Cari tahu tentang semua jurusan kuliah disini

Temukan pengalaman dan jawaban dari Mentor Rencanamu dan pengguna lain

Diana
3 tahun yang lalu

Untuk mapel SMA itu ada Biologi dan Kimia. Kalau FK in general sebenarnya bahasannya banyak dan terintegrasi. Ada anatomi, fisiologi, patologi, parasitologi, fisika, kimia, sampai bahasan nutrisi juga ada.

By : Devina - Jurusan Kedokteran UI

Baca selengkapnya
0 2385
Eliza Andana P
3 tahun yang lalu

Jurusan HAN akan mempelajari tentang negara secara dinamis atau bergerak. Sedangkan HTN adalah kebalikannya.

Baca selengkapnya
0 3674
putri nur rohayati
3 tahun yang lalu

    Haii putrii :)

    aku bantu jawab ya, jadi bagaimana jika anak IPA mengambil jurusan hukum? Ya jawabannya adalah tidak apa- apa, karena tidak ada yang salah.Karena yang namanya lintas jurusan dalam perkuliahan itu hal yang lumrah dan memang sering terjadi. Dan memang,  jika anak IPA masuk ke hukum itu tidak masalah, sebab pada umumnya di peminatan IPA kita dituntut untuk bisa menganalisis masalah lalu menyelesaikannya dengan metode2 yang ada. Hal ini sekaligus juga  bisa kita terapkan di jurusan hukum. Sebab disana perlu kemampuan untuk menganalisis masalah dan mengkaitkannya dengan dasar - dasar hukum yang ada. Seperti itu.

    Fyi, temanku yang dari jurusan IPA juga lumayan banyak yang masuk hukum hehe. Semoga membantu ya putri, tetap semangat! <3

Baca selengkapnya
0 4950
Rani Azizah
4 tahun yang lalu

Halo, Rani!

Jurusan Ilmu Hukum prospek kerjanya bagus, kok! Setelah lulus dari prodi Ilmu Hukum, kamu akan mendapatkan gelar Sarjana Hukum (S.H), setelah itu kamu bisa memilih untuk berkarir sebagai hakim atau jaksa. Selain itu kamu juga dapat memilih mau berkarir sebagai pengacara publik/swasta dan notaris. Untuk menjadi notaris, kamu harus melalui pendidikan kenotariatan terlebih dahulu. Selain profesi-profesi klasik tersebut, sebagai lulusan Ilmu Hukum kamu juga akan dibutuhkan di berbagai perusahaan sebagai legal staff atau di bagian personalia/HRD.

Yang penting, kamu punya skill dan kepribadian yang baik supaya bisa bersaing di dunia kerja nantinya~ Untuk selengkapnya silakan baca di sini ya

https://www.youthmanual.com/cari-jurusan/humaniora/ilmu-hukum?1

Salam,

Valen.

Baca selengkapnya
0 1693
Nia Fitria
4 tahun yang lalu

Halo, Nia!

Menurut saya, wanita bercadar cocok-cocok aja, kok untuk terjun di dunia hukum. Yang penting, kamu udah yakin dengan minat dan kemampuanmu untuk kuliah di jurusan Ilmu Hukum. Kalau masih belum yakin, coba selesaikan Peta Perjalanan di Youthmanual, ya!

Di dunia kerja nanti, yang diutamakan adalah kemampuan dan kepribadian kamu. Jadi, lebih baik kamu fokus dalam meningkatkan kualitas diri. Semoga membantu!

Salam,

Valen.

Baca selengkapnya
0 1196
m maigel alfajar
4 tahun yang lalu

Halo M. Maigel!

Untuk standar nilai UTBK tahun ini belum bisa dilihat karena baru pertama kalinya UTBK . dengan diadakan di tahun 2019. Youthmanual telah mengumpulkan data keketatan masuk program studi di perguruan tinggi negeri dan beberapa perguruan tinggi swasta di Indonesia. Kamu bisa memilih program studi hukum di perguruan tinggi dengan melihat tingkat keketatan atau persaingan untuk masuk ke prodi hukum di perguruan tinggi tertentu.

Cari tahu lebih lanjut di halaman youthmanual.com/cari-kampus dan pilih kampus yang kamu inginkan. Semakin rendah persentase tingkat keketatannya artinya semakin tinggi persaingan untuk masuk ke program studi di kampus tertentu.

Semoga membantu ya :)

Baca selengkapnya
0 1699
Dina
4 tahun yang lalu

Haloo, Dina. Aku mau bantu jawab pertanyaanmu ya :) Kenalin, aku Tria. Mahasiswa semester 4 fakultas hukum Undip. 

Dulu aku pernah daftar SNMPTN dan belum ketrima, hehe. Akhirnya aku banting setir ke SBMPTN. 

Aku mempersiapkan SBMPTN semenjak 1 bulan sebelum tes SBMPTN. 1 bulan itu tepat saat waktu jeda antara UN dan SBMPTN. 

Gak ada yang perlu diunggulkan dalam materi tertentu kok Dina. Hanya saja, km harus bisa mengerti kelebihan kemampuanmu. Jadi usahakan kemampuanmu itu bisa mendongkrak nilaimu (tapi seimbangkan juga yang lainnya). 

Misalnya ketika kamu bisa geografi, berarti km harus mampu menargetkan sampe mana poin geografimu. Begitupun yang lainnya. Apalagi dengan sistem SBMPTN sekarang. 

Selalu update pula soal2 yg km pelajari. Dan banyak2 latihan soal ya. Km juga harus tekun dan jangan malas untuk trus berlatih mengerjakan segala tipe soal. 

Dan yang paling utama adalah doa. Berdoalah dan minta diberikan yang terbaik oleh Tuhan. 

Jangan lupa untuk baca2 artikel youth manual ya Dina! Semangat untuk mengejar jurusan yang kamu impikan!


Baca selengkapnya
0 1482
ARIF MUDA HASIBUAN
3 tahun yang lalu
Izin menjawab. Bisa kok. Hanya saja emang tetap harus berlatih berinteraksi dengan manusia lainnya, karena komunikasi dengan sangatlah penting. Minimal mampu bersosial, latihan saja ketika berkuliah di dalamnya. Saya meyakini jika memang punya keyakinan kuat menjadi seorang praktisi hukum, dia akan memancing diri agar tetap bisa bicara, minimal dalam keseharian ataupun diskusi. 
Baca selengkapnya
0 2088
Jatun R
3 tahun yang lalu

Hai Jatun,

memilih jurusan sesuai dengan kesempatan di masa yang akan datang memang tidak salah. Tapi, jangan lupa kalau kamu juga harus membertimbangkan apa yang menjadi cita-cita kamu di masa depan. Kira-kira, jika kamu punya cita-cita untuk bekerja sebagai profesi tertentu, ilmu dan kemampuan mana yang paling relevan dengan profesi impianmu: hukum atau manajemen?

Ingat, di dunia kerja nanti, bukan masalah kamu aja yang akan mencari kerja. Perusahaan pun juga mencari orang-orang yang bisa bekerja. Percuma kalau cuma punya titel tapi nggak punya ilmu dan pengetahuan yang dibutuhkan di dunia kerja.

untuk melihat jurusan kuliah mana yang paling sesuai dengan minat dan kemampuanmu, jangan lupa ikut tes minat bakat di www.youthmanual.com ya.

Semoga membantu!

Baca selengkapnya
0 6186
Gabriele
3 tahun yang lalu

Haloo Gabriele :) aku mau coba jawab pertanyaanmu dari segi mahasiswi hukum ya.. 

Kalo kriminologi itu ilmu yang mempelajari mengenai kejahatan yang terjadi beserta pendalaman ilmunya sendiri. Kalo di ilmu hukum, ilmu hukum itu terbagi atas beberapa jurusan yang salah satunya adalah hukum pidana. Nah di hukum pidana itu lah kita mempelajari mengenai kejahatan dsb dan lebih ke pengaturannya. 

Btw, di jurusan ilmu hukum juga kita dapet mata kuliah kriminologi kok. 

Okee, begitu singkatnya begitu ya.. 


Baca selengkapnya
0 1417
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2022 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1