Cari tahu tentang semua jurusan kuliah disini

Temukan pengalaman dan jawaban dari Mentor Rencanamu dan pengguna lain

Restiana
2 tahun yang lalu

Halo, Restiana!

Kalau kamu suka berhitung dan pelajaran matematika, ada banyak banget jurusan yang bisa diambil selain Ilmu Ekonomi. Selengkapnya bisa kamu cek di sini, ya!

https://www.youthmanual.com/post/dunia-kuliah/jurusan-dan-perkuliahan/kamu-suka-hitung-hitungan-dan-pelajaran-matematika-pertimbangkan-7-pilihan-jurusan-kuliah-ini-deh

Selain itu, kamu juga bisa menyelesaikan Peta Perjalanan di Youthmanual supaya punya gambaran jurusan apa yang paling cocok denganmu.

Salam,

Valen.

Baca selengkapnya
0 642
Jodi
2 tahun yang lalu

Halo, Jodi!

Berhitung seperti apa nih yang kamu kurang suka?

Kalau entrepreneur atau technopreneur, pasti ada hitungannya, tapi bukan hitungan rumit seperti di teknik sih. Lebih ke logika dan statistik aja. Saranku sih, kalau kamu memang ingin jadi entrepreneur, nggak perlu takut untuk belajar matematika bisnis. Nggak serumit itu kok. Kalau kamu menghindari hitungan, coba bayangkan, bagaimana seorang pengusaha bisa menghuting keuntungan dan kerugian dari bisnisnya?

Semoga membantu!

Baca selengkapnya
0 608
Jibran Hady
2 tahun yang lalu

Hai Jibran, perkenalkan saya Irfan tim Mentor Youthmanual.

Sebelum menjawab saya ingin bertanya, menurut Jibran, Jibran berbakat di bidang komputer itu dalam hal apa? Bidang komputer itu luas, ada kemampuan menggunakan aplikasi, seperti aplikasi Microsoft Office, ada kemampuan melakukan konfigurasi networking, kemampuan konfigurasi server, kemampuan database, kemampuan programming, kemampuan analisis sistem dan banyak lagi yang lain belum tersebut disini,

Jika menghindari matematika, bisa memilih jurusan-jurusan yang lebih dekat dengan analisa dan manajemen seperti sistem informasi dan manajemen sistem informasi. 

Jibran bisa mencoba fitur assessment Youthmanual untuk mengetahui minat dan bakat Jibran, ikuti perjalanannya dan coba lihat hasilnya. Dari sana Jibran bisa melihat kelemahan dan kelebihan, serta minat dan bakat Jibran. Mudah-mudahan informasi tersebut bisa membantu Jibran dalam menentukan pilihan.

Baca selengkapnya
0 676
hafizha fitri annisa
2 tahun yang lalu

Halo Hafizha, perkenalkan aku Hasna Nadiyah. Kali ini aku mau menjawab pertanyaan kamu yaa.

Ada banyak jurusan untuk kamu yang suka pelajaran matematika. Di antaranya adalah pendidikan matematika, matematika murni, ilmu ekonomi, aktuaria, statistika, teknik sipil, dan masih banyak lagi. Lebih lengkapnya kamu bisa membacanya di artikel Youthmanual ini ya! https://www.youthmanual.com/post/dunia-kuliah/jurusan-dan-perkuliahan/kamu-suka-hitung-hitungan-dan-pelajaran-matematika-pertimbangkan-7-pilihan-jurusan-kuliah-ini-deh

Ngomong-ngomong, jika kamu berasal dari rumpun saintek namun berminat mengambil jurusan ilmu ekonomi yang berada pada rumpun Soshum, kamu bisa mengambilnya di kampus rumpun Saintek juga. Contohnya adalah di Institut Pertanian Bogor. Selain itu, kamu juga bisa mengambil sekolah kedinasan terkait ilmu ekonomi yang tidak berbasis saintek maupun soshum.

Sementara jurusan-jurusan matematik lainnya umumnya berasal dari rumpun saintek.

Baca selengkapnya
0 947
Hilyatul Muthiah
2 tahun yang lalu

Halo Hilyatul!

Jangan merasa salah jurusan dulu cuma karena soal hitungan, rugi!

Menurutku, kalau kamu memang menyukai ekonomi, kamu harus perjuangkan pendidikan ekonomi yang sudah kamu ambil. Ingat kembali apa alasan kamu menyukai ekonomi. Lagi pula, hitung-hitungan di ekonomi tidak serumit di jurusan teknik kok. Asal kamu fokus dan berusaha, kamu pasti bisa! Jangan minder dulu karena merasa kurang bisa hitung-hitungan ya.

Untuk tups agar asik dalam mengerjakan hitungan, sebenarnya ya kamu harus yakin dulu kalau kamu mampu. Kamu bisa keterima, artinya kamu punya kemampuan! Dan coba fokus pada konteks ilmu ekonominya. Hitungan adalah bagian kecil dari ilmu ekonomi yang kamu suka. Semoga pandanganmu terhadap hitungan jadi berbeda dan tidak merasa beban ya.

Semangat!

Baca selengkapnya
0 611
Cindi Meizoya
2 tahun yang lalu

Hi Cindi! Kata teman-teman aku di jurusan akuntansi, kamu hanya perlu menguasai matematika dasar (aljabar, + : x -, dll). Untuk matematika tingkat atas atau kalkulus, umumnya dipelajari oleh anak-anak FMIPA, FT, ataupun FK. 

Baca selengkapnya
0 764
Arliany Any
2 tahun yang lalu

Hi Arliany! Dalam jurusan farmasi memang kamu dituntut untuk pandai hitungan, terutama dalam mata kuliah kimia. Pandai berhitung akan membantu kamu untuk mendapat nilai yang tinggi. Jika kamu tidak terlalu jago berhitung, kamu dapat berlatih terus-menerus dan memiliki target agar pandai berhitung. Good luck!

Baca selengkapnya
0 1105
Maulia Febrianti
3 tahun yang lalu

Hi Maulia,

kalau yang kamu maksudkan adalah lolos SNMPTN ke jurusan matematika, selain rapot ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan. Seperti:

1. Track record alumni sekolah kamu di jurusan & kampus tujuan kamu
2. Sertifikat memenangkan lomba di tingkat nasional, lebih baik lagi jika lombanya berbau matematika

Baca ulasan kami di artikel berikut yaa
https://www.youthmanual.com/post/persiapan-kuliah-101 

Good luck!

Baca selengkapnya
0 664
Ratna mutia
3 tahun yang lalu

Hai Ratna,

kalau kamu sudah menyelesaikan perjalananmu di Peta Perjalanan Youthmanual, pastinya kamu sudah tahu bahwa ada 2 hal yang menjadi landasan rekomendasi program studi kuliah yang paling cocok untuk kamu: minat dan kemampuan. Nah, kedua hal ini juga sebaiknya kamu jadikan sebagai pertimbangan pribadi kamu untuk memilih program studi mana yang kamu banget berdasarkan rekomendasi yang ada. Soalnya, kalau minat kamu akan suatu program studi nggak diimbangi dengan kemampuan, bakalan berat banget, lho :)

Mengenai nilai matematika kamu yang kurang mendukung, apakah ini maksudnya memberikan kendala ketika kamu ingin mendaftar SNMPTN? Jika tidak, seharusnya kamu jangan patah semangat. Kemampuan adalah hal yang selalu bisa dikembangkan, dan jika kamu merasa kemampuan berhitungmu (nggak cuma sebatas di pelajaran matematika aja) masih belum memuaskan, kamu bisa mengembangkan kemampuan ini dengan mengikuti les atau mungkin mengubah cara belajar kamu.

Lalu, apa program studi bidang pertanian yang paling tepat untukmu? Untuk tahu jawabannya, coba deh eksplorasi berbagai pilihan program studi bidang pertanian di database program studi Youthmanual yang paling lengkap dan paling update. Kamu bisa mengetahui informasi penting seputar mata kuliah, prospek karier, cerita kakak-kakak mahasiswa dan alumni, atau bahkan program studi baru di bidang pertanian yang mungkin belum pernah kamu ketahui. Cari berbagai info seputar program studi bidang pertanian di sini:

https://www.youthmanual.com/cari-jurusan/pertanian/page/1

Dan artikel menarik mengenai program studi pertanian dengan prospek karier yang cerah di masa depan:

https://www.youthmanual.com/post/dunia-kuliah/jurusan-dan-perkuliahan/jangan-salah-7-pilihan-jurusan-bidang-pertanian-ini-punya-prospek-karier-cerah-di-masa-depan

Untuk memudahkan kamu dalam memilih program studi yang kamu banget, kamu bisa baca panduannya di sini:

https://www.youthmanual.com/post/persiapan-kuliah-101/persiapan-kuliah-dari-bangku-sekolah/mengenali-kepribadian-minat-dan-menggali-potensi-untuk-memilih-program-studi

https://www.youthmanual.com/post/persiapan-kuliah-101/persiapan-kuliah-dari-bangku-sekolah/panduan-memilih-program-studi-kuliah

Semoga membantu!

Baca selengkapnya
0 626
Khairul Fahmi
5 tahun yang lalu

Halo Khairul!

Setahu saya, ini tergantung dari sekolahnya. Ada sekolah yang hanya menerima guru lulusan jurusan pendidikan seperti Pendidikan Matematika dan ada pula yang menerima lulusan ilmu murni seperti Matematika. Silakan nanti ditanyakan pada tempat kerja yang kamu tuju ya.. 

Omong-omong, saya salut sekali kalau kamu mau jadi guru! Sungguh guru mulia karena karyanya :)

Semangat ya!

Baca selengkapnya
0 419
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2021 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1