Apa yang dipelajari di jurusan ini ?
ditanyakan oleh Tim RencanamuDi dalam jurusan animasi, kita mempelajari tentang 3D, membuat visual effect, rigging, character design, video editing, dan juga animasi itu sendiri.
Alasan kenapa memilih jurusan ini ?
ditanyakan oleh Tim RencanamuAwalnya sih karena hobi dalam seni ya. Dari SD saya suka menggambar dan ternyata hobi itu kebawa ampe SMA. Gak cuma menggambar, tapi saya juga suka nonton film dan main game. Jadi saat itu saya kepikirannya pingin banget ikut serta bekerja dalam industri hiburan dan juga ikut membangun perkembangan industri hiburan dalam negeri kita sendiri.
Mata kuliah penting ?
ditanyakan oleh Tim RencanamuHard Surface Modeling,Body Mechanic Animation,Organic Modeling,Rigging for Animation,Concept Production,Business & Professional Ethics
Pelajaran SMA yang membantu untuk memahami jurusan ini ?
ditanyakan oleh Tim RencanamuSeni Budaya;Bahasa Inggris
Tugas kuliah dan ujian yang umum di dalam jurusan ?
ditanyakan oleh Tim RencanamuDi dalam jurusan Animasi di SAE gak pernah ada ujian tertulis. Semuanya pengumpulan dalam bentuk karya. Tergantung kelasnya, ada kelas yang memberikan tugas dengan durasi pengumpulan perminggu, ada juga yang tugasnya dengan durasi setengah semester. Tugas yang durasinya lama ini tugas yang fokus ke dalam kualitas makanya prosesnya panjang dan bakal banyak dapat feedback.
Peminatan/program studi pada jurusan ?
ditanyakan oleh Tim RencanamuConcept art
Di Semester berapa mahasiswa memilih peminatan ?
ditanyakan oleh Tim RencanamuSemester 4
Bidang pekerjaan yang bisa dimasuki lulusan jurusan ini ?
ditanyakan oleh Tim RencanamuPeluang karies kita prospeknya bagus, tapi jujur aja bukan karies yang memberikan banyak uang. Gak bakal bikin serta merta kaya raya. Awalnya tiap kita masuk ke sebuah studio, kita akan mendapatkan posisi sebagai junior artist mau sebagus apapun portfolio kita. Untuk bisa sampai ke posisi lead artist itu bisa makan waktu paling tidak 10 tahun. Selama itu untuk tambahan income, kalian bisa ambil project lain sebagai freelancer. Biasanya fresh graduate begini planningnya.
Dimana dan sebagai apa alumni jurusan ini bekerja ?
ditanyakan oleh Tim RencanamuPerusahaan yang paling banyak cari jelas dari studio game atau production house sih. Saat masuk ke dalam jurusan animasi, kita belajar banyak kelas dan paham "Oh, ternyata di dalam industri ini ada pekerjaan2 spesifik yang membutuhkan skill berbeda-beda." Jadi tergantung di bidang apa yang kalian sukai, kalian bisa aja menjadi seorang 3D modeler, animator, rigger, visual effect artist, art director, concept artist, character designer, atau technical director. Sebenarnya banyak banget sih dan juga mumpung studio-studio game ataupun motion graphic di Indonesia lagi sangat menjamur terutama di Jakarta jadi lowongan bakal lebih banyak. Pro tip: Posisi yang duitnya paling banyak itu Rigger, yang tugasnya nge-rigging. Rigger pasti selalu dicari karena mereka jarang ada. Jarangnya gara-gara nge-rigging itu gak ada "art"nya, lebih ke script dan logika.
Kemampuan yang memudahkan kuliah dijurusan ini ?
ditanyakan oleh Tim Rencanamu-Daya Ingat Kuat/Mudah Menghafal -Membayangkan ruang dan bentuk-bentuk tiga dimensi -Kreatifitas -Menggambar