Ke halaman sebelumnya
Foto Chairunnisa Ilmi S
Chairunnisa Ilmi S
5 tahun yang lalu

Keluarga berfikiran bahwa saya tdk harus berkuliah utk sukses. Bagaimana solusinya?

Assalamualaikum kakak2 yg cool banget B-). Saat keluarga bekerja sbg pedagang dan tdk ada satupun yg kuliah , maka mereka berfikiran tetap bahwa saya tdk harus berkuliah utk sukses. Pertanyaannya , bagaimana jurus kuat mematahkan pemikiran keluargaa macam itu? Thanks kak :)

2 Jawaban
Yoga Febrian Pratama 
Mentor
5 tahun yang lalu

Halo! Saranku adalah mulai dari menjelaskan kenapa kuliah itu penting, bisa dilihat di atas ya kenapa. Kedua temukan alasan kenapa menurut mereka tidak perlu kuliah. Umumnya sih berhubungan dengan biaya, jadi ingatkan juga bahwa di universitas itu banyak sumber dana jika kamu serius mencarinya. Mulai searching dari sekarang dan jelaskan ke kedua orangtuamu. Satu lagi, iya betul kamu bisa sukses walau ga kuliah. Tapi kalau kamu kuliah, kemungkinan kamu sukses juga akan meningkat karena pada dasarnya kuliah itu mempersiapkan kamu untuk dunia kerja. Jadi kalau bisa kuliah, kenapa tidak? Salam!
Aulia Risyda 
Mentor
5 tahun yang lalu

Wah ceritanya mirip sama kisah di novel sang pemimpi karya andrea hirata deh :') Dikisah sang pemimpi tsb, Ikal hidup di Belitong dengan warga yang menganggap sekolah itu tidak terlalu penting, yang penting bisa bekerja minimal jadi kuli timah. Tapi Ikal dkk punya semangat yang tinggi untuk bisa menempuh pendidikan yang tinggi, menurut keyakinan mereka pendidikan bisa memperbaiki kualitas hidup mereka. Dan akhirnya mereka membuktikan dengan cara bisa bersekolah sampai Sorbonne, menjadi orang yang kaya khususnya dalam pengalaman hidup. Aku sertakan ya kutipan yang menyentuh dari novel tersebut, ”Mungkin setelah tamat SMA kita hanya akan mendulang timah atau  menjadi kuli,tapi disini Kal,di sekolah ini,kita tak akan pernah mendahului nasib kita!!” Mendahului nasib! Dua kata yang menjawab kekeliruanku memaknai arah hidupku.Pesimistis tak lebih dari sikap takabur mendahului nasib. ”Kita lakukan yang terbaik di sini!!Dan kita akan berkelana menjelajahi  Eropa sampai ke Afrika!! Kita akan sekolah ke Prancis!!Kita akan menginjakkan kaki di altar suci almamater Sorbonne!Apa pun yang terjadi!!' Saranku, kamu coba baca novel ini, mudah-mudahan kamu punya alasan yang kuat untuk meyakinkan orang tuamu, bahwa kuliah itu penting ^^
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2021 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1