Profesiku: Analis Kredit, Dina Septiyaningsih

Dalam seri "Profesiku", kamu bisa kenalan dengan berbagai profesi, lewat cerita para senior yang menekuninya. Kali ini, yuk, kenalan dengan profesi account officer bagian analis kredit yang ditekuni oleh Dina Septiyaningsih.

Dina Septiyaningsih, yang akrab dipanggil Dina, adalah seorang account officer bagian Analis Kredit di Bank Central Asia (BCA). Dina sudah mulai bekerja di BCA sejak empat tahun lalu.

Dina merupakan lulusan SMA Negeri 6 Bogor dan sarjana S1 jurusan Hubungan Internasional‍  Universitas Jayabaya. Cewek langsing yang ternyata hobi makan ini mengaku betah banget kerja di bank. Bagi Dina, bertemu banyak calon nasabah bikin hari-harinya jadi dinamis. Anggapan bahwa kerja di bank itu kaku banget, justru nggak berlaku buat Dina.

Profesiku:

Account Officer bagian marketing dan analis kredit di BCA”

Tugasku sehari-hari:

"1. Memasarkan produk kredit BCA, khususnya kredit modal kerja di atas Rp500 juta. Selain itu, aku juga memasarkan kredit pemilikan rumah, kredit kendaraan bermotor, dan lain sebagainya.

2. Memberikan total layanan dan total solusi kepada nasabah yang dikelola. Di sini, aku harus menjadi contact person yang bisa dipercaya dalam membantu nasabah berurusan dengan BCA.

3. Membantu proses analisa permohonan kredit baru, perpanjangan kredit dan lain sebagainya.

4. Memonitor kredit yang dikelola. Apakah kesepakatan pembayarannya tepat waktu, apakah nasabah menghadapi kesulitan, dan lain sebgainya.

5. Menjalin kerjasama yang sudah tercipta dengan nasabah."

Modal yang dibutuhkan untuk menekuni profesi ini:

"1. Selalu update informasi tentang laporan keuangan nasabah. Sebagai pihak pemasaran, kita nggak boleh cuma modal tampang. Seringkali nasabah mengajak kita berdiskusi tentang kebijakan ekonomi dan kondisi keuangan. Jadi aku juga harus rajin baca koran atau mencari informasi lewat internet.

2. Selalu percaya diri dan menyukai tantangan. Pekerjaan ini bakal bikin kita bertemu dengan banyak orang yang punya perusahaan besar. Negosiasi harus berjalan dengan baik. Sebagai perwakilan bank, kita harus memahami kebutuhan nasabah tapi nggak membuat bank mengalami kerugian.

3. Kuat mental menghadapi sifat para nasabah yang bermacam-macam, mendengarkan mereka bercerita, dan menganalisa masalah keuangan perusahaan mereka.

Suka duka menekuni profesi ini:

"Senangnya, aku jadi bisa jalan-jalan ke berbagai tempat dan melihat tempat usaha para nasabah. Aku juga jadi tahu proses bisnis sebuah perusahaan, bagaimana mereka menggerakkan perekonomian. Ini pengalaman dan pengetahuan yang bermanfaat banget buat aku. Selain itu, orang-orang yang aku temui juga rata-rata pekerja keras dan luar biasa hebat.

Dukanya, kadang aku harus pulang malam karena aku nggak banyak kerja di kantor. Apalagi kalau udah kena macet. Selain itu, karena kita menjadi contact person para nasabah, kita harus siap menerima pertanyaan dan keluhan, kapanpun dan di manapun."

Jalan untuk menuju profesi ini:

"Aku masuk BCA dengan cara ikut program Management Trainee. Memang, sih, rekrutmennya ketat banget. Tapi kalau sudah masuk, nggak bakal nyesel, deh!

Buat aku, budaya kerja di BCA OK banget. Gaji OK, dan kesempatan meningkatkan karier juga terbuka lebar. Account Officer adalah profesi yang sifatnya fungsional. Ada kenaikan pangkat berkala setiap dua tahun, dan suatu hari, kita bisa jadi pimpinan cabang. Trus, usia pensiun di BCA saat ini 55 tahun."

Tips buat anak muda yang ingin menekuni profesi ini:

"Kalau kamu memang ingin kerja di bank, ikuti proses MT dengan baik. Belajarlah dengan sungguh-sungguh. Nggak ada profesi yang sempurna, tapi kalau kita melakukannya dengan sepenuh hati, nanti pekerjaan itu akan terasa asyik."

Sebagai Account Officer, menjalin networking sangat penting. Networking bukan sekedar mengenal orang baru, lho, tetapi juga menjaga kerjasama dan hubungan yang sudah terjalin. Intinya, jangan habis manis sepah dibuang!"

(sumber gambar: dok. pribadi Dina)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
Muhamad Rifki Taufik | 1 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 1 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
AtomyFirst Chanel | 2 bulan yang lalu

Open PP @houseofshirly foll 427k @Idea_forhome foll 377k @myhomeidea_ foll 270k. Harga Paket lebih murah. DM kami yaa..

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1