Profil Bank Muamalat
PT Bank Muamalat Indonesia Tbk (“Bank Muamalat Indonesiaâ€) memulai perjalanan bisnisnya sebagai Bank Syariah pertama di Indonesia pada 1 November 1991 atau 24 Rabi’us Tsani 1412 H. Pendirian Bank Muamalat Indonesia digagas oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI), Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) dan pengusaha muslim yang kemudian mendapat dukungan dari Pemerintah Republik Indonesia. Sejak resmi beroperasi pada 1 Mei 1992 atau 27 Syawal 1412 H, Bank Muamalat Indonesia terus berinovasi dan mengeluarkan produkproduk keuangan syariah seperti Asuransi Syariah (Asuransi Takaful), Dana Pensiun Lembaga Keuangan Muamalat (DPLK Muamalat) dan multifinance syariah (Al-Ijarah Indonesia Finance) yang seluruhnya menjadi terobosan di Indonesia. Selain itu produk Bank yaitu Shar-e yang diluncurkan pada tahun 2004 juga merupakan tabungan instan pertama di Indonesia. Produk Shar-e Gold Debit Visa yang diluncurkan pada tahun 2011 tersebut mendapatkan penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai Kartu Debit Syariah dengan teknologi chip pertama di Indonesia serta layanan e-channel seperti internet banking, mobile banking, ATM, dan cash management. Seluruh produk-produk tersebut menjadi pionir produk syariah di Indonesia dan menjadi tonggak sejarah penting di industri perbankan syariah. Pada 27 Oktober 1994, Bank Muamalat Indonesia mendapatkan izin sebagai Bank Devisa dan terdaftar sebagai perusahaan publik yang tidak listing di Bursa Efek Indonesia (BEI). Pada tahun 2003, Bank dengan percaya diri melakukan Penawaran Umum Terbatas (PUT) dengan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD) sebanyak 5 (lima) kali dan merupakan lembaga perbankan pertama di Indonesia yang mengeluarkan Sukuk Subordinasi Mudharabah. Aksi korporasi tersebut semakin menegaskan posisi Bank Muamalat Indonesia di peta industri perbankan Indonesia. Seiring kapasitas Bank yang semakin diakui, Bank semakin melebarkan sayap dengan terus menambah jaringan kantor cabangnya di seluruh Indonesia. Pada tahun 2009, Bank mendapatkan izin untuk membuka kantor cabang di Kuala Lumpur, Malaysia dan menjadi bank pertama di Indonesia serta satu-satunya yang mewujudkan ekspansi bisnis di Malaysia. Hingga saat ini, Bank telah memiliki 325 kantor layanan termasuk 1 (satu) kantor cabang di Malaysia. Operasional Bank juga didukung oleh jaringan layanan yang luas berupa 710 unit ATM Muamalat, 120.000 jaringan ATM Bersama dan ATM Prima, serta lebih dari 11.000 jaringan ATM di Malaysia melalui Malaysia Electronic Payment (MEPS). Menginjak usianya yang ke-20 pada tahun 2012, Bank Muamalat Indonesia melakukan rebranding pada logo Bank untuk semakin meningkatkan awareness terhadap image sebagai Bank syariah Islami, Modern dan Profesional. Bank pun terus mewujudkan berbagai pencapaian serta prestasi yang diakui baik secara nasional maupun internasional. Hingga saat ini, Bank beroperasi bersama beberapa entitas anaknya dalam memberikan layanan terbaik yaitu Al-Ijarah Indonesia Finance (ALIF) yang memberikan layanan pembiayaan syariah, (DPLK Muamalat) yang memberikan layanan dana pensiun melalui Dana Pensiun Lembaga Keuangan, dan Baitulmaal Muamalat yang memberikan layanan untuk menyalurkan dana Zakat, Infakdan Sedekah (ZIS). Sejak tahun 2015, Bank Muamalat Indonesia bermetamorfosa untuk menjadi entitas yang semakin baik dan meraih pertumbuhan jangka panjang. Dengan strategi bisnis yang terarah Bank Muamalat Indonesia akan terus melaju mewujudkan visi menjadi “The Best Islamic Bank and Top 10 Bank in Indonesia with Strong Regional Presenceâ€.
Budaya Kerja di Bank Muamalat
Socially Responsible
Perusahaan mengutamakan tanggung jawab misi yang dibawa dan dampak sosial yang ditimbulkan dari segi karyawan atau pun perusahaan itu sendiri
Collaborative
Karyawan banyak dilibatkan dalam aktivitas kerjasama tim dari divisi dan bagian lain untuk mencapai sebuah tujuan bersama
Competitiveness
Perusahaan memiliki iklim organisasi yang kondusif agar karyawan dapat saling berkompetisi bersama sama untuk memberikan kontribusi terbaik mereka
Kenapa Bank Muamalat?
Bank Muamalat selalu berupaya untuk memenuhi kesejahteraan karyawannya, baik yang berupa kesejahteraan finansil maupun non finansial. Kesejahteraan non finansial dikedepankan dengan diadakannya fasilitas-fasilitas baik yang bersifat mental, fisik maupun keagamaan. Kesejahteraan karyawan menjadi salah satu program yang terus menerus dievaluasi kesesuainnya dengan kebutuhan dan pasar.
Tips dari Bank Muamalat
Bank Muamalat bangga dengan budaya Islami | Modern | Profesional, yang akan mengantarkan Bank Muamalat menegakkan ekonomi syariah di Indonesia. Budaya Islami akan menjaga kemurnian, integritas dan kepatuhan insan Muamalat dalam menjalankan fungsinya. Budaya Modern akan membuat insan Muamalat menjadi lebih tanggap, terbuka dan terus berinovasi. Sedangkan budaya Profesional akan memastikan insan Muamalat untuk terus mengembangkan kompetensi, terus bersinergi dan mengedepankan customer focus.
Diskusi tentang Bank Muamalat
Lokasi Kantor
Bank Muamalat
Muamalat Tower Jl. Prof Dr Satrio, Kav. 18 Kuningan Timur, Setiabudi Jakarta Selatan 12940 Telp: (021) 80666000 Fax: (021) 80666001