Arm-Chair

Ahli Sistem Informasi Geografis

Ilmu Pengetahuan & Teknologi


  • Gaji rata-rata

    4.7jt - 6.8jt

  • Tren Karir

  • Kecocokan denganmu

Apa itu Ahli Sistem Informasi Geografis?

Membantu para ilmuwan, ahli teknologi, dan profesional terkait dalam membangun, memelihara, memodifikasi, atau menggunakan database sistem informasi geografis (GIS). Dapat juga melakukan beberapa pengembangan aplikasi sesuai kebutuhan atau memberikan dukungan bagi pengguna.

Jenjang pendidikan minimal

 

N/A

SMK

D3

S1

S2

Gaji rata-rata

4.7jt - 6.8jt

Contoh dari Jabatan Pekerjaan

Kartografer
Analis Sistem Informasi Geografis
Koordinator Sistem Informasi Geografis
Spesialis Sistem Informasi Geografis
Teknisi Sistem Informasi Geografis
Spesialis Pendukung Teknis

Tugas Ahli Sistem Informasi Geografis

Merancang atau mempersiapkan representasi grafis dari data Sistem Informasi Geografis (GIS), menggunakan aplikasi softeware dan hardware GIS
Menganalisis data Sistem Informasi Geografis (GIS) untuk mengidentifikasi hubungan spasial atau menampilkan hasil analisis, dengan menggunakan peta, grafik, atau data tabel
Memelihara atau memodifikasi database Sistem Informasi Geografis (GIS) yang sudah ada
Memasukkan data ke dalam database Sistem Informasi Geografis (GIS), menggunakan teknik seperti koordinat geometri, entri keyboard dari data tabel, digitalisasi manual peta, pemindaian atau konversi otomatis ke vektor, atau konversi sumber data digital
Mengulas data yang telah ada atau yang masuk untuk mata uang, akurasi, kegunaan, kualitas, dan kelengkapan dokumentasi
 

Pengetahuan

Komputer dan Elektronik

Pengetahuan tentang papan sirkuit, prosesor, chip, peralatan elektronik, perangkat keras dan perangkat lunak komputer, termasuk aplikasi dan pemrograman.

Desain

Pengetahuan tentang teknik, peralatan dan prinsip desain termasuk dalam memproduksi rencana teknikal yang presisi, cetak biru, gambar dan model.

Bahasa Inggris

Pengetahuan tentang struktur dan isi dari Bahasa Inggris, termasuk arti dan ejaan dari setiap kata, aturan komposisi, dan tata bahasa.

Geografi

Pengetahuan tentang prinsip dan metode dalam menjelaskan fitur daratan, laut, dan massa udara, termasuk karakteristik fisiknya, lokasi, hubungan timbal-balik, dan distribusi kehidupan tanaman, hewan, maupun manusia.

Matematika

Pengetahuan tentang aritmatika, aljabar, geometri, kalkulus, statistik, dan aplikasinya.

Keterampilan

Aktif Belajar

Memahami implikasi dari informasi baru untuk dasar pengambilan keputusan dan penyelesaian masalah sekarang maupun masa datang.

Penyelesaian Masalah yang Kompleks

Mengidentifikasi masalah yang kompleks dan mengulas informasi terkait dalam rangka mengembangkan dan mengevaluasi pilihan serta solusi yang dapat diterapkan.

Berpikir Kritis

Menggunakan logika dan penalaran untuk mengindentifikasi kekuatan dan kelemahan dari solusi alternatif, kesimpulan, ataupun pendekatan permasalahan yang ditangani

Pemahaman Membaca

Memahami kalimat dan paragraf yang ditulis dalam dokumen kerja.

Berbicara

Berbicara pada orang lain untuk menyampaikan informasi secara efektif

Kemampuan

  • 1

    Penalaran Deduktif - Kemampuan untuk menerapkan peraturan umum dalam masalah tertentu dalam rangka menghasilkan jawaban yang masuk akal.

  • 2

    Fleksibilitas Pengakhiran - Kemampuan untuk mengidentifikasi atau mendeteksi pola yang dikenal (sebuah figur, objek, kata, atau suara) yang tersembunyi dalam suatu bahan yang kacau.

  • 3

    Penalaran Induktif - Kemampuan menggabungkan potongan-potongan informasi untuk membentuk peraturan dan kesimpulan umum (termasuk menemukan hubungan di antara kejadian-kejadian yang terlihat tidak terhubung).

  • 4

    Pemahaman Tertulis - Kemampuan untuk membaca dan memahami informasi dan ide yang disampaikan melalui tulisan

Diskusi terkait profesi Ahli Sistem Informasi Geografis

Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2021 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1