbar
  4. Biaya seleksi yang sudah dibayarkan tidak dapat ditarik kembali dengan alasan apapun.

WAKTU PENDAFTARAN

Pendaftaran dilakukan secara onlinemulai tanggal 20 Mei 2019 sampai dengan tanggal 20 Juni 2019 dan tata cara pendaftaran secara lengkap dapat dilihat pada laman http://scmb.untan.ac.id.

TATA CARA PENDAFTARAN

  1. Calon mahasiswa melakukan pendaftaran pada website http://scmb.untan.ac.id untuk mendapatkan Kode Akses Peserta (KAP) dan PIN peserta tes mandiri.
  2. Calon Mahasiswa kemudian melakukan pembayaran pada Bank Kalbar dengan menunjukan KAP dan PIN peserta test mandiri tersebut.
  3. Teller menerima uang pembayaran dan mamastikan transaksi kedalam sistem Host to Host (exTeller).
  4. Teller selanjutnya mencetak bukti transaksi pembayaran dan menyerahkan bukti tersebut bersama dengan bukti KAP dan PIN kepada calon peserta test mandiri.
  5. Calon mahasiswa selanjutnya melengkapi biodata dan MENCETAK KARTU PESERTA TEST MANDIRI secara online pada website http://scmb.untan.ac.id dengan menggunakan KAP dan PIN yang telah diberikan.
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Rencanamu ©