Arm-Chair

Spesialis Pencegahan dan Pemadam Kebakaran Hutan

Sumber Daya Alam


  • Gaji rata-rata

    3.9jt - 5.5jt

  • Tren Karir

  • Kecocokan denganmu

Apa itu Spesialis Pencegahan dan Pemadam Kebakaran Hutan?

Pengawas Pemadam Kebakaran Hutan bertugas mengawasi dan memimpin pemadam kebakaran yang mengontrol dan memadamkan api di hutan atau lahan publik yang kosong. Ia juga mengevaluasi dan memberikan laporan mengenai kebakaran.

Jenjang pendidikan minimal

 

N/A

SMK

D3

S1

S2

Gaji rata-rata

3.9jt - 5.5jt

Contoh dari Jabatan Pekerjaan

Asisten Pengawas Hutan
Pemadam Kebakaran Tipe Satu
Spesialis Pengawas Pemadam Kebakaran di Hutan
Pengawas Kebakaran Hutan

Tugas Spesialis Pencegahan dan Pemadam Kebakaran Hutan

Mengkomunikasikan rincian kebakaran kepada atasan, staf, atau pusat berita
Mengevaluasi ukuran, lokasi, dan kondisi kebakaran hutan
Bertindak sebagai pemimpin pekerjaan yang berhubungan dengan mesin, tangan (manual), helikopter, serta personil pemadam kebakaran yang ditugaskan, baik tiga anggota ataupun lebih
Menjaga peralatan pemadam kebakaran tetap dalam kondisi yang baik, serta mengecek peralatan secara berkala, untuk memastikan seluruh alat siap digunakan ketika akan bertugas
Melatih petugas dalam beberapa keterampilan, seperti terjun payung, pencegahan kebakaran, pengamatan udara, serta komunikasi radio

Pengetahuan

Administrasi dan Manajemen

Pengetahuan tentang prinsip bisnis dan manajemen termasuk perencanaan strategis, alokasi sumber daya, pemodelan sumber daya manusia, teknik kepemimpinan, metode produksi, dan koordinasi antara orang dan sumber daya.

Mekanis

Pengetahuan tentang mesin dan peralatan, termasuk desain, fungsi, perbaikan, dan perawatan.

Keselamatan dan Keamanan Publik

Pengetahuan tentang peralatan, kebijakan, prosedur, dan strategi yang relevan untuk mendukung operasi razia/patroli yang efektif bagi keamanan lokal, provinsi, dan nasional, serta melindungi orang, data, properti, dan institusi.

Keterampilan

Koordinasi

Menyesuaikan tindakan yang dilakukan, dengan tindakan orang lain.

Berpikir Kritis

Menggunakan logika dan penalaran untuk mengindentifikasi kekuatan dan kelemahan dari solusi alternatif, kesimpulan, ataupun pendekatan permasalahan yang ditangani

Pertimbangan dan Pengambilan Keputusan

Mempertimbangkan kekurangan dan kelebihan dari pilihan tindakan yang potensial untuk memilih tindakan yang paling tepat.

Pemantauan Operasi

Mengamati alat pengukur, tombol penyetel, atau indikator lainnya untuk memastikan mesin bekerja dengan baik.

Berbicara

Berbicara pada orang lain untuk menyampaikan informasi secara efektif

Kemampuan

  • 1

    Kestabilan Lengan dan Tangan - Kemampuan untuk menjaga tangan dan lengan tetap stabil ketika lengan bergerak atau ketika memegang lengan dan tangan dalam satu posisi.

  • 2

    Presisi Kontrol - Kemampuan untuk dengan cepat dan secara berulang memastikan kontrol dari mesin dan kendaraan untuk posisi yang tepat.

  • 3

    Ketangkasan Manual - Kemampuan dengan cepat memindahkan tangan, tangan dan lengan secara bersamaan, atau kedua tangan untuk menggenggam, memanipulasi, dan memasang objek.

  • 4

    Pemahaman Lisan - Kemampuan untuk mendengarkan dan memahami informasi dan ide yang disampaikan melalui kata dan kalimat lisan

  • 5

    Ekspresi Lisan - Kemampuan untuk mengkomunikasikan informasi dan ide ketika berbicara, sehingga orang lain dapat memahami apa yang disampaikan

  • 6

    Sensitivitas Masalah - Kemampuan untuk memberitahu ketika terdapat sesuatu yang salah atau mungkin salah. Hal ini tidak melibatkan penyelesaian masalah, hanya mengetahui jika terdapat suatu masalah.

  • 7

    Reaksi yang Cepat - kemampuan untuk merespon secara cepat (dengan tangan, jari, atau kaki) pada sebuah sinyal (suara, cahaya, gambar) ketika sinyalnya muncul.

Diskusi terkait profesi Spesialis Pencegahan dan Pemadam Kebakaran Hutan

Belum ada diskusi yang dibagikan untuk profesi ini.

Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2021 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1