Cari tahu tentang semua jurusan kuliah disini

Temukan pengalaman dan jawaban dari Mentor Rencanamu dan pengguna lain

Fajar
5 tahun yang lalu

Hi Fajar! Ini ada list mata kuliah untuk jurusan perbankan syariah dari UIN Jakarta https://feb.uinjkt.ac.id/program-studi/perbankan-syariah/

Semoga membantu :)

Baca selengkapnya
0 1620
Agim Sandiana Ganesa
5 tahun yang lalu

Halo, Agim!

Keduanya sama-sama mempelajari tentang manajemen. Bedanya, manajemen bisnis akan lebih berfokus pada bagaimana suatu bisnis berjalan, seperti operasional, keuangan, sumber daya manusia, hingga pemasaran juga dipelajari. Namun, semua dipelajari hanya sebatas konsep umumnya saja. Sama seperti jika kamu ingin menjalankan bisnis, ilmu dari jurusan ini bisa menjadi bekal kamu.
(baca detailnya disini:
https://www.youthmanual.com/cari-jurusan/ekonomi-bisnis/manajemen-bisnishttps://www.youthmanual.com/post/dunia-kuliah/jurusan-dan-perkuliahan/kenalan-lebih-dekat-dengan-program-studi-manajemen-bisnis)

Sedangkan jurusan manajemen pemasaran, juga mempelajari dasar-dasar manajemen hanya saja fokusnya lebih kepada bidang pemasaran, seperti perilaku konsumen, pemasaran produk dan jasa, hingga pemasaran digital.
(baca detailnya disini:
https://www.youthmanual.com/cari-jurusan/ekonomi-bisnis/manajemen-pemasaran-marketing-
https://www.youthmanual.com/post/dunia-kuliah/jurusan-dan-perkuliahan/serba-serbi-pilihan-konsentrasi-di-jurusan-manajemen)


Baca selengkapnya
0 15884
Wulan Dwi Safitri
5 tahun yang lalu

Halo, Wulan!

Di program studi Pariwisata, yang dipelajari adalah semua hal yang berkaitan dengan pariwisata meliputi manajemen destinasi, tour and travel, dan perhotelan. Mata kuliah jurusan Pariwisata cukup beragam mulai dari Psikologi, Bahasa Asing, Geografi, dan Bisnis.

Sementara, Manajemen Bisnis Pariwisata adalah suatu ilmu yang mempelajari tentang tindakan perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengendalian yang dilakukan untuk menentukan serta mencapai sasaran yang telah ditentukan melalui pemanfaatan sumberdaya manusia dan sumberdaya lainnya dalam bisnis pariwisata. Mata kuliahnya lebih banyak berhubungan dengan manajemen dan bisnis.

Untuk lebih lengkapnya bisa kamu cek di sini, ya!

https://www.youthmanual.com/cari-jurusan/ekonomi-bisnis/manajemen-bisnis-pariwisata

https://www.youthmanual.com/cari-jurusan/profesi-dan-ilmu-terapan/pariwisata

Salam,

Valen.

Baca selengkapnya
0 4863
Nur Afiah Ramadhani
5 tahun yang lalu

Halo, Nur!

Bisa banget kok! Apalagi kalau kamu mengambil jalur tes atau SBMPTN. Yang penting adalah bagaimana kamu melakukan persiapan untuk tes tersebut. Ini ada tips untukmu agar bisa mengambil jurusan yang kamu inginkan ya.

https://www.youthmanual.com/post/panduan-masuk-smk/panduan-persiapan-kuliah-untuk-lulusan-smk/apa-yang-harus-dipersiapkan-anak-smk-sebelum-memasuki-dunia-kuliah

https://www.youthmanual.com/post/dunia-sekolah/persiapan-kuliah/tanya-youthmanual-tips-sukses-sbmptn-lintas-jurusan

Baca selengkapnya
0 1438
DIVA MAULIDIYAH ANNIZAR
5 tahun yang lalu

Halo, Diva!

Tentu bisa dong! Apalagi SMK jurusan akuntansi masih nyambung banget dengan jurusan kuliah manajemen bisnis.

Untuk lebih detail tentang jurusan manajemen bisnis, kamu bisa baca disini ya:

https://www.youthmanual.com/cari-jurusan/ekonomi-bisnis/manajemen-bisnis

Semoga membantu!

Baca selengkapnya
0 2615
Jodi
5 tahun yang lalu

Halo, Jodi!

Berhitung seperti apa nih yang kamu kurang suka?

Kalau entrepreneur atau technopreneur, pasti ada hitungannya, tapi bukan hitungan rumit seperti di teknik sih. Lebih ke logika dan statistik aja. Saranku sih, kalau kamu memang ingin jadi entrepreneur, nggak perlu takut untuk belajar matematika bisnis. Nggak serumit itu kok. Kalau kamu menghindari hitungan, coba bayangkan, bagaimana seorang pengusaha bisa menghuting keuntungan dan kerugian dari bisnisnya?

Semoga membantu!

Baca selengkapnya
0 1367
Syhrzl Zebua
5 tahun yang lalu

Halo, Syhrzl!

Secara umum sih manajemen di kampus mana saja kurikulumnya nggak jauh beda. Tapi kalau kamu mau membandingkan jurusan manajemen di 2 kampus berbeda, kamu bisa lihat silabusnya disini

UNEJ: http://manajemen.feb.unej.ac.id/study-plan/

UNAIR: http://manajemen.feb.unair.ac.id/kurikulum-s1/

Semoga membantu!

Baca selengkapnya
0 2017
Fhatin Dalila
5 tahun yang lalu

Haii aku bantu jawab yaa sobat :), jadi kedua prodi tersebut memiliki beberapa perbedaan. Berikut akan aku jelaskan,tapi aku mau klarifikasi dulu ya ,kalo info yang aku kasitau ini berdasar pengalamanku di tahun pertamaku ini  dan yang aku lihat dari teman2 ku yang kuliah di jurusan MBTI.Aku berharap infonya bisa membantu kamu hehe .Jadi gini, kedua prodi tersebut memiliki perbedaan, dari namanya bisa dilihat. Selain itu, kedua jurusan tersebut juga berada di bawah naungan fakultas yang berbeda. Jurusan Ilmu Komunikasi berada di bawah naungan Fakultas Komunikasi dan Bisnis (FKB) ,dan Jurusan MBTI berada di bawah naungan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB). Itu secara umumnya ya, kalo perbedaan lainnya yaitu tentunya apa yang dipelajari. Walau sama - sama belajar tentang bisnis juga , namun jurusan MBTI itu lebih menekankan lagi daripada ilmu komunikasi. Di semester awal yaitu smt 1 yang aku pelajari di ilmu komunikasi itu masih dasar2, dan lebih banyak menjurus ke pengantar apa itu komunikasi, manfaat, prinsip, dll. Sedangkan untuk mata kuliah  yang lebih mengarah ke bisnis itu baru sedikit, malah hanya satu mata kuliah saja yaitu Pengantar Ilmu Sosial dan Bisnis ( PISB).Secara umum yang aku tahu seperti itu. Nah Kalo masalah kekurangan - kelebihan peminatan di masing2 prodi tersebut aku masih kurang tau karena aku masih Tk I jadi belum mengambil peminatan.Dan saranku kalo kamu berminat di keduanya, kamu harus bisa lebih spesifikan lagi minatmu kemana. Karena kalo di jurusan MBTI itu belajarnya bisnis dan juga disertai dengan pengaplikasian perkembangan teknologi, maka dari itu disebut Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika. Jadi itu ajaa sobat, maaf kalo ada yang kurang , karena aku juga masih belajar. Hehe semoga membantu ya :) Semangat!

Baca selengkapnya
0 2468
Siti Riska Danisa
5 tahun yang lalu

Halo Siti! Ilmu-ilmu manajemen sangat berguna di berbagai bidang. Kebetulan aku sendiri saat ini berkuliah di jurusan Manajemen Aset yang banyak membahas pengelolaan aset dan barang milik negara. Secara garis besar dan seperti nama jurusannya, jurusan Manajemen membahas ilmu-ilmu manajemen secara general atau umum. Sedangkan Manajemen Bisnis membahas ilmu-ilmu manajemen yang lebih spesifik digunakan dalam dunia bisnis, seperti pengelolaannya, kewirausahaan dan tidak sedikit juga membahas ilmu-ilmu bisnis.. 

Jadi perbedaan terletak pada spesifisitas ilmu yang dipelajari. Nah, untuk memberi pemahaman lebih soal masing-masing jurusan, kamu bisa cek link di bawah ini ya!

Manajemen

https://www.youthmanual.com/cari-jurusan/ekonomi-bisnis/manajemen

Manajemen Bisnis

https://www.youthmanual.com/cari-jurusan/ekonomi-bisnis/manajemen-bisnis

Semoga jawaban di atas bisa membantu kamu!

Baca selengkapnya
0 40842
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1