Menu
Arm-Chair

Loan Officer

Perbankan & Keuangan


  • Gaji rata-rata

    3.3jt - 5.1jt

  • Tren Karir

    -

  • Kecocokan denganmu

Apa itu Loan Officer?

Loan Officer adalah seseorang yang bertugas untuk melakukan evaluasi terhadap pengajuan pinjaman komersil maupun konsumtif (dengan jaminan). Dia juga memberi rekoemendasi kepada unit terkait mengenai kapasitas pembayaran nasabah termasuk kemampuan nasabah untuk melunasi pinjaman pada saat jatuh tempo. Unit ini akan aktif berhubungan dengan Relationship Manager, Analis Kredit dan Penyetuju Kredit

Jenjang pendidikan minimal

 

N/A

SMK

D3

S1

S2

Gaji rata-rata

3.3jt - 5.1jt

Contoh dari Jabatan Pekerjaan

Manajer Cabang
Petugas Perbankan Bisnis
Bankir Komersil
Petugas Pinjaman Komersil
Petugas Perbankan Perusahaan
Petugas Pinjaman
Petugas Pinjaman Hipotek
Pembuat Pinjaman Hipotek
Manajer Portofolio
Manajer Hubungan

Tugas

Menilai, memberi ijin, atau merekomendasikan persetujuan atas pinjaman komersil, properti, atau kredit Dia juga memberi nasihat kepada peminjam mengenai keadaan keuangannya, serta metode pembayaran apa yang terbaik Pegawai Pinjaman termasuk petugas dan agen hipotek pinjaman, analis koleksi, petugas pelayanan pinjaman, dan penanggung pinjaman
Menganalisa keadaan keuangan, pinjaman, serta nilai harta benda pemohon pinjaman, untuk menentukan apakah sang pemohon bisa diberikan pinjaman
Mendapatkan dan mengumpulkan salinan catatan pinjaman kredit, laporan keuangan perusahaan, dan informasi keuangan sang pemohon pinjaman lainnya
Bertemu dengan sang pemohon pinjaman, untuk mendapatkan informasi untuk mengajukan permohonan pinjaman, serta memberikan jawaban untuk sang pemohon, kalau dia punya pertanyaan tentang proses peminjaman
Menjelaskan pada klien tentang berbagai jenis pinjaman yang berbeda, pilihan kredit yang tersedia, serta syarat-syarat dari layanan tersebut
Memeriksa perjanjian pinjaman untuk memastikan kelengkapan dan keakuratannya, sesuai dengan aturan

Pengetahuan

Administratif

Pengetahuan tentang prosedur dan sistem administratif, seperti mengelolah kata, mengatur dokumen dan catatan, stenografi dan transkripsi, mendesain formulir, serta prosedur dan terminologi kantor lainnya.

Komputer dan Elektronik

Pengetahuan tentang papan sirkuit, prosesor, chip, peralatan elektronik, perangkat keras dan perangkat lunak komputer, termasuk aplikasi dan pemrograman.

Layanan Pelanggan dan Personal

Pengetahuan tentang prinsip dan proses untuk menyediakan layanan bagi pelanggan dan personal. Hal ini termasuk penilaian kebutuhan pelanggan, memenuhi standar kualitas layanan, dan evaluasi kepuasan pelanggan.

Ekonomi dan Akuntansi

Pengetahuan tentang prinsip-prinsip dan praktik ekonomi dan akuntansi, pasar keuangan, perbankan, serta analisa dan laporan data keuangan.

Bahasa Inggris

Pengetahuan tentang struktur dan isi dari Bahasa Inggris, termasuk arti dan ejaan dari setiap kata, aturan komposisi, dan tata bahasa.

Matematika

Pengetahuan tentang aritmatika, aljabar, geometri, kalkulus, statistik, dan aplikasinya.

Penjualan dan Pemasaran

Pengetahuan tentang prinsip-prinsip dan metode untuk menunjukkan, mempromosikan, dan menjual produk atau jasa. Termasuk strategi dan taktik pemasaran, demonstrasi produk, teknik penjualan, dan sistem kontrol penjualan.

Keterampilan

Aktif Mendengarkan

Memberikan perhatian penuh pada perkataan orang lain, menyisihkan waktu memahami poin yang disampaikan, mengajukan pertanyaan sewajarnya, dan tidak menyela pada waktu yang tidak tepat

Koordinasi

Menyesuaikan tindakan yang dilakukan, dengan tindakan orang lain.

Berpikir Kritis

Menggunakan logika dan penalaran untuk mengindentifikasi kekuatan dan kelemahan dari solusi alternatif, kesimpulan, ataupun pendekatan permasalahan yang ditangani

Pertimbangan dan Pengambilan Keputusan

Mempertimbangkan kekurangan dan kelebihan dari pilihan tindakan yang potensial untuk memilih tindakan yang paling tepat.

Pemahaman Membaca

Memahami kalimat dan paragraf yang ditulis dalam dokumen kerja.

Berbicara

Berbicara pada orang lain untuk menyampaikan informasi secara efektif

Negosiasi

Membawa orang lain bersama-sama dan berusaha untuk mendamaikan perbedaan.

Kemampuan

  • 1

    Penalaran Deduktif - Kemampuan untuk menerapkan peraturan umum dalam masalah tertentu dalam rangka menghasilkan jawaban yang masuk akal.

  • 2

    Penalaran Induktif - Kemampuan menggabungkan potongan-potongan informasi untuk membentuk peraturan dan kesimpulan umum (termasuk menemukan hubungan di antara kejadian-kejadian yang terlihat tidak terhubung).

  • 3

    Pemahaman Lisan - Kemampuan untuk mendengarkan dan memahami informasi dan ide yang disampaikan melalui kata dan kalimat lisan

  • 4

    Ekspresi Lisan - Kemampuan untuk mengkomunikasikan informasi dan ide ketika berbicara, sehingga orang lain dapat memahami apa yang disampaikan

  • 5

    Kejelasan Berbicara - Kemampuan untuk berbicara dengan jelas sehingga orang lain dapat mengerti apa yang dibicarakan

Cerita terkait profesi ini

Belum ada cerita yang dibagikan untuk profesi ini.
Jadilah yang pertama untuk bagikan ceritamu!

Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Rencanamu ©