Cari tahu tentang semua jurusan kuliah disini

Temukan pengalaman dan jawaban dari Mentor Rencanamu dan pengguna lain

Sri Yulyani
3 tahun yang lalu

Halo, Sri!

Di jurusan Teknik Informatika, tugasnya dapat berupa project membuat aplikasi, robot, konfigurasi jaringan atau semacamnya. Ujian tetap seperti biasa, ada yang berupa essay atau pilihan ganda. Selain itu, ada juga praktikum, analisis sistem, presentasi, laporan, dan lain sebagainya tergantung kebijakan dosen dan universitas.

Selengkapnya bisa kamu cek di sini, ya!

https://www.youthmanual.com/cari-jurusan/komputer-teknologi/teknik-informatika

Salam,

Valen.

Baca selengkapnya
0 3352
Sri Yulyani
3 tahun yang lalu

Halo, Sri!

Untuk awal semester, kebanyakan tugas di jurusan Komunikasi berupa makalah, presentasi (individu atau kelompok), dan hafalan teori. Nantinya, tugasnya akan berkembang seperti membuat berita, men-desain, menulis artikel, membuat film, latihan public speakingsocial project, hingga wajib magang.

Untuk lebih lengkapnya, bisa kamu cek di sini, ya.

https://www.youthmanual.com/cari-jurusan/humaniora/ilmu-komunikasi

Salam,

Valen.

Baca selengkapnya
0 1448
Syhrzl Zebua
3 tahun yang lalu

Halo, Syhrzl!

Secara umum sih manajemen di kampus mana saja kurikulumnya nggak jauh beda. Tapi kalau kamu mau membandingkan jurusan manajemen di 2 kampus berbeda, kamu bisa lihat silabusnya disini

UNEJ: http://manajemen.feb.unej.ac.id/study-plan/

UNAIR: http://manajemen.feb.unair.ac.id/kurikulum-s1/

Semoga membantu!

Baca selengkapnya
0 1472
Nana Atina
4 tahun yang lalu

Hai Nana. Menurutmu kenapa kuliah kedokteran berat? Apa kamu sudah ada gambaran apa yang akan kamu hadapi nanti? Bila ia, justru bagus.

Nah apa saja kegiatan anak kedokteran itu?

1. Kuliah, ini metode yang pasti ada di perguan tinggi.

2. Pratikum, fungsi pratikum adalah menguji teori yang kita pelajari di kuliah.

3. Ada diskusi kelompok, membahas suatu hal dan memberikan solusi.

4. Skill Lab, lah kak kok ini ada lagi? Enggak sama dengan pratikum? Jawabanya adalah beda. Disini kamu diajarkan menjadi dokter, dari mewawancarai, pemeriksaan dan memberi terapi.

5. Student Project, nah ini ada tugas untuk kamu selesaikan. Tergantung ada tugasnya.

6. Ujian. Ini pasti tau harus apa.


Bagaimana menurutmu kegiatan akademik anak kedokteran? Ini belum ditambah kegiatan non-akademik yang kamu minati.

Namun, mungkin karena terlihat sibuk, atau tidak bergaul dengan fakultas/jurusan lainnya. Terlihat kegiatanya hanya belajar.


Susah berat mudah ringan itu tergantung membagi waktu. Atau faktor lainnya misal, dipaksa kuliah kedokteran samapi salah jurusan bisa terjdi.



Semoga bisa membantu menjawab pertanyaanmu.

Baca selengkapnya
0 637
Fhatin Dalila
4 tahun yang lalu

Haii aku bantu jawab yaa sobat :), jadi kedua prodi tersebut memiliki beberapa perbedaan. Berikut akan aku jelaskan,tapi aku mau klarifikasi dulu ya ,kalo info yang aku kasitau ini berdasar pengalamanku di tahun pertamaku ini  dan yang aku lihat dari teman2 ku yang kuliah di jurusan MBTI.Aku berharap infonya bisa membantu kamu hehe .Jadi gini, kedua prodi tersebut memiliki perbedaan, dari namanya bisa dilihat. Selain itu, kedua jurusan tersebut juga berada di bawah naungan fakultas yang berbeda. Jurusan Ilmu Komunikasi berada di bawah naungan Fakultas Komunikasi dan Bisnis (FKB) ,dan Jurusan MBTI berada di bawah naungan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB). Itu secara umumnya ya, kalo perbedaan lainnya yaitu tentunya apa yang dipelajari. Walau sama - sama belajar tentang bisnis juga , namun jurusan MBTI itu lebih menekankan lagi daripada ilmu komunikasi. Di semester awal yaitu smt 1 yang aku pelajari di ilmu komunikasi itu masih dasar2, dan lebih banyak menjurus ke pengantar apa itu komunikasi, manfaat, prinsip, dll. Sedangkan untuk mata kuliah  yang lebih mengarah ke bisnis itu baru sedikit, malah hanya satu mata kuliah saja yaitu Pengantar Ilmu Sosial dan Bisnis ( PISB).Secara umum yang aku tahu seperti itu. Nah Kalo masalah kekurangan - kelebihan peminatan di masing2 prodi tersebut aku masih kurang tau karena aku masih Tk I jadi belum mengambil peminatan.Dan saranku kalo kamu berminat di keduanya, kamu harus bisa lebih spesifikan lagi minatmu kemana. Karena kalo di jurusan MBTI itu belajarnya bisnis dan juga disertai dengan pengaplikasian perkembangan teknologi, maka dari itu disebut Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika. Jadi itu ajaa sobat, maaf kalo ada yang kurang , karena aku juga masih belajar. Hehe semoga membantu ya :) Semangat!

Baca selengkapnya
0 1782
Hafidz Muzakky
3 tahun yang lalu

Halo! Secara ringkas, jurusan pendidikan kimia akan belajar mengenai pedagogik (bagaimana ilmu kimia itu diajarkan di seluruh tingkat mulai dari sekolah sampai perguruan tinggi). Jurusan kimia murni akan belajar seperti 'kimia SMA' namun lebih mendalam dan detail (contoh: struktur, komposisi, dan sifat zat dari skala atom hingga molekul, dan bagaimana reaksi-reaksi yang terjadi antar zat). Sedangkan jurusan teknik kimia akan belajar mengenai bagaimana memanfaatkan reaksi-reaksi yang ada untuk memproduksi suatu zat secara skala besar / pabrik.


Untuk lebih lengkapnya tentang ketiga jurusan tersebut dapat dibaca di:


1. Pendidikan Kimia: https://www.youthmanual.com/cari-jurusan/pendidikan/pendidikan-kimia

2. Kimia Murni: https://www.youthmanual.com/cari-jurusan/mipa/kimia

3. Teknik Kimia: https://www.youthmanual.com/cari-jurusan/teknik/teknik-kimia


Semoga apa yang saya bagikan di sini cukup untuk menjawab pertanyaan kamu. :)

Baca selengkapnya
0 2029
Nasya Asyila
4 tahun yang lalu

Halo, Nasya!

Kalau kamu kuliah di jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota, kamu akan banyak belajar tentang struktur dan perencanaan kota, termasuk dari segi transportasi dan desain juga. Yang paling penting, kamu akan belajar gimana membuat tata letak kota.

Aspek yang dipelajari beragam banget. Ada aspek sosial, ekonomi, fisik, lingkungan, demografi sampai kebijakan publik. Luas deh cakupannya.

Lulus dari jurusan ini, kamu bisa menjadi konsultan perencanaan wilayah dan tata letak kota (baik swasta maupun di pemerintahan), PNS Kementerian ATR, BAPPEDA, PUPERA, KEMENDES, KEMENHUB, KLH, PNS Daerah, Non-Government Organization (NGO), dll.

Untuk lebih lengkapnya, termasuk materi kuliah apa saja yang dipelajari di jurusan ini, serta cerita pengalaman dari orang-orang yang kuliah di jurusan ini, kamu bisa baca di:

https://www.youthmanual.com/cari-jurusan/teknik/teknik-perencanaan-wilayah-dan-kota-planologi-

Baca selengkapnya
0 1105
RIrin Marinda
3 tahun yang lalu

Halo, Ririn!

Kalau menurut teman-teman yang kuliah jurusan PAUD dan sharing disini (https://www.youthmanual.com/cari-jurusan/pendidikan/pendidikan-anak-usia-dini-paud-), kuliah di jurusan ini akan banyak menemukan tugas berupa observasi dan laporan dengan topik-topik tentang anak.

Baca selengkapnya
0 654
Ahm Fozzy
3 tahun yang lalu

Hi! Memang benar kalau teknik kimia dan teknik nuklir sangat dominan dengan fisikanya, untuk kimianya relatif sedikit. Jika kamu mau di salah satu jurusan tersebut, kamu harus lebih tekun dan banyak berlatih tentang pelajaran fisika. Pasti bisa kamu, good luck!

Baca selengkapnya
0 824
laras
4 tahun yang lalu

kalo jurusan bahasa inggris yang kita pelajari saat duduk di bangku kuliah nanti bisa dibilang hampir-hampir mirip dengan apa yang telah kita pelajari waktu masih duduk di bangku sekolah. Cuman, ilmunya lebih luas lagi. Lulusan jurusan Bahasa Inggris memiliki prospek kerja yang luas dikarena hampir semua bidang pekerjaan perlu menggunakan bahasa inggris. Contohnya, bekerja sebagai Tenaga Pengajar, Penyiar Radio, Penulis, Hubungan Masyarakat, TranslatetorEditor media cetak, bekerja di bidang IT dengan syarat juga bisa matematika dan ngoding, dan masih ada banyak lagi.

Sedangkan jurusan Sastra Inggris memang cocok bagi kalian yang hobi akan dunia kesusastraan kuno maupun modern. Bedanya dengan jurusan Bahasa Inggris, jurusan yang satu ini tidak hanya belajar bahasanya saja, melainkan menyeluruh. Maksudnya, kamu bisa belajar bahasa, kesenian dan kebudayaan, serta sastra inggris itu sendiri.

Lewat jurusan Sastra inggris kamu bisa tahu bagaimana cara membuat karya-karya sastra dalam bentuk novel, cerpen, puisi, dan pidato dengan menggunakan bahasa inggris. Lulus nanti bisa jadi apa? Para lulusan Sastra Inggris tidak harus menjadi sastrawan kok. Kamu bisa bekerja di segala bidang yang membutuhkan kemampuan bahasa inggris secara lisan maupun tertulis.

Baca selengkapnya
0 4575
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2022 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1