Cari tahu tentang semua jurusan kuliah disini

Temukan pengalaman dan jawaban dari Mentor Rencanamu dan pengguna lain

abidah
3 tahun yang lalu

Halo! Mengasumsikan bahwa "berhubungan dengan komputer" yang kamu maksud adalah programming, sejauh ini saya tidak menemukan jurusan kuliah interdisiplin seperti ini. Karena jurusan ilmu komputer maupun teknik komputer tidak menggunakan pelajaran kimia, tapi benar-benar programming dan sebagian fisika (untuk teknik komputer).

Namun, jika "berhubungan dengan komputer" yang kamu maksud adalah bukan programming (seperti menggunakan software), jurusan terdekat yang bisa diambil adalah teknik kimia, teknologi bioproses, rekayasa hayati, dan sejenisnya. Dalam jurusan ini, kamu akan menggunakan software komputer untuk berbagai tujuan, misalnya menggambar teknik atau mensimulasikan suatu proses yang terjadi pada suatu pabrik.

Sebenarnya, ada sedikit 'coding' dalam jurusan yang saya sebutkan di atas, namun fungsinya hanya untuk melakukan perhitungan yang terlalu rumit jika dihitung dengan kalkulator saja atau secara manual. Software yang digunakan juga tidak sama seperti yang digunakan pada jurusan ilmu komputer (jika penasaran software-nya seperti apa, coba cari apa itu VBA excel, polymath, dan matlab).

Semoga apa yang saya bagikan di sini cukup untuk menjawab pertanyaan kamu. :)

Baca selengkapnya
0 1419
Jibran Hady
3 tahun yang lalu

Hai Jibran, perkenalkan saya Irfan tim Mentor Youthmanual.

Sebelum menjawab saya ingin bertanya, menurut Jibran, Jibran berbakat di bidang komputer itu dalam hal apa? Bidang komputer itu luas, ada kemampuan menggunakan aplikasi, seperti aplikasi Microsoft Office, ada kemampuan melakukan konfigurasi networking, kemampuan konfigurasi server, kemampuan database, kemampuan programming, kemampuan analisis sistem dan banyak lagi yang lain belum tersebut disini,

Jika menghindari matematika, bisa memilih jurusan-jurusan yang lebih dekat dengan analisa dan manajemen seperti sistem informasi dan manajemen sistem informasi. 

Jibran bisa mencoba fitur assessment Youthmanual untuk mengetahui minat dan bakat Jibran, ikuti perjalanannya dan coba lihat hasilnya. Dari sana Jibran bisa melihat kelemahan dan kelebihan, serta minat dan bakat Jibran. Mudah-mudahan informasi tersebut bisa membantu Jibran dalam menentukan pilihan.

Baca selengkapnya
0 891
Endra Furi
4 tahun yang lalu

Hi Endra,

Memang kadang bingung ya ketika kita punya banyak sekali minat. Tapi bukan engga mungkin ketika semuanya digabungkan lho. Kalau dilihat dari profil kamu, sepertinya kamu punya minat besar di arah bisnis dan juga kerja lapangan. Pernah coba eksplor profesi di bidang pariwisata? Lingkungan?
Nah, coba kamu eksplor dulu nih di www.youthmanual.com/eksplorasi . Jangan lupa diskusikan juga dengan orang tua dan guru kamu yaa. 

Lalu jurusan apa yang harus aku pilih? Ada dua opsi:
1. Pilih jurusan yang bisa menggabungkan ketiga minat kamu
2. Atau, pilih jurusan yang sesuai dengan salah satu minat kamu, lalu kedua minat lainnya dipenuhi dengan ikut kegiatan ekstra di luar kampus.

Berikut beberapa artikel yang bisa jadi referensi kamu:

https://www.youthmanual.com/post/dunia-kuliah/jurusan-dan-perkuliahan/pilihan-jurusan-kuliah-buat-kamu-yang-suka-jalan-jalan

https://www.youthmanual.com/post?src=alam

Happy exploring!

Baca selengkapnya
0 982
Nishikino Maki
6 tahun yang lalu

Halo! (namamu siapa ya sebenarnya? hehe)

Beasiswa yang ditawarkan untuk universitas dan jurusan yang berbeda bisa berbeda juga. Coba deh kamu tanya ke bagian kemahasiswaan di jurusan yang kamu tuju. Kamu juga bisa coba cek di situs informasi beasiswa (antara lain yang disebutkan di http://www.youthmanual.com/post/review/10-akun-twitter-seru-dan-bermanfaat-buat-pelajar-dan-mahasiswa).

Selamat mencari beasiswa dan semoga sukses! :)

Baca selengkapnya
0 458
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2022 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1