Cari tahu tentang semua jurusan kuliah disini

Temukan pengalaman dan jawaban dari Mentor Rencanamu dan pengguna lain

Rencanamu
2 tahun yang lalu

Hai ! Jurusan farmasi itu belajarnya cukup luas. Rumus dan reaksi kimia memang ada, tapi ngga cuma itu. Kita belajar tentang ilmu obat. Mulai dari jenis2 dan bentuk2 obat, formulasinya bagimana, pengujiannya, penggunaannya, dosis, kita belajar juga tentang ilmu penyakit dan pengobatannya, dan masih banyak lagi :))


By : Anisha - Mahasiswa Pendidikan Apoteker ITB

Baca selengkapnya
0 1276
Rencanamu
2 tahun yang lalu

Hai! Bisa sajaa. Tapi ketika kuliah farmasi nanti akan banyak mata kuliah yang berhubungan dengan kimia, jadi kalau sekiranya kita kurang suka kimia mungkin nanti perlu belajar lebih keras lagi untuk mata kuliah yg berhubungan dengan kimia. Tapiii semua bisa dipelajari kok :)


By : Anisha - Mahasiswa Pendidikan Apoteker ITB

Baca selengkapnya
0 1892
Alfathan Rizkya Ramadhan Wibowo
3 tahun yang lalu

Halo Alfathan! Bisa dicek di sini yaa:

Untuk daya serap, menurutku keduanya memiliki 'lahan' pekerjaan masing-masing, tergantung lulusan tersebut berkompentensi atau tidak untuk dapat masuk ke dalam lahan pekerjaan yang tersedia.

Semoga membantu :)

Baca selengkapnya
0 690
abidaah
3 tahun yang lalu

Halo! Mengasumsikan bahwa "berhubungan dengan komputer" yang kamu maksud adalah programming, sejauh ini saya tidak menemukan jurusan kuliah interdisiplin seperti ini. Karena jurusan ilmu komputer maupun teknik komputer tidak menggunakan pelajaran kimia, tapi benar-benar programming dan sebagian fisika (untuk teknik komputer).

Namun, jika "berhubungan dengan komputer" yang kamu maksud adalah bukan programming (seperti menggunakan software), jurusan terdekat yang bisa diambil adalah teknik kimia, teknologi bioproses, rekayasa hayati, dan sejenisnya. Dalam jurusan ini, kamu akan menggunakan software komputer untuk berbagai tujuan, misalnya menggambar teknik atau mensimulasikan suatu proses yang terjadi pada suatu pabrik.

Sebenarnya, ada sedikit 'coding' dalam jurusan yang saya sebutkan di atas, namun fungsinya hanya untuk melakukan perhitungan yang terlalu rumit jika dihitung dengan kalkulator saja atau secara manual. Software yang digunakan juga tidak sama seperti yang digunakan pada jurusan ilmu komputer (jika penasaran software-nya seperti apa, coba cari apa itu VBA excel, polymath, dan matlab).

Semoga apa yang saya bagikan di sini cukup untuk menjawab pertanyaan kamu. :)

Baca selengkapnya
0 1005
Adit Saputra
3 tahun yang lalu

Halo, Adit!

Untuk jurusan Kimia, nantinya lulusannya dapat bekerja di berbagai sektor industri antara lain industri makanan, kosmetika, manufaktur, konstruksi hingga kesehatan. Lulusan jurusan ini dapat bekerja sebagai spesialis kontrol kualitas, peneliti, maupun research and development division.

Lebih lengkapnya mengenai jurusan Kimia boleh di cek di sini, ya!

https://www.youthmanual.com/cari-jurusan/mipa/kimia

Salam,

Valen.

Baca selengkapnya
0 437
Hafidz Muzakky
3 tahun yang lalu

Halo! Secara ringkas, jurusan pendidikan kimia akan belajar mengenai pedagogik (bagaimana ilmu kimia itu diajarkan di seluruh tingkat mulai dari sekolah sampai perguruan tinggi). Jurusan kimia murni akan belajar seperti 'kimia SMA' namun lebih mendalam dan detail (contoh: struktur, komposisi, dan sifat zat dari skala atom hingga molekul, dan bagaimana reaksi-reaksi yang terjadi antar zat). Sedangkan jurusan teknik kimia akan belajar mengenai bagaimana memanfaatkan reaksi-reaksi yang ada untuk memproduksi suatu zat secara skala besar / pabrik.


Untuk lebih lengkapnya tentang ketiga jurusan tersebut dapat dibaca di:


1. Pendidikan Kimia: https://www.youthmanual.com/cari-jurusan/pendidikan/pendidikan-kimia

2. Kimia Murni: https://www.youthmanual.com/cari-jurusan/mipa/kimia

3. Teknik Kimia: https://www.youthmanual.com/cari-jurusan/teknik/teknik-kimia


Semoga apa yang saya bagikan di sini cukup untuk menjawab pertanyaan kamu. :)

Baca selengkapnya
0 1761
Ahm Fozzy
3 tahun yang lalu

Hi! Memang benar kalau teknik kimia dan teknik nuklir sangat dominan dengan fisikanya, untuk kimianya relatif sedikit. Jika kamu mau di salah satu jurusan tersebut, kamu harus lebih tekun dan banyak berlatih tentang pelajaran fisika. Pasti bisa kamu, good luck!

Baca selengkapnya
0 574
Salsabilaa Zuhdi
3 tahun yang lalu

Halo! Berdasarkan apa yang saya pelajari di teknik kimia, ketertarikan dan kemampuan dalam pelajaran fisika sangat krusial karena banyak mata kuliah di teknik kimia yang terkait dengan fisika, khususnya materi fisika seperti termodinamika, mekanika fluida dan partikel, serta perpindahan kalor.

Jujur saya bukan orang yang paling pintar dalam fisika, namun saat SMA saya tertarik dengan materi fisika seperti yang saya sebutkan di atas. Oleh karena itu, saya memutuskan untuk masuk jurusan teknik kimia. Selama saya belajar di teknik kimia, tentu materi tersebut terasa berat bagi saya, namun karena dorongan dari dalam diri saya yang kuat untuk ingin belajar, saya akhirnya mampu menguasainya.

Jadi, pertanyaan di atas saya kembalikan ke kamu. Jika kamu merasa sangat tertarik namun kemampuannya tidak 'wah', menurut saya tidak masalah masuk jurusan teknik kimia. Karena inti dari proses pembelajaran adalah bukan untuk menjadi yang terbaik dalam kelasnya, namun adalah seni menikmati pembelajaran itu sendiri dan seni berproses dari yang awalnya tidak tahu menjadi tahu sesuatu. Jika dari awal minat kamu tidak sebesar itu, saya tidak menyarankan untuk masuk jurusan teknik kimia daripada kamu merasa tertekan saat belajar begitu banyak fisika di jurusan ini.

Semoga pengalaman yang saya bagikan di sini cukup untuk menjawab pertanyaan kamu. Semangat ya! :)

Baca selengkapnya
0 658
gardinna safa fadila
3 tahun yang lalu

Halo, Gardinna!

Kalau kamu kuliah di jurusan teknik kimia, kamu akan banyak melakukan praktikum dan setelah itu tentunya membuat laporan dari hasil praktikum. Yang namanya makalah dan presentasi juga akan jadi makanan sehari-hari kamu.

Untuk membaca cerita-cerita mahasiswa yang kuliah di jurusan teknik kimia, kamu bisa buka disini ya: https://www.youthmanual.com/cari-jurusan/teknik/teknik-kimia

Setelah lulus dari jurusan teknik kimia, kamu bisa berprofesi sebagai:

Selain itu, kamu juga bisa bekerja di industri seperti pada bidang FMCG (fast moving consumer goods), farmasi dan obat-obatan, energi, dan petrokimia. Luas kok!

Semoga membantu!

Baca selengkapnya
0 1078
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2021 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1