Arm-Chair

Pengawas dan Penyelidik Kebakaran

Hukum dan Kriminalitas


  • Gaji rata-rata

    5jt - 5jt

  • Tren Karir

    -

  • Kecocokan denganmu

Apa itu Pengawas dan Penyelidik Kebakaran?

Memeriksa bangunan dan peralatan untuk mendeteksi bahaya kebakaran dan menegakkan peraturan negara bagian dan lokal, serta melakukan investigasi untuk menentukan penyebab dari kebakaran dan ledakan.

Jenjang pendidikan minimal

 

N/A

SMK

D3

S1

S2

Gaji rata-rata

5jt - 5jt

Contoh dari Jabatan Pekerjaan

Inspektur Kebakaran
Petugas Pemadam Kebakaran
Spesialis Pencegahan Kebakaran
Inspektur Keselamatan Kebakaran
Penyelidik Kebakaran dan Ledakan

Tugas Pengawas dan Penyelidik Kebakaran

Memeriksa bangunan untuk menemukan kondisi berbahaya dan tanda kebakaran, seperti akumulasi bahan yang mudah terbakar, masalah kabel listrik, atau pintu kebakaran yang tidak memadai/tidak berfungsi
Melakukan tindak lanjut dari tanda kebakaran yang ada dan  memastikan bahwa tindakan yang tepat sudah dilakukan seandainya terdapat kesalahan Menyampaikan dan menjelaskan informasi mengenai persyaratan kode kebakaran serta pencegahan kebakaran pada arsitek, kontraktor, pengacara, insinyur, pengembang, tenaga pelayanan kebakaran, dan publik
Mengidentifikasi tindakan perbaikan yang diperlukan dalam membawa properti telah sesuai dengan kode kebakaran, hukum, regulasi, dan standar, kemudian menjelaskan langkah-langkah ini kepada pemilik properti atau perwakilannya
Memeriksa lokasi kebakaran dan mengumpulkan bukti seperti kaca, pecahan besi, kayu terbakar dan penyebab kejadian untuk digunakan dalam menentukan penyebab kebakaran
Menganalisa bukti dan informasi lainnya untuk menentukan kemungkinan penyebab kebakaran atau ledakan

Pengetahuan

Pembangunan dan Konstruksi

Pengetahuan tentang material, metode, dan peralatan konstruksi atau perbaikan rumah, bangunan, serta struktur lainnya, seperti jalan raya.

Kimia

Pengetahuan tentang komposisi, struktur dan properti kimiawi dari zat serta proses dan transformasi kimiawi yang terjadi. Termasuk penggunaan bahan kimiawi dan interaksinya, tanda bahaya, teknik produksi dan metode pembuangan

Layanan Pelanggan dan Personal

Pengetahuan tentang prinsip dan proses untuk menyediakan layanan bagi pelanggan dan personal. Hal ini termasuk penilaian kebutuhan pelanggan, memenuhi standar kualitas layanan, dan evaluasi kepuasan pelanggan.

Hukum dan Pemerintahan

Pengetahuan tentang hukum, aturan hukum, prosedur pengadilan, preseden, regulasi pemerintah, perintah ekskutif, aturan lembaga, dan proses politik yang demokratis.

Keselamatan dan Keamanan Publik

Pengetahuan tentang peralatan, kebijakan, prosedur, dan strategi yang relevan untuk mendukung operasi razia/patroli yang efektif bagi keamanan lokal, provinsi, dan nasional, serta melindungi orang, data, properti, dan institusi.

Keterampilan

Aktif Mendengarkan

Memberikan perhatian penuh pada perkataan orang lain, menyisihkan waktu memahami poin yang disampaikan, mengajukan pertanyaan sewajarnya, dan tidak menyela pada waktu yang tidak tepat

Penyelesaian Masalah yang Kompleks

Mengidentifikasi masalah yang kompleks dan mengulas informasi terkait dalam rangka mengembangkan dan mengevaluasi pilihan serta solusi yang dapat diterapkan.

Berpikir Kritis

Menggunakan logika dan penalaran untuk mengindentifikasi kekuatan dan kelemahan dari solusi alternatif, kesimpulan, ataupun pendekatan permasalahan yang ditangani

Analisis Kontrol Kualitas

Melakukan tes dan inspeksi produk, layanan, atau proses dalam rangka mengevaluasi kualitas atau kinerja.

Berbicara

Berbicara pada orang lain untuk menyampaikan informasi secara efektif

Kemampuan

  • 1

    Penalaran Deduktif - Kemampuan untuk menerapkan peraturan umum dalam masalah tertentu dalam rangka menghasilkan jawaban yang masuk akal.

  • 2

    Fleksibilitas Pengakhiran - Kemampuan untuk mengidentifikasi atau mendeteksi pola yang dikenal (sebuah figur, objek, kata, atau suara) yang tersembunyi dalam suatu bahan yang kacau.

  • 3

    Penalaran Induktif - Kemampuan menggabungkan potongan-potongan informasi untuk membentuk peraturan dan kesimpulan umum (termasuk menemukan hubungan di antara kejadian-kejadian yang terlihat tidak terhubung).

  • 4

    Kecepatan Persepsi - Kemampuan secara cepat dan akurat membandingkan persamaan dan perbedaan dari seperangkat huruf, angka, objek, gambar, dan pola. Hal yang dibandingkan dapat disajikan dalam waktu yang bersamaan maupun bergiliran. Kemampuan ini juga termasuk membandingkan objek yang disajikan dengan objek yang diingat.

  • 5

    Sensitivitas Masalah - Kemampuan untuk memberitahu ketika terdapat sesuatu yang salah atau mungkin salah. Hal ini tidak melibatkan penyelesaian masalah, hanya mengetahui jika terdapat suatu masalah.

Diskusi terkait profesi Pengawas dan Penyelidik Kebakaran

Belum ada diskusi yang dibagikan untuk profesi ini.

Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2021 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1