Cari tahu tentang semua jurusan kuliah disini

Temukan pengalaman dan jawaban dari Mentor Rencanamu dan pengguna lain

Rencanamu
2 tahun yang lalu

Hai, kita coba clear kan pertanyaan ini ya. Kamu sendiri ingin masuk ke dunia tambang sebagai ahli tambang ya. Untuk masuk jurusan yg berkaitan dengan pertambangan, memang secara syarat adalah jurusan IPA. Karena background scientific ada di jurusan ini dan kita bekerja juga sejalan dengan background ini. Oiya, jurusan Geografi juga bisa banget loooh.

Masa kuliah secara aktual, emang agak lama dibandingkan jurusan lain. Lama bukan karena sulit nya ya, tapi lama karena kamu kan nanti setelah lulus harus mengaplikasikan ilmu kamu langsung ke muka Bumi. Bumi loh ini, jadi sekalinya salah ya repot kan. Yang buat lama adalah kita harus sebisa mungkin ambil banyak kerja praktek baik itu di lapangan langsung ataupun ke beberapa perusahaan untuk menambah wawasan dan pengalaman, serta meningkatkan sense kita sebelum masuk dunia kerja. In average , kuliah di bidang mining and oil gas 4 - 5 tahun

By : Wahyu - Alumni Jurusan Geofisika UGM

Baca selengkapnya
0 10926
Mila Mey Linda
3 tahun yang lalu

Halo Mila! Bisa kok, asalkan kamu mengambil ujian SOSHUM untuk mendaftar lewat SBMPTN. Kalau ingin melalui SNMPTN mungkin agak susah yaa karena lintas jurusan. #FYI di IPB ada Fakultas Ekonomi dan Manajemen (FEM) yang hanya menerima calon mahasiswa dari program IPA. Di FEM ini ada beberapa jurusan, salah satunya Ekonomi Syariah (mungkin kamu tertarik). 

Semoga membantu :)

Baca selengkapnya
0 2841
Sabrina Ummu Hanifah
3 tahun yang lalu

Halo Sabrina! Perkenalkan, aku Shania. Izin menjawab yaa. Kamu bisa kok masuk jurusan Psikologi walaupun dari program IPA. Ada 2 pilihan:

1. Mengambil jurusan Psikologi di perguruan tinggi yang menerima calon mahasiswa dari program IPA (contohnya UNPAD dan UNS) untuk selengkapnya bisa kamu cek di http://www.youthmanual.com/post/dunia-kuliah/jurusan-dan-perkuliahan/5-ptn-dengan-prodi-psikologi-saintek-anak-ipa-wajib-cek.

2. Mengaikuti ujian SOSHUM untuk masuk jurusan psikologi di luar perguruan tinggi yang tercantum di atas.

Oh iya, ini juga ada informasi mengenai perbedaan jurusan psikologi SAINTEK dan SOSHUM yang sabi banget buat dicekk http://www.youthmanual.com/post/dunia-kuliah/jurusan-dan-perkuliahan/bedah-jurusan-psikologi-soshum-ips-dan-psikologi-saintek-ipa-beserta-pilihan-kampusnya

Semoga membantu yaa:)

Baca selengkapnya
0 942
Zaky Yoana Putri
3 tahun yang lalu

Hai Zaky Yoana,

kenapa nggak? Jika kamu merasa sudah punya minat yang spesifik dalam hal manajemen keuangan, bisa saja bidang ini sejalan dengan cita-cita kamu di masa depan. Jika jawabannya ya, kamu tinggal meningkatkan kemampuan yang dibutuhkan untuk dapat berkarier di bidang manajemen keuangan dan terus mencari tahu kesempatan apa yang ada untuk kamu di dunia kerja dalam bidang manajemen keuangan.

Agar kamu semakin yakin dengan pilihanmu, kamu bisa mengecek kecocokan bidang manajemen keuangan berdasarkan minat dan kemampuanmu di www.youthmanual.com ya. Jangan lupa untuk cari tahu lebih dalam lagi seputar manajemen keuangan (terutama jurusan kuliah dan prospek kariernya) agar kamu nggak sampai salah persepsi mengenai apa yang sebenarnya dipelajari di manajemen keuangan dan karier seperti apa yang relevan untuk seorang lulusan manajemen keuangan. Semuanya bisa kamu baca di sini:

https://www.youthmanual.com/cari-jurusan/ekonomi-bisnis/manajemen-keuangan

Semoga membantu!

Baca selengkapnya
0 807
Winda Asmarawati
3 tahun yang lalu

Halo, Winda!

Menurutku, kamu harus meyakinkan diri dulu, apakah kamu memang mau dan mampu untuk masuk jurusan Akuntansi atau hanya suka pelajarannya saja karena ada banyak pertimbangan yang harus dipikirkan baik-baik sebelum menentukan jurusan. Silakan baca artikel ini, ya. https://www.youthmanual.com/post/panduan-persiapan-kuliah/pengenalan-bidang-program-studi/bidang-ekonomi-dan-bisnis

Kalau kamu sudah bertekad ingin mengambil jurusan Akuntansi, kamu harus survei kampus mana yang dapat kamu tuju sebagai anak IPA yang lintas jurusan dan seperti apa tesnya, apakah harus tes Soshum atau tidak. Semoga membantu!

Salam,

Valen.

Baca selengkapnya
0 686
Neng Yely
3 tahun yang lalu

Halo Neng Yely, perkenalkan aku Hasna Nadiyah. Kali ini aku yang akan menjawab pertanyaanmu, ya.

Siswa IPA dapat memilih jurusan IPS (lintas jurusan) dalam seleksi SNMPTN. Begitupun sebaliknya. Namun yang perlu diingat peluang untuk lolos sangatlah kecil, dan bergantung pada kebijakan universitas yang menyeleksi. Peluangmu tentu akan lebih besar jika kamu memilih jurusan IPA apalagi di universitas yang sudah memiliki rekaman alumni di sekolahmu.

Meskipun begitu, bukan berarti hal ini tidak mungkin. Berdasarkan pengalaman, di tahun ini aku memiliki teman yang berasal dari IPA, dan ia berhasil lolos jurusan Hubungan Internasional di salah satu PTN melalui jalur SNMPTN. 

Untuk lebih lengkapnya terkait lintas jurusan di SNMPTN kamu dapat membaca artikel Youthmanual satu ini, ya. https://www.youthmanual.com/post/dunia-kuliah/kehidupan-mahasiswa/anak-ipa-daftar-jurusan-ips-di-snmptn

Oh iya, perlu diingat bahwa SNMPTN bukanlah jalur seleksi yang dapat kamu harapkan benar-benar. Saran dariku, akan lebih baik kamu belajar jauh-jauh hari dengan sebaik-baiknya agar dapat unggul bersaing di seleksi SBMPTN bersama pesaing-pesaing lainnya. Semangat!

Baca selengkapnya
0 1639
Afifah Miftaqul Rohmah
3 tahun yang lalu



PERSYARATAN CALON MAHASISWA


Mengacu Undang-Undang No. 20/2013 tentang Pendidikan Kedokteran dan SPPDI, KKI-2012 calon mahasiswa harus memenuhi persyaratan seperti berikut :


Warga Negara Republik Indonesia dinyatakan dengan foto kopi KTP

Lulus Sekolah Menengah Umum (SMU) Jurusan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) tahun ini dan 2 tahun sebelumnya dengan menunjukkan foto kopi Ijazah dan Surat Tanda Lulus Ujian SMU.

Berbadan sehat (tidak cacat fisik dan mental, tidak buta warna dan tidak pengguna narkoba) dinyatakan dengan Surat

Keterangan DokterLulus ujian seleksi meliputi tes kemampuan akademik, tes psikologi tes kesehatan

Peminat yang memiliki prestasi tingkat internasional dibidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang sesuai dengan pendidikan kedokteran, dibuktikan dengan Tanda Penghargaan dan Surat Rekomendasi Direktur/ Kepala Sekolah, tidak mengikuti ujian seleksi

Baca selengkapnya
0 2961
Putri ejaa
3 tahun yang lalu

Halo Putri!

Peluang diterima di suatu program studi sangat tergantung beberapa hal. Salah satu yang bisa jadi pertimbangan kamu dalam memilih program studi adalah tingkat keketatan persaingan di suatu jurusan.

1. Kampus yang kamu pilih. Program studi di tiap perguruan tinggi atau kampus pun masuk ke dalam kategori yang berbeda. Beberapa program studi psikologi di kampus seperti UNPAD, UNS, dan UNHAS termasuk program studi saintek (sains dan teknologi) atau IPA, sementara di kampus seperti UI, UGM, dan UNAIR program studi psikologi termasuk soshum (sosial dan humaniora) atau IPS. Jalur SNMPTN memang lebih memprioritasnya siswa dari jurusan IPA untuk masuk ke program-program studi saintek, tapi tidak menutup kemungkinan mereka yang dari jurusan IPS di SMA bisa masuk ke program-program studi soshum melalui jalur SNMPTN. 

2. Jika kamu ikut jalur SBMPTN, mulai tahun 2019 dengan adanya penerapan sistem UTBK siswa perlu mengambil tes yang sesuai dengan program studi kuliah yang akan diambil. Jadi, jika kamu mengambil program studi psikologi di UNPAD yang program studi psikologinya termasuk saintek, maka kamu perlu mengambil tes UTBK IPA.

Semoga membantu ya 

Baca selengkapnya
0 2250
Paul Marturia Sihombing
3 tahun yang lalu

Hai Paul,

bisa, selama tidak ada larangan dari kampus terkait. Baca selengkapnya seputar SNMPTN dalam panduan di bawah ini ya.

https://www.youthmanual.com/post/persiapan-kuliah-101/persiapan-masuk-perguruan-tinggi-negeri/panduan-sukses-lolos-seleksi-nasional-masuk-perguruan-tinggi-negeri-snmptn

Semoga membantu!

Baca selengkapnya
0 562
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2021 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1