Cari tahu tentang semua jurusan kuliah disini

Temukan pengalaman dan jawaban dari Mentor Rencanamu dan pengguna lain

Firsty Ukhti Molyndi
3 tahun yang lalu

Halo, Firsty!

Di Sistem Informasi, ada beberapa mata kuliah yang membutuhkan ilmu matematika, seperti Matematika Dasar 1 (Kalkulus, seperti materi SBMPTN/UTBK), Aljabar Linier, Statistika dan Probabilitas. Lalu, karena kamu akan menjadi calon programmer, kamu juga akan mempelajari Matematika Diskrit yang membahas teori logic, relasi, dan graf.

Selain itu, ada mata kuliah akuntansi juga lho, yaitu SIAK (Sistem Informasi Akuntansi Keuangan). Aku yakin kamu pasti sangat bisa di mata kuliah ini! :D

Menjadi seorang programmer tidak harus memiliki matematika kuat, tapi harus memiliki problem-solving dan logika yang kuat. Hal ini berlaku pada matematika, ilmu yang pada penerapannya menuntut untuk berhitung dan menyelesaikan masalah baik teori maupun kehidupan sehari-hari (soal cerita). 

Apabila kamu merasa payah untuk sekarang, banyak-banyak belajar soal matematika SMA, karena sangat terpakai ketika kamu mengambil jurusan SI nanti. Tenang saja! Banyak mata kuliah lain yang akan mendukungmu menjadi semakin mahir di matematika dan pengaplikasiannya. Kamu bisa belajar seiring waktu, bahkan bersama teman-temanmu.

Semangat jadi calon programmer! Semoga membantu.

Baca selengkapnya
0 1151
Talita dyas aprilia
3 tahun yang lalu

Hi Talita, perkenalkan saya Irfan, bagian dari Tim Mentor Youthmanual.

Saya kutip konten Youthmanual di jurusan Teknik Informatika ya (https://www.youthmanual.com/cari-jurusan/komputer-teknologi/teknik-informatika):

"Perkembangan Teknologi Informasi yang pesat membuka peluang karier lulusan Teknik Informatika atau Ilmu Komputer lebih lebar. Kebutuhan terhadap keahlian teknik informatika sangat besar, terutama bagi mereka yang menyukai dunia teknologi, komputer dan pemrograman. Menurut Bureau of Labor and Statistik (BLS), bidang Informatika adalah salah satu profesi yang akan tumbuh sangat pesat antara 2014-2024 dengan tingkat pertumbuhan rata-rata sebesar 12%, diatas rata-rata bidang profesi pada umumnya. Lulusan Teknik Informatika memiliki prospek kerja yang luas dan bervariasi, misalnya sebagai software engineer & developer (pengembang perangkat lunak), analis, konsultan, ahli jaringan, keamanan sistem dan jaringan serta bertanggung jawab mengkoordinasikan pembangunan, pemeliharaan, dan perluasan sistem komputer dalam sebuah organisasi."

Walaupun begitu, sering kali lulusan dari jurusan Teknik Informatika belum memiliki skill yang cukup untuk dapat diserap oleh perusahaan Unicorn ataupun perusahaan besar lainnya. Oleh karena itu, mahasiswa Teknik Informatika harus punya visi jauh selama kuliah. Asah kemampuan teknikal dan soft skill kamu, dalami satu teknologi terbaru yang kamu lihat memiliki prospek besar di masa depan. Rencanakan dan jalani masa kuliahmu dengan maksimal agar dapat meraih masa depan terbaikmu.

Saya sendiri secara personal berusaha mengawali sesuatu dengan doa. Semoga jawaban ini bermanfaat. Salam!


Baca selengkapnya
0 4133
Pranadita Kusuma Jaya
3 tahun yang lalu

Halo, Pranadita!

Ada banyak lulusan Sistem Informasi yang dibutuhkan di masa depan, karena banyak perusahaan yang membutuhkan solusi untuk sistem, terutama karena sudah Revolusi Industri 4.0. Tetapi kalau menurutku, profesi yg sangat dibutuhkan adalah Business Analyst dan System Analyst.

Sebagai seorang Business Analyst, kamu akan mengidenfitikasi kondisi perusahaan sekarang lalu membantu merencanakan masa depan dan membuat solusi yang sesuai dengan tujuan perusahaan tsb. 

Sebagai seorang System Analyst, kamu akan menggunakan komputer dan sistem untuk merancang solusi terbaru menggunakan IT, lalu memodifikasi, meningkatkan atau mengadaptasi sistem yang ada dan mengintegrasikan perbaikan baru, semuanya dengan tujuan meningkatkan efisiensi dan produktivitas bisnis.

Hal yang perlu kamu persiapkan yang pasti soft skill dan hard skill kamu. Dalam soft skill, kamu harus meningkatkan kemampuan analisis, logika, dan menyelesaikan masalah, serta meningkatkan cara berkomunikasi kamu untuk bertemu client nanti. Dalam hard skill, kamu perlu mengerti cara mengolah data, ngoding dengan berbagai bahasa, mengerti tentang bisnis terutama Enterprise Resources Planning dan Customer-relationship Management, dan tentang sistem informasinya sendiri.

Semangat! Semoga membantu.

Baca selengkapnya
0 1485
Stefie Carolina
4 tahun yang lalu

Hi Stefie,

Terima kasih sudah bertanya di Tanya Youthmanual. Senang lho bertemu dengan siswa yang punya rasa ingin tahu besar seperti kamu. Mengenai jurusan sistem informasi, jurusan ini nantinya akan banyak mempelajari komputer dari sisi manajemen proyek dan pengembangan softwarenya, terutama database.
Lengkapnya bisa kamu cek di 
https://www.youthmanual.com/post/dunia-kuliah/jurusan-dan-perkuliahan/inilah-perbedaan-jurusan-teknologi-informasi-teknik-informatika-sistem-informasi-ilmu-komputer-dan-teknik-komputer

Lalu mengenai kampus, PTN atau PTS sama baiknya. Sebaiknya kamu mulai dengan menentukan dulu nih apa preferensi kampus kamu. Apakah akreditasinya? Mayoritas lulusannya? Lingkungannya? Jarak ke rumah? Kegiatan non akademisnya?
Setelah menentukan preferensi tersebut, kamu harus melakukan riset. Bisa dengan ke laman kampus di youthmanual.com/eksplorasi atau ngobrol-ngobrol dengan kakak kelas kamu yg kuliah di kampus tsb.

Jangan lupa juga untuk diskusikan dengan orang tua mengenai pilihan kampus kamu yaa!

Lebih lanjut, kamu bisa cek artikel kita di sini:

https://www.youthmanual.com/post/dunia-sekolah/persiapan-kuliah/langkah-praktis-dalam-meriset-dan-memilih-kampus-yang-tepat

https://www.youthmanual.com/post/dunia-sekolah/persiapan-kuliah/hindari-kesalahan-kesalahan-ini-ketika-memilih-kampus 

Good luck! :)

Baca selengkapnya
0 1411
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2021 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1