Arm-Chair

Ahli Teknologi Bedah

Ilmu Kesehatan


  • Gaji rata-rata

    -

  • Tren Karir

  • Kecocokan denganmu

Apa itu Ahli Teknologi Bedah?

Membantu dalam kegiatan operasi di bawah pengawasan dokter bedah, perawat, atau tenaga bedah lainnya. Membantu mengatur ruang operasi, menyiapkan transportasi pasien untuk operasi, menyesuaikan lampu dan peralatan, memberikan instrumen dan perlengkapan lain untuk ahli bedah dan asisten dokter bedah, menahan retraktor, memotong jahitan, dan membantu menghitung spons, jarum, persediaan, dan instrumen.

Jenjang pendidikan minimal

 

N/A

SMK

D3

S1

S2

Contoh dari Jabatan Pekerjaan

Teknisi/Asisten Bedah Bersertifikat
Ahli Teknologi Bedah Bersertifikat
Teknisi Kamar Operasi Bedah
Teknisi Ruangan Operasi
Ahli Teknologi Ruangan Operasi
Ahli Teknologi Scrub Bedah
Teknisi Bedah
Ahli Teknologi Bedah
Teknisi Bedah Bersertifikasi
Teknisi Scrub Bedah

Tugas Ahli Teknologi Bedah

Mengatur sterilisasi yang tepat selama prosedur pembedahan
Menghitung spons, jarum, dan instrumen sebelum dan sesudah operasi
Menggosok lengan dan tangan dan membantu tim bedah untuk menggosok dan mengenakan sarung tangan, masker, dan pakaian bedah
Memberikan bantuan teknis kepada dokter bedah, perawat bedah, atau ahli anestesi
Mempersiapkan pasien untuk operasi, memposisikan pasien di meja operasi dan menutupi mereka dengan tirai bedah steril untuk mencegah pembukaan

Pengetahuan

Layanan Pelanggan dan Personal

Pengetahuan tentang prinsip dan proses untuk menyediakan layanan bagi pelanggan dan personal. Hal ini termasuk penilaian kebutuhan pelanggan, memenuhi standar kualitas layanan, dan evaluasi kepuasan pelanggan.

Pendidikan dan Pelatihan

Pengetahuan tentang prinsip dan metode dalam mendesain kurikulum, pelatihan, pengajaran, dan instruksi untuk individu dan kelompok, serta pengukuran efek pelatihan.

Bahasa Inggris

Pengetahuan tentang struktur dan isi dari Bahasa Inggris, termasuk arti dan ejaan dari setiap kata, aturan komposisi, dan tata bahasa.

Ilmu Kedokteran dan Kedokteran Gigi

Pengetahuan tentang informasi dan teknik yang diperlukan untuk mendiagnosa dan mengobati luka manusia, penyakit, dan kelainan bentuk. Ini termasuk gejala, pengobatan alternatif, sifat obat dan interaksi, dan langkah-langkah kesehatan preventif.

Keterampilan

Aktif Mendengarkan

Memberikan perhatian penuh pada perkataan orang lain, menyisihkan waktu memahami poin yang disampaikan, mengajukan pertanyaan sewajarnya, dan tidak menyela pada waktu yang tidak tepat

Koordinasi

Menyesuaikan tindakan yang dilakukan, dengan tindakan orang lain.

Berpikir Kritis

Menggunakan logika dan penalaran untuk mengindentifikasi kekuatan dan kelemahan dari solusi alternatif, kesimpulan, ataupun pendekatan permasalahan yang ditangani

Pertimbangan dan Pengambilan Keputusan

Mempertimbangkan kekurangan dan kelebihan dari pilihan tindakan yang potensial untuk memilih tindakan yang paling tepat.

Memantau

Memantau/menilai kinerja diri sendiri, individu lain, maupun organisasi untuk melakukan pengembangan atau mengambil tindakan korektif.

Kemampuan

  • 1

    Kestabilan Lengan dan Tangan - Kemampuan untuk menjaga tangan dan lengan tetap stabil ketika lengan bergerak atau ketika memegang lengan dan tangan dalam satu posisi.

  • 2

    Penglihatan Jarak Dekat - Kemampuan untuk melihat detil dalam jarak dekat (jarak beberapa kaki dari objek).

  • 3

    Pemahaman Lisan - Kemampuan untuk mendengarkan dan memahami informasi dan ide yang disampaikan melalui kata dan kalimat lisan

  • 4

    Pemahaman Pembicaraan - Kemampuan untuk mengidentifikasi dan memahami pembicaraan orang lain.

  • 5

    Sensitivitas Pendengaran - Kemampuan untuk mendeteksi atau memberitahukan perbedaan antara suara yang berbeda nada dan kenyaringan.

Diskusi terkait profesi Ahli Teknologi Bedah

Belum ada diskusi yang dibagikan untuk profesi ini.

Jurusan Terkait

Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2020 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1