Ke halaman sebelumnya
Foto Adi Saputra 
Adi Saputra 
5 tahun yang lalu

Benarkah persepsi bahwa jurusan manajemen menghasilkan lulusan minim skills karena yang dipelajari relatif umum?

Selamat sore. Yth. bapak, ibu dosen dan kakak-kakak mahasiswa, saya ingin bertanya. Saya berminat di bidang studi manajemen, tetapi saya masih berpikir bahwa manajemen bisa dipelajari di luar bangku kuliah. Dan bagaimanakah pandangan bapak/ibu dosen dan kaka-kaka tentang persepsi bahwa jurusan manajemen menghasilkan lulusan minim skills karena yang dipelajari relative general? Selain itu juga banyak pesaing di dunia kerja.

2 Jawaban
Ghilmansyah Amri
Mentor
5 tahun yang lalu

Haloo, nice to e-meet you Adi Saputra :) Pertanyaan kamu merefleksikan diri saya dulu pas nentuin mau milih jurusan apa. To be frank, waktu mau masuk kuliah, ilmu management bukan pilihan pertama saya untuk kuliah. Dulu saya sempat berfikir juga kalo ilmu management ini bisa dipelajari secara otodidak. Bisa dipelajari dari buku, e-book, video, bahkan sekarang ada online free courses platform yang mengajarkan ilmu management. Singkat cerita, saya jadi PresUnivers dan mengambil jurusan management-international business. Satu hal yang penting dan bahkan paling penting, i think, yg saya pelajari ketika kuliah ini adalah karakter :) Saya bisa beli buku, download video, tanya temen atau senior, enroll di free online courses untuk belajar hal2 teknis seperti manajemen, akutansi, bisnis, pajak and even pharmacy etc BUT you cannot buy or download character. Ketika kamu belajar ilmu management, I guarantee, mindset kamu akan terbentuk seperti anak management yg definitely berbeda dari anak akutansi, teknik dll. Lalu, dari mindset itu terbentuklah character yg merupakan value kamu tersendiri. Itulah yg menjadikan setiap jurusan berbeda-beda, karakter. Kalau boleh kasih saran, kamu udah bisa mulai tentuin kamu pengen punya value/ character seperti apa kedepannya. Kalau kamu pengen punya karakter seperti anak manajemen, I welcome you on board Adi!
Jhanghiz Syahrivar
Mentor
5 tahun yang lalu

Di dunia ini pada akhirnya ada manajer yang baik dan manajer yang buruk. Seorang IT bisa jadi manajer, seorang Engineer juga bisa jadi manajer, namun sebaik apa mereka ini menjadi manajer apabila tidak ditopang dengan fondasi ilmu manajemen yang baik. Perusahaan berkembang dan hancur tentu sedikit banyaknya karena peranan manajer. Kekhawatiran Anda terhadap jurusan manajemen itu terjadi mungkin karena universitas tidak memberikan faktor pembeda jurusan manajemen yg mereka kelola dengan jurusan manajemen di univ lainnya. Sehingga seolah-olah tampak general. Namun kalau jurusan manajemen nya baik, akan jelas manfaat dan soft skill2 yang Anda peroleh setelah lulus. Sekian. Salam.
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2021 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1