Menu
Arm-Chair

Insinyur Lokomotif

Transportasi, Distribusi dan Logistik


  • Gaji rata-rata

    -

  • Tren Karir

    -

  • Kecocokan denganmu

Apa itu Insinyur Lokomotif ?

Mengemudikan lokomotif listrik, lokomotif diesel-listrik, lokomotif uap, atau lokomotif gas-turbin-listrik untuk mengangkut penumpang atau barang. Insinyur Lokomotif juga menafsirkan pemesanan kereta, sinyal elektronik atau manual, serta aturan dan peraturan jalur kereta api.

Jenjang pendidikan minimal

 

N/A

SMK

D3

S1

S2

Contoh dari Jabatan Pekerjaan

Konduktor
Konduktor/Teknisi
Teknisi/Konduktor
Teknisi Lokomotif
Teknisi Lokomotif Penumpang
Teknisi Jalur Kereta Api
Teknisi Muatan
Teknisi Kereta Api
Kepala Kereta Api
Spesialis Transportasi

Tugas

Menafsirkan perintah dan sinyal untuk kereta, serta aturan dan peraturan yang mengatur pengoperasian lokomotif kereta api
Berunding dengan konduktor atau personel kontrol lalu lintas pusat melalui telepon radio, untuk mengeluarkan atau menerima informasi tentang pemberhentian, penundaan, atau kereta yang mendekat
Menerima sinyal awal dari konduktor dan menggunakan peralatan kontrol seperti klep penutup atau rem udara untuk mendorong lokomotif listrik, diesel-listrik, uap, atau gas turbin-listrik
Memantau alat pengukur yang mengukur kecepatan, amper, daya baterai, atau tekanan udara di jalur rem atau gudang utama
Mengamati rel kereta untuk mendeteksi adanya hambatan atau penghalang

Pengetahuan

Layanan Pelanggan dan Personal

Pengetahuan tentang prinsip dan proses untuk menyediakan layanan bagi pelanggan dan personal. Hal ini termasuk penilaian kebutuhan pelanggan, memenuhi standar kualitas layanan, dan evaluasi kepuasan pelanggan.

Pendidikan dan Pelatihan

Pengetahuan tentang prinsip dan metode dalam mendesain kurikulum, pelatihan, pengajaran, dan instruksi untuk individu dan kelompok, serta pengukuran efek pelatihan.

Mekanis

Pengetahuan tentang mesin dan peralatan, termasuk desain, fungsi, perbaikan, dan perawatan.

Keselamatan dan Keamanan Publik

Pengetahuan tentang peralatan, kebijakan, prosedur, dan strategi yang relevan untuk mendukung operasi razia/patroli yang efektif bagi keamanan lokal, provinsi, dan nasional, serta melindungi orang, data, properti, dan institusi.

Transportasi

Pengetahuan tentang prinsip-prinsip dan metode untuk memindahkan orang atau barang melalui udara, rel kereta, laut, atau jalan raya, termasuk perkiraan biaya dan manfaat.

Keterampilan

Aktif Mendengarkan

Memberikan perhatian penuh pada perkataan orang lain, menyisihkan waktu memahami poin yang disampaikan, mengajukan pertanyaan sewajarnya, dan tidak menyela pada waktu yang tidak tepat

Berpikir Kritis

Menggunakan logika dan penalaran untuk mengindentifikasi kekuatan dan kelemahan dari solusi alternatif, kesimpulan, ataupun pendekatan permasalahan yang ditangani

Memantau

Memantau/menilai kinerja diri sendiri, individu lain, maupun organisasi untuk melakukan pengembangan atau mengambil tindakan korektif.

Operasi dan Kontrol

Mengontrol perlengkapan dan sistem operasi.

Pemantauan Operasi

Mengamati alat pengukur, tombol penyetel, atau indikator lainnya untuk memastikan mesin bekerja dengan baik.

Kemampuan

  • 1

    Presisi Kontrol - Kemampuan untuk dengan cepat dan secara berulang memastikan kontrol dari mesin dan kendaraan untuk posisi yang tepat.

  • 2

    Kedalaman Persepsi - Kemampuan untuk menilai mana dari beberapa objek yang lebih dekat atau lebih jauh dari anda, atau untuk menilai jarak antara anda dan objek.

  • 3

    Penglihatan Jarak Jauh - Kemampuan untuk melihat detil di kejauhan.

  • 4

    Orientasi Respon - Kemampuan untuk memilih dengan cepat antara dua atau lebih gerakan dalam menanggapi dua atau lebih sinyal yang berbeda (lampu, suara, gambar). Hal ini termasuk kecepatan yang mana respon yang benar dimulai dari tangan, kaki, atau bagian tubuh lainnya.

  • 5

    Perhatian Selektif - Kemampuan untuk berkonsentrasi pada tugas dalam periode tertentu tanpa mudah terganggu.

Cerita terkait profesi ini

Belum ada cerita yang dibagikan untuk profesi ini.
Jadilah yang pertama untuk bagikan ceritamu!

Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Rencanamu ©