Menu
Arm-Chair

Ahli Ekologi

Sumber Daya Alam


  • Gaji rata-rata

    4.5jt - 7.5jt

  • Tren Karir

  • Kecocokan denganmu

Apa itu Ahli Ekologi?

Ahli Ekologi adalah seorang ilmuwan yang melakukan penelitian tentang diversifikasi serta sifat makhluk hidup di ekosistem tersebut. Selain itu ia juga meneliti hubungan serta interaksi antara organisme dengan makhluk lain dan dengan lingkungannya.

Jenjang pendidikan minimal

 

N/A

SMK

D3

S1

S2

Gaji rata-rata

4.5jt - 7.5jt

Contoh dari Jabatan Pekerjaan

Ahli Ekologi
Ahli Ekologi Industri
Ecologist

Tugas

Melakukan klasifikasi terhadap makhluk hidup
Meneliti adanya pengaruh berkurang atau bertambahnya populasi jenis makhluk hidup tertentu terhadap keseluruhan ekosistem
Menganalisa serta mengidentifikasi masalah pada ekosistem, termasuk yang berkaitan dengan aktivitas manusia, seperti pengoperasian pabrik di sekitar ekosistem, rencana pembangunan dan lainnya
Menyelesaikan atau mencegah masalah lingkungan yang terjadi di ekosistem
Berdasarkan penelitian,memberikan rekomendasi pada pihak yang terkait seputar tindakan yang dilakukan supaya ekosistem tertap terjaga
Merencanakan dan mengelola manajemen habitat dan restorasi (perbaikan) ekosistem

Pengetahuan

Biologi

Pengetahuan tentang organisme tanaman dan hewan, jaringannya, sel, fungsi, saling ketergantungannya, dan interaksinya dengan lingkungan dan satu sama lain.

Rekayasa dan Teknologi

Pengetahuan tentang aplikasi praktis dalam ilmu rekayasa dan teknologi. Hal ini termasuk penerapan prinsip, teknik, prosedur, dan peralatan untuk mendesain dan memproduksi berbagai barang dan jasa.

Bahasa Inggris

Pengetahuan tentang struktur dan isi dari Bahasa Inggris, termasuk arti dan ejaan dari setiap kata, aturan komposisi, dan tata bahasa.

Keterampilan

Penyelesaian Masalah yang Kompleks

Mengidentifikasi masalah yang kompleks dan mengulas informasi terkait dalam rangka mengembangkan dan mengevaluasi pilihan serta solusi yang dapat diterapkan.

Koordinasi

Menyesuaikan tindakan yang dilakukan, dengan tindakan orang lain.

Berpikir Kritis

Menggunakan logika dan penalaran untuk mengindentifikasi kekuatan dan kelemahan dari solusi alternatif, kesimpulan, ataupun pendekatan permasalahan yang ditangani

Pertimbangan dan Pengambilan Keputusan

Mempertimbangkan kekurangan dan kelebihan dari pilihan tindakan yang potensial untuk memilih tindakan yang paling tepat.

Penentuan Masalah

Menentukan penyebab dari kesalahan operasi, dan memutuskan tindakan apa yang perlu dilakukan.

Kemampuan

  • 1

    Penalaran Induktif - Kemampuan menggabungkan potongan-potongan informasi untuk membentuk peraturan dan kesimpulan umum (termasuk menemukan hubungan di antara kejadian-kejadian yang terlihat tidak terhubung).

  • 2

    Penyusunan Informasi - Kemampuan untuk mengatur berbagai hal maupun tindakan dalam urutan atau pola tertentu sesuai dengan aturan yang ditetapkan (contoh: pola angka, huruf, kata, gambar, operasi matematika).

  • 3

    Sensitivitas Masalah - Kemampuan untuk memberitahu ketika terdapat sesuatu yang salah atau mungkin salah. Hal ini tidak melibatkan penyelesaian masalah, hanya mengetahui jika terdapat suatu masalah.

  • 4

    Pemahaman Tertulis - Kemampuan untuk membaca dan memahami informasi dan ide yang disampaikan melalui tulisan

  • 5

    Ekspresi Tertulis - Kemampuan untuk mengkomunikasikan informasi dan ide dalam penulisan sehingga orang lain dapat mengerti

Cerita terkait profesi ini

Belum ada cerita yang dibagikan untuk profesi ini.
Jadilah yang pertama untuk bagikan ceritamu!

Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Rencanamu ©