Menu
Arm-Chair

Ahli Patologi

Ilmu Kesehatan


  • Gaji rata-rata

    -

  • Tren Karir

    -

  • Kecocokan denganmu

Apa itu Ahli Patologi?

Mendiagnosa keadaan dan tahap penyakit menggunakan teknik laboratorium dan spesimen pasien. Mempelajari sifat, penyebab, dan perkembangan penyakit. Melakukan otopsi.

Jenjang pendidikan minimal

 

N/A

SMK

D3

S1

S2

Contoh dari Jabatan Pekerjaan

Patolog Anatomi
Asosiasi Patolog
Patolog Jaga
Cytopathologist
Dermatopathologist
Patolog Forensik
Patolog Oral
Patolog
Direktur Laboratorium Patologi

Tugas

Memeriksa sampel mikroskopis untuk mengidentifikasi penyakit atau kelainan lainnya
Mendiagnosa penyakit atau mempelajari kondisi medis menggunakan teknik seperti patologi, histologi, sitologi, sitopatologi, klinik kimia, imunologi, flow cytometry, dan biologi molekuler
Menulis laporan patologi yang merangkum analisis, hasil, dan kesimpulan
Mengidentifikasi etiologi, patogenesis, perubahan morfologi, dan signifikansi penyakit klinis
Menganalisis dan menginterpretasikan hasil dari tes seperti mikroba atau tes parasit, analisis urin, tes hormon, aspirasi jarum halus (FNAs), dan reaksi berantai polimerase (PCR)

Pengetahuan

Biologi

Pengetahuan tentang organisme tanaman dan hewan, jaringannya, sel, fungsi, saling ketergantungannya, dan interaksinya dengan lingkungan dan satu sama lain.

Bahasa Inggris

Pengetahuan tentang struktur dan isi dari Bahasa Inggris, termasuk arti dan ejaan dari setiap kata, aturan komposisi, dan tata bahasa.

Ilmu Kedokteran dan Kedokteran Gigi

Pengetahuan tentang informasi dan teknik yang diperlukan untuk mendiagnosa dan mengobati luka manusia, penyakit, dan kelainan bentuk. Ini termasuk gejala, pengobatan alternatif, sifat obat dan interaksi, dan langkah-langkah kesehatan preventif.

Keterampilan

Aktif Mendengarkan

Memberikan perhatian penuh pada perkataan orang lain, menyisihkan waktu memahami poin yang disampaikan, mengajukan pertanyaan sewajarnya, dan tidak menyela pada waktu yang tidak tepat

Berpikir Kritis

Menggunakan logika dan penalaran untuk mengindentifikasi kekuatan dan kelemahan dari solusi alternatif, kesimpulan, ataupun pendekatan permasalahan yang ditangani

Pemahaman Membaca

Memahami kalimat dan paragraf yang ditulis dalam dokumen kerja.

Berbicara

Berbicara pada orang lain untuk menyampaikan informasi secara efektif

Menulis

Mengkomunikasikan dengan efektif melalui tulisan yang sesuai dengan kebutuhan audiens

Kemampuan

  • 1

    Penalaran Deduktif - Kemampuan untuk menerapkan peraturan umum dalam masalah tertentu dalam rangka menghasilkan jawaban yang masuk akal.

  • 2

    Penalaran Induktif - Kemampuan menggabungkan potongan-potongan informasi untuk membentuk peraturan dan kesimpulan umum (termasuk menemukan hubungan di antara kejadian-kejadian yang terlihat tidak terhubung).

  • 3

    Pemahaman Lisan - Kemampuan untuk mendengarkan dan memahami informasi dan ide yang disampaikan melalui kata dan kalimat lisan

  • 4

    Ekspresi Lisan - Kemampuan untuk mengkomunikasikan informasi dan ide ketika berbicara, sehingga orang lain dapat memahami apa yang disampaikan

  • 5

    Sensitivitas Masalah - Kemampuan untuk memberitahu ketika terdapat sesuatu yang salah atau mungkin salah. Hal ini tidak melibatkan penyelesaian masalah, hanya mengetahui jika terdapat suatu masalah.

Cerita terkait profesi ini

Belum ada cerita yang dibagikan untuk profesi ini.
Jadilah yang pertama untuk bagikan ceritamu!

Jurusan Terkait

Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Rencanamu ©