Cari tahu tentang semua jurusan kuliah disini

Temukan pengalaman dan jawaban dari Mentor Rencanamu dan pengguna lain

Rencanamu
2 tahun yang lalu

Pelajaran yang harus bisa sebagai basic sih yang pasti fisika, kemudian matematika dan statistika. Selain itu sebetulnya lebih ke kemampuan analisa sih. Lebih ke kemampuan ke mana sih, kok ini bagi saya begini dan ini bisa begitu

By : Wahyu - Alumni Jurusan Geofisika UGM

Baca selengkapnya
0 736
Rencanamu
2 tahun yang lalu

Haiii! Dulu aku sebenarnya nggak tau sama sekali kalo geofisika itu ternyata cowok semua. Rada terjebak sih tapi ternyata ada ceweknya juga kok. Happy banget ada kegiatan lapangannya jadi nggak bosen di kampus terus. MIGAS buat perempuan yah berat lumayan. Mau cewek atau cowok tanggungannya sama. Aku di Eksplorasi harus detil banget dan teliti, tapi pasti penasaran banget hidrokarbon ada di mana :)

Kembali lagi ke niat. Lurusnya ke arah mana. Di Industri saat ini perempuan juga harus kuat loh. Kunci kebahagiaan di kelilingi dominan laki2 adalah kita banyak yg jagain hihihi

By : Raysita - Alumni Jurusan Geofisika UGM


Baca selengkapnya
0 661
Rencanamu
2 tahun yang lalu

Kuliahnya sih sama 144 SKS. Basicnya adalah fisika yaa tapi ada pelajaran yg seruu.. Tau tektonik indonesia kan? terus desripsikan batu sampe mineralnya? atau belajar langsung di Dieng untuk pelajaran Geofisika Panas Bumi. Serukan? dari semua matkulnya kamu akan ke guide buat memilih pekerjaan apa :)

By : Raysita - Alumni Jurusan Geofisika UGM

Baca selengkapnya
0 653
Rencanamu
2 tahun yang lalu

Hai! Kalau prospek pekerjaan di geofisika itu ada banyak, misalnya, sebagai orang yang bekerja di BMKG, atau pekerjaan di pertambangan sebagai explorations, atau juga di perminyakan, atau di daerah mitigasi bencana, sebagai peneliti, sebagai badan konsultan pembangunan, sebagai ahli pertanahan, pengusaha juga bisa lho :)

Yang dipelajari beragam, cuma cara fokus kita belajar fisika, matematika, geologi, statistika dan pemetaan.

By : Wahyu - Alumni Jurusan Geofisika UGM

Baca selengkapnya
0 596
Rencanamu
2 tahun yang lalu

Hai! Waw senang sekali pertanyaan nya sangat antusias :)

Kesemua bidang ilmu tersebut (geodesi, geologi, geofisika) adalah cabang ilmu yg berfokus pada penggambaran Bumi. Bedanya apa?

Geodesi, adalah ilmu untuk membuat sebuah pemetaan rupa bumi berdasarkan data spasial. Contoh gampangnya, Google Maps atau google earth yang sekarang kamu liat, itu adalah produk nya anak Geodesi.

Lalu Geologi, adalah cabang ilmu yg berfokus pada penggambaran Bumi melalui unsur batuannya. Kenapa penting? Karena setiap daerah punya karakteristik persebaran batuan yang berbeda, dan persebaran batuan ini akan menjadi indikator apakah di area tersebut ada minyak/tambang atau tidak.

Nah kalau Geofisika apa? Hmmmm pernah lihat hasil USG untuk Ibu2 hamil? Nah darisana kamu bisa liat sesosok bayi kan, dengan kelaminnya dan bentuk fisiknya. Padahal kamu belum liat langsung loh, hanya dari alat2 aja. Gampangnya itulah Geofisika. Kita adalah cabang ilmu yg melihat isi Bumi menggunakan ilmu2 fisika. Contohnya kaya USG tadi

By : Wahyu - Alumni Jurusan Geofisika UGM

Baca selengkapnya
0 5336
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2021 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1