Arm-Chair

Teknisi Geotermal

Manufaktur


  • Gaji rata-rata

    -

  • Tren Karir

  • Kecocokan denganmu

Apa itu Teknisi Geotermal?

Teknisi Geotermal adalah melakukan kegiatan teknis di pembangkit listrik atau instalasi yang diperlukan untuk pembangkit tenaga dari sumber energi panas bumi. Memantau dan mengendalikan aktivitas operasi di fasilitas pembangkit tenaga panas bumi dan melakukan perawatan dan perbaikan seperlunya. Memasang, menguji, dan memelihara pompa panas bumi untuk keperluan pemukiman maupun bisnis.

Jenjang pendidikan minimal

 

N/A

SMK

D3

S1

S2

Contoh dari Jabatan Pekerjaan

Control Operator
Control Room Operatior
Teknisi Kontrol dan Kelistrikan

Tugas Teknisi Geotermal

Mengidentifikasi dan memperbaiki kerusakan peralatan pabrik geothermal, sistem kelistrikan, instrumentasi, dan kontrol
Memantau dan menyesuaikan pengoperasian peralatan atau sistem pembangkit tenaga panas bumi
Menyesuaikan sistem produksi tenaga pembangkit untuk memenuhi kebutuhan beban pabrik dan distribusi
Mengumpulkan dan mencatat data yang terkait dengan operasi pembangkit listrik dan sumur tenaga panas bumi
Memasang dan merawat peralatan proteksi listrik pembangkit tenaga panas bumi
Menjaga sakelar listrik, kontrol proses, pemancar, pengukur, dan peralatan kontrol sesuai dengan prosedur instalasi panas bumi
Menentukan apakah diperlukan sistem darurat atau tambahan untuk menjaga agar peralatan pembangkit energi tenaga panas bumi tetap pada suhu yang semestinya meski dalam kondisi cuaca ekstrem
Menguji sumber air untuk melihat keberadaan faktor kontaminan dan volume aliran

Pengetahuan

Kimia

Pengetahuan tentang komposisi, struktur dan properti kimiawi dari zat serta proses dan transformasi kimiawi yang terjadi. Termasuk penggunaan bahan kimiawi dan interaksinya, tanda bahaya, teknik produksi dan metode pembuangan

Komputer dan Elektronik

Pengetahuan tentang papan sirkuit, prosesor, chip, peralatan elektronik, perangkat keras dan perangkat lunak komputer, termasuk aplikasi dan pemrograman.

Desain

Pengetahuan tentang teknik, peralatan dan prinsip desain termasuk dalam memproduksi rencana teknikal yang presisi, cetak biru, gambar dan model.

Rekayasa dan Teknologi

Pengetahuan tentang aplikasi praktis dalam ilmu rekayasa dan teknologi. Hal ini termasuk penerapan prinsip, teknik, prosedur, dan peralatan untuk mendesain dan memproduksi berbagai barang dan jasa.

Bahasa Inggris

Pengetahuan tentang struktur dan isi dari Bahasa Inggris, termasuk arti dan ejaan dari setiap kata, aturan komposisi, dan tata bahasa.

Matematika

Pengetahuan tentang aritmatika, aljabar, geometri, kalkulus, statistik, dan aplikasinya.

Mekanis

Pengetahuan tentang mesin dan peralatan, termasuk desain, fungsi, perbaikan, dan perawatan.

Fisika

Pengetahuan dan prediksi tentang prinsip fisika, hukum, hubungan antar keduanya, dan aplikasi untuk memahami cairan, bahan, dinamika atmosfer, mekanik, listrik, atom, sub struktur atom dan prosesnya.

Produksi dan Pengolahan

Pengetahuan tentang bahan mentah, proses produksi, kontrol kualitas, biaya, dan teknik lainnya dalam memaksimalkan keefektifan manufaktur dan distribusi barang.

Keselamatan dan Keamanan Publik

Pengetahuan tentang peralatan, kebijakan, prosedur, dan strategi yang relevan untuk mendukung operasi razia/patroli yang efektif bagi keamanan lokal, provinsi, dan nasional, serta melindungi orang, data, properti, dan institusi.

Keterampilan

Penyelesaian Masalah yang Kompleks

Mengidentifikasi masalah yang kompleks dan mengulas informasi terkait dalam rangka mengembangkan dan mengevaluasi pilihan serta solusi yang dapat diterapkan.

Berpikir Kritis

Menggunakan logika dan penalaran untuk mengindentifikasi kekuatan dan kelemahan dari solusi alternatif, kesimpulan, ataupun pendekatan permasalahan yang ditangani

Perawatan Peralatan

Melakukan perawatan peralatan rutin dan menentukan kapan dan perawatan seperti apa yang diperlukan.

Memantau

Memantau/menilai kinerja diri sendiri, individu lain, maupun organisasi untuk melakukan pengembangan atau mengambil tindakan korektif.

Pemantauan Operasi

Mengamati alat pengukur, tombol penyetel, atau indikator lainnya untuk memastikan mesin bekerja dengan baik.

Analisis Kontrol Kualitas

Melakukan tes dan inspeksi produk, layanan, atau proses dalam rangka mengevaluasi kualitas atau kinerja.

Reparasi

Memperbaiki mesin atau sistem menggunakan peralatan yang dibutuhkan.

Penentuan Masalah

Menentukan penyebab dari kesalahan operasi, dan memutuskan tindakan apa yang perlu dilakukan.

Kemampuan

  • 1

    Presisi Kontrol - Kemampuan untuk dengan cepat dan secara berulang memastikan kontrol dari mesin dan kendaraan untuk posisi yang tepat.

  • 2

    Penalaran Deduktif - Kemampuan untuk menerapkan peraturan umum dalam masalah tertentu dalam rangka menghasilkan jawaban yang masuk akal.

  • 3

    Fleksibilitas Pengakhiran - Kemampuan untuk mengidentifikasi atau mendeteksi pola yang dikenal (sebuah figur, objek, kata, atau suara) yang tersembunyi dalam suatu bahan yang kacau.

  • 4

    Penalaran Induktif - Kemampuan menggabungkan potongan-potongan informasi untuk membentuk peraturan dan kesimpulan umum (termasuk menemukan hubungan di antara kejadian-kejadian yang terlihat tidak terhubung).

  • 5

    Penyusunan Informasi - Kemampuan untuk mengatur berbagai hal maupun tindakan dalam urutan atau pola tertentu sesuai dengan aturan yang ditetapkan (contoh: pola angka, huruf, kata, gambar, operasi matematika).

  • 6

    Koordinasi Angota-Anggota Tubuh - Kemampuan untuk mengkoordinasi dua atau lebih anggota tubuh (seperti dua lengan, dua kaki, atau satu kaki dan satu lengan) ketika duduk, berdiri, atau berbaring. Hal ini tidak termasuk melakukan aktivitas saat seluruh tubuh sedang bergerak.

  • 7

    Penglihatan Jarak Dekat - Kemampuan untuk melihat detil dalam jarak dekat (jarak beberapa kaki dari objek).

  • 8

    Kecepatan Persepsi - Kemampuan secara cepat dan akurat membandingkan persamaan dan perbedaan dari seperangkat huruf, angka, objek, gambar, dan pola. Hal yang dibandingkan dapat disajikan dalam waktu yang bersamaan maupun bergiliran. Kemampuan ini juga termasuk membandingkan objek yang disajikan dengan objek yang diingat.

  • 9

    Sensitivitas Masalah - Kemampuan untuk memberitahu ketika terdapat sesuatu yang salah atau mungkin salah. Hal ini tidak melibatkan penyelesaian masalah, hanya mengetahui jika terdapat suatu masalah.

  • 10

    Perhatian Selektif - Kemampuan untuk berkonsentrasi pada tugas dalam periode tertentu tanpa mudah terganggu.

Diskusi terkait profesi Teknisi Geotermal

Belum ada diskusi yang dibagikan untuk profesi ini.

Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2022 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1