Cari tahu tentang semua jurusan kuliah disini

Temukan pengalaman dan jawaban dari Mentor Rencanamu dan pengguna lain

Gilang Bargamoreno
3 tahun yang lalu

Halo, Gilang! Sebelumnya perkenalkan, namaku Priscilla. Aku mau coba jawab pertanyaan dari kamu ya.

Berdasarkan pengalamanku selama hampir satu tahun di jurusan Hubungan Internasional, tidak ada batas minimum bahasa asing yang harus kita kuasai. Namun, Bahasa Inggris menjadi salah satu komponen utama dalam proses pembelajaran, terutama apabila menggunakan literatur bahasa Inggris untuk keperluan critical review, paper, atau makalah. Selain itu, biasanya nanti di tahun kedua, mahasiswa HI umumnya akan diperkenalkan dengan bahasa asing yang dapat dipilih salah satunya untuk menjadi mata kuliah. Kalau di kampusku, pilihannya adalah Bahasa Arab, Perancis, Jerman, dan Spanyol. 

Kamu juga bisa coba baca beberapa jurnal dari Youthmanual terkait bahasa asing di bawah ini:

https://www.youthmanual.com/post/sudut-pandang/kenapa-belajar-bahasa-inggris-penting-bagi-pelajar-dan-mahasiswa-zaman-now

https://www.youthmanual.com/post/life/how-to/13-tips-belajar-dan-menguasai-bahasa-asing

https://www.youthmanual.com/post/fun/did-you-know/manfaat-yang-pasti-kamu-alami-kalau-kamu-jago-bicara-bahasa-asing

Good luck!

Baca selengkapnya
0 1476
Marilia luciana
3 tahun yang lalu

Halo, Marilia! Sebelumnya, perkenalkan namaku Priscilla. Aku mau coba bantu jawab pertanyaan dari kamu ya.

Sebagai mahasiswi Hubungan Internasional, menurutku prospek kerja dari jurusan ini sangatlah luas. Walaupun, banyak orang yang masih berpikir bahwa lulusan HI hanya dapat melamar kerja sebagai seorang diplomat. Padahal, kenyataannya lulusan HI juga terbuka untuk bekerja di bidang lain seperti jurnalis, analis (pengamat), pramugari, penerjemah profesional, international officer (di beberapa kementerian dan institusi internasional), penulis, politikus, bahkan entrepreneur. So, semangat terus yaa!

Kamu juga bisa baca beberapa jurnal dari Youthmanual terkait Hubungan Internasional:

https://www.youthmanual.com/post/dunia-kerja/karier/5-pilihan-profesi-untuk-lulusan-hubungan-internasional

https://www.youthmanual.com/post/dunia-kuliah/jurusan-dan-perkuliahan/jurusan-101-serba-serbi-jurusan-hubungan-internasional-yang-penting-kamu-ketahui



Baca selengkapnya
0 1281
Eka salsa dewi
3 tahun yang lalu

Hai Eka,

sejak SNMPTN 2019, lintas jurusan sudah tidak diperbolehkan. Jadi, bisa dibilang tidak ada kesempatan untuk anak lintas jurusan diterima di program studi apa pun (tidak hanya untuk anak IPA yang ingin masuk jurusan Hubungan Internasional) di jalur SNMPTN.

Disamping itu, penilaian yang dilakukan dalam SNMPTN adalah otoritas masing-masing PTN. Sampai saat ini, tidak pernah ada transparansi mengenai bagaimana masing-masing PTN menyeleksi calon mahasiswanya di jalur SNMPTN.

Tapi buka berarti kamu nggak bisa masuk jurusan Hubungan Internasional, kok. Kamu tetap bisa mengikuti jalur SBMPTN atau Seleksi Mandiri di PTN atau jalur penerimaan lainnya di masing-masing PTS yang menyediakan.

Agar tahu kecocokan minat dan kemampuanmu dengan jurusan Hubungan Internasional, jangan lupa ikuti tes minat bakat di www.youthmanual.com dulu ya.

Semoga membantu!

Baca selengkapnya
0 2096
Luthfia Puji Rahasti
3 tahun yang lalu

Halo Luthfia! Sebelumnya perkenalkan namaku Priscilla Dewi Kirana. Kali ini aku mau menjawab pertanyaan dari kamu yaa.


Berdasarkan pengalamanku dulu saat mendaftar HI, aku tidak diminta menyerahkan skor TOEFL.  Terutama, pada seleksi Perguruan Tinggi Negeri (PTN). TOEFL di jurusan HI sendiri lebih ditekankan kepada fungsinya untuk mengukur kemampuan kita dalam mengaplikasikan Bahasa Inggris dan digunakan sebagai persyaratan dalam pertukaran pelajar, internship, atau dunia kerja ke depannya. Tetapi hal ini, mungkin berbeda jika untuk  Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yaa. Semoga jawaban aku bisa membantu :) 

Baca selengkapnya
0 1618
Neng Yely
3 tahun yang lalu

Halo Neng Yely, perkenalkan aku Hasna Nadiyah. Kali ini aku yang akan menjawab pertanyaanmu, ya.

Siswa IPA dapat memilih jurusan IPS (lintas jurusan) dalam seleksi SNMPTN. Begitupun sebaliknya. Namun yang perlu diingat peluang untuk lolos sangatlah kecil, dan bergantung pada kebijakan universitas yang menyeleksi. Peluangmu tentu akan lebih besar jika kamu memilih jurusan IPA apalagi di universitas yang sudah memiliki rekaman alumni di sekolahmu.

Meskipun begitu, bukan berarti hal ini tidak mungkin. Berdasarkan pengalaman, di tahun ini aku memiliki teman yang berasal dari IPA, dan ia berhasil lolos jurusan Hubungan Internasional di salah satu PTN melalui jalur SNMPTN. 

Untuk lebih lengkapnya terkait lintas jurusan di SNMPTN kamu dapat membaca artikel Youthmanual satu ini, ya. https://www.youthmanual.com/post/dunia-kuliah/kehidupan-mahasiswa/anak-ipa-daftar-jurusan-ips-di-snmptn

Oh iya, perlu diingat bahwa SNMPTN bukanlah jalur seleksi yang dapat kamu harapkan benar-benar. Saran dariku, akan lebih baik kamu belajar jauh-jauh hari dengan sebaik-baiknya agar dapat unggul bersaing di seleksi SBMPTN bersama pesaing-pesaing lainnya. Semangat!

Baca selengkapnya
0 2447
M Gibran Al Ghani
3 tahun yang lalu

Halo Gibran! Pada dasarnya tidak ada ketentuan untuk jurusan HI mahir bahasa Inggris atau bahasa asing tertentu. Namun, benar bahwa banyak materi perkuliahan atau skill di dalam jurusan ini yang membutuhkan kita belajar dan paham bahasa Inggris. 

Tidak masalah kok kalau memang belajar bahasa inggris sembari masa perkuliahan di jurusan HI. Semangat :)

Baca selengkapnya
0 1674
Nur Hasanah
4 tahun yang lalu

Hi Nur Hasanah,

Terima kasih sudah mengajukan pertanyaan di Tanya Youthmanual, dengan senang hati kami mencoba menjawab pertanyaannya ya.

Pada dasarnya, jurusan Hubungan Internasional khususnya di kampus-kampus di Indonesia tidak mengharuskan mahasiswanya untuk bisa berbahasa asing, bahkan tidak semua kampus menyediakan mata kuliah bahasa asing, termasuk bahasa Inggris. Namun, karena jurusan ini membahas tentang su-isu internasional dan dapat memberikan kamu kesempatan untuk mengikuti berbagai kegiatan di luar negeri, minimal kamu harus mampu berbahasa Inggris. Sehingga kamu dapat memahami buku-buku dan referensi kuliah yang dituliskan dalam bahasa Inggris dan juga dapat berinteraksi dengan banyak orang yang mungkin kamu temui dikampus atau kegiatan didalam maupun luar negeri.

Dunia kerja saat ini juga menuntut untuk setiap orang bisa berbahasa Inggris lho, jadi pastikan kamu mau belajar untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris mu.

Kalau kamu ingin masuk ke jurusan ini, pastikan kalau kamu memang punya minat dan kemampuan di dunia hubungan internasional. Untuk mengetahui kecocokanmu dengan jurusan Hubungan Internasional, ikuti assessment Youthmanual dan eksplorasi program studi Hubungan Internasional dan program studi lainnya disini https://www.youthmanual.com/cari-jurusan/humaniora/hubungan-internasional

Untuk lebih lengkapnya, silahkan baca beberapa artikel Youthmanual tentang jurusan Hubungan Intenasional disini https://www.youthmanual.com/post?src=hubungan%20internasional

Semoga dapat menjawab 2 pertanyaan kamu sekaligus ya. Terima kasih dan good luck!


Baca selengkapnya
0 757
Dion Orlando
5 tahun yang lalu

Halo Dion!

Sampai sekarang panitia SNMPTN maupun panitia penerimaan mahasiswa baru tiap PTN belum pernah memberikan pernyataan resmi mengenai kriteria kelulusan SNMPTN. Informasi resmi sejauh ini hanya bahwa SNMPTN adalah jalur prestasi akademik, jadi prestasi di luar nilai raport hanya bisa dipertimbangkan jika sejalan dengan jurusan yang dipilih. Jadi, yang bisa dilakukan adalah mengusahakan yang terbaik (bisa lihat tipsnya di http://www.youthmanual.com/post/dunia-sekolah/persiapan-kuliah/mau-lolos-snmptn-tahun-2017-nanti-perhatikan-7-hal-ini-dari-sekarang) dan berdoa minta hasil yang terbaik. Youthmanual sedang berusaha mencari tahu juga tentang ini, nantikan ya informasinya :)

Semoga sukses!

Baca selengkapnya
0 1033
Dinda Maghvirah
5 tahun yang lalu

Halo Dinda!

Betul banget jawabannya Jovita. Terima kasih ya Jovita :)

Lowongan pekerjaan di Kedutaan biasanya terbuka untuk lulusan dari berbagai jurusan, tergantung posisi dan jabatannya. Apapun jurusan kuliahmu, kalau berminat bekerja di kedutaan asing kamu perlu menguasai Bahasa Inggris dan bahasa asing lain sesuai negara yang ingin kamu bantu kedutaannya.

Semangat ya!

Baca selengkapnya
0 2790
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2022 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1