Cari tahu tentang semua jurusan kuliah disini

Temukan pengalaman dan jawaban dari Mentor Rencanamu dan pengguna lain

Rencanamu
2 tahun yang lalu

Oke, susahnya bekerja di pertambangan ya.

Hhmm, gimana kalau mulai dari detik ini, nggak gunakan kata susah, tapi "menantang". Oke? Deal? Karena kalau susah orang cenderung menjadi enggan, tapi kalau menantang, waww, semua suka tantangan kan walau sulit? Karena ada hadiahnya hehe.

Okee kalau gitu, apa sih yg paling menantang dari bekerja di dunia tambang.

(1) Waktu. Sudah tau sistem kerja di tambang manapun pada umumnya? Kami bekerja dua bulan di site kemudian dapat libur dua minggu. Istilahnya, kami jauh dari keluarga.

(2) Lokasi. Karena pertambangan batubara notabene berada di remote area atau wilayah terpencil, duhhh jangan harap kamu bisa nonton Avenger Premiere disana ya. Kaga bakalll Jaenab, palingan nontonnya di IndoXXI. Hehe. Maap bajakan.

(3) Keras. Yups, dunia tambang itu soal mental. Ilmu aja ga cukup. Kenapa? Ilmu yg kamu dipelajari di kelas soal bagaimana cara menambang, itu hanya akan teraplikasi kan di selembar kertas ujian. Kalau di lapangan, ilmu yg kamu pelajari di kelas, itu harus disalurkan ke mereka2 para pekerja dan langsung diaplikasikan ke muka bumi. Risiko nya? Kalau kamu salah, kita semua merugi

By : Wahyu - Alumni Jurusan Geofisika UGM

Baca selengkapnya
0 583
Rencanamu
2 tahun yang lalu

Hai, kita coba clear kan pertanyaan ini ya. Kamu sendiri ingin masuk ke dunia tambang sebagai ahli tambang ya. Untuk masuk jurusan yg berkaitan dengan pertambangan, memang secara syarat adalah jurusan IPA. Karena background scientific ada di jurusan ini dan kita bekerja juga sejalan dengan background ini. Oiya, jurusan Geografi juga bisa banget loooh.

Masa kuliah secara aktual, emang agak lama dibandingkan jurusan lain. Lama bukan karena sulit nya ya, tapi lama karena kamu kan nanti setelah lulus harus mengaplikasikan ilmu kamu langsung ke muka Bumi. Bumi loh ini, jadi sekalinya salah ya repot kan. Yang buat lama adalah kita harus sebisa mungkin ambil banyak kerja praktek baik itu di lapangan langsung ataupun ke beberapa perusahaan untuk menambah wawasan dan pengalaman, serta meningkatkan sense kita sebelum masuk dunia kerja. In average , kuliah di bidang mining and oil gas 4 - 5 tahun

By : Wahyu - Alumni Jurusan Geofisika UGM

Baca selengkapnya
0 10926
Genta Ananda Putra Kharisma
5 tahun yang lalu

Halo Genta!

Apa yang Henora sarankan bener banget! Makasih ya Henora :)

Yuk kepo tentang masing masing jurusan di sini http://www.youthmanual.com/cari-jurusan/teknik .

Good luck!

Baca selengkapnya
0 2895
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2021 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1