Cari tahu tentang semua jurusan kuliah disini

Temukan pengalaman dan jawaban dari Mentor Rencanamu dan pengguna lain

Rencanamu
3 tahun yang lalu

Semua jurusan punya lika likunya masing masing, untuk mahasiswa baru lika likunya masih harus banyak adaptasi dari kebiasaan SMA ke mahasiswa. Matkul yang jd dasar untuk jurusan ini fisika dan matematika. Tips n triknya banyak banyak cari tau prospek pekerjaan sipil biar jdi semangat buat lanjut kuliah ke teknik sipil

By : Kinan - Jurusan Teknik Sipil ITENAS

Baca selengkapnya
0 1417
Rencanamu
3 tahun yang lalu

Aku perempuan loh.. hahaha, ngga kok ngga akan kerepotan. Malahan bisa pas, soalnya disini dituntut teliti, disiplin, detail, terstruktur, dan sistematis gitu. Jadi sifat perempuan bangettt hihihi. Itungan-itungan, logika dsb.. masih bisa survive kok kita, insyaallah ngga akan bikin baper kok

By : Adel - Alumni Teknik Industri UBAYA

Baca selengkapnya
0 1201
Rencanamu
3 tahun yang lalu

Heloo, hal paling nggak disangka adalah... Ternyata masuk jurusan arsitektur bener-bener sesibuk ini. Karena sebelumnya cuma denger aja, ternyata emang bener. Pepatah bilang anak arsitektur kurang itu tidur itu tepat banget. Tapi seru juga karena kita nggak sendiri. Makin deket sama temen seangkatan bahkan kating :) persiapan masuk arsi yaa mental sekuat baja menahan revisi bertubi-tubi juga siap begadang...

By : Firdan - Jurusan Arsitektur ITENAS

Baca selengkapnya
0 2047
Rencanamu
3 tahun yang lalu

Halo, sederhananya arsitektur itu mengacu pada design dan struktur, sedangkan sipil lebih kepada pendalaman struktur :)

By : Firdan - Jurusan arsitektur ITENAS

Baca selengkapnya
0 1338
Rencanamu
3 tahun yang lalu

Helo, yang harus dimaksimalkan kemampuan berhitung, telaten dan mengatur skala prioritas :) Nggak harus jago gambar.. Nanti bisa ngikutin. Toh, di teknik biasanya gambarnya ala teknik, jadi banyak pake penggaris, bahkan komputer.

By : Firdan - Jurusan arsitektur ITENAS

Baca selengkapnya
0 1116
Radithya Sandya
4 tahun yang lalu

saya coba jawab ya 

tidak harus demikian, yang pasti jika sudah bisa ya itu sangatlah membantu, karena saat kuliah kita diajarkan dasar2 keilmuan kita dalam kuliah jurusan itu 

sebaiknya selagi masih ada waktu belajar saja sedikit2 dari sekarang ya :)

semoga bermanfaat 

Baca selengkapnya
0 1409
Ifa
4 tahun yang lalu

Halo, Ifa!

Tenang saja, saat ini untungnya bagi perempuan bisa diterima dimana saja asalkan kamu masuk kualifikasi atau lolos tes masuk. Apalagi di teknik sipil, walaupun teknik, nggak sedikit kok perempuan yang bergelut di bidang ini. Jadi, jangan takut untuk memilih teknik sipil jika ini memang jurusan yang kamu mau ya.

Kamu bisa membaca cerita-cerita mahasiswa di jurusan teknik sipil, yang ada juga yang cewek disini ya:

https://www.youthmanual.com/cari-jurusan/teknik/teknik-sipil

Semoga membantu!

Baca selengkapnya
0 823
WindaNK
4 tahun yang lalu

Halo, WindaNK!

Kalau kamu merasa kurang di menggambar, kamu bisa memilih teknik sipil. Di teknik sipil, gambar ada tapi lebih ke gambar teknik. Bukan seperti di arsitektur yang gambarnya lebih ke desain dan ide visual.

Tapi, kalau kamu mau lebih yakin, coba ikut asesmen di Youthmanual. Nanti kamu bisa melihat kecocokan antara minat dan kemampuanmu dengan jurusan arsitektur dan teknik sipil. Dari sana, nanti kamu bisa tahu mana yang lebih cocok untukmu.

Semoga membantu!

Baca selengkapnya
0 5362
Aryawisesa Wisesa
5 tahun yang lalu

Hi Arya!

Wah senang sekali bertemu dengan anak yang sudah memikirkan jurusan kuliah sejak kelas 10. Berdasarkan pengalaman peserta SNMPTN dari tahun ke tahun, pola anak-anak yang lulus SNMPTN biasanya sama:
1. Memiliki nilai rata-rata yang meningkat dari semester 1 sampai semester 5.
2. Ada alumni sekolah kamu yang diterima di jurusan tujuan kamu.
3. Memiliki sertifikat/piagam level nasional, lebih baik pagi apabila kamu pernah menjuarai suatu lomba tingkat nasional.

Kamu bisa baca-baca juga artikel mengenai SNMPTN di sini yaa:
https://www.youthmanual.com/post?src=snmptn 

Good luck!

Baca selengkapnya
0 1838
William Supardjo
6 tahun yang lalu

Halo William!

Di negara yang masih membutuhkan pembangunan infrastruktur seperti Indonesia, lulusan Teknik Sipil masih banyak dibutuhkan (lengkapnya bisa baca di http://www.youthmanual.com/post/dunia-kerja/karier/10-profesi-yang-paling-dibutuhkan-di-dunia-serta-alasan-mereka-dibutuhkan). Akan lebih baik lagi kalau kamu kuliah Teknik Sipil dan punya ide inovatif yang bisa membantu mengatasi masalah infrastruktur terkait wilayah Indonesia yang luas dan tersebar berupa pulau-pulau lho!

Semangat ya dans emoga sukses!

Baca selengkapnya
0 801
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2022 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1