Cari tahu tentang semua jurusan kuliah disini

Temukan pengalaman dan jawaban dari Mentor Rencanamu dan pengguna lain

Amalia Rahma Putri
4 tahun yang lalu

Halo Amalia! Perkenalkan, aku Shania. Izin berbagi pendapat yaa. Ada beberapa pilihan yang bisa kamu ambil ketika kamu merasa salah jurusan:

1. Keluar, dan kembali berjuang untuk apa yang kamu impikan di awal. Memang, rasanya mungkin apa yang telah dilalui terasa sia-sia, tapi percayalah, engga ada yang sia-sia kok!:) Apa yang kamu pelajari selama berkuliah di jurusan yang salah ini pasti ada manfaatnya, secara sadar atau engga sadar (misalnya: kamu jadi dapat relasi, kamu jadi punya informasi tentang kampus dan jurusan tersebut untuk dibagikan ke orang lain yang butuh, dsb).

2. Stay. Temukanlah apa yang bisa kamu cintai dari jurusan yang salah ini, buat diri kamu nyaman di jurusan tersebut (bisa karena teman, lingkungan, UKM, mata kuliah tertentu dsb). Kemudian, susun dan rencanakan mimpi-mimpi baru. Mulai dari awal. "Dengan keadaan saya di sini, apa yang bisa saya lakukan kedepannya?".

Kalau boleh cerita, aku pun sekarang kuliah di jurusan yang bukan merupakan tujuan utamaku hhe. Bingung?iya. Sedih?iya awalnya. karena yaa aku merasa ini bukan apa yang aku inginkan. Tapii, perlahan, Puji Tuhan sejauh ini aku bisa survive, merasa senang, dan mulai membangun mimpi baruku di sinii. Mahasiswa salah jurusan tetap bisa punya masa kuliah yang indah dan masih berkesempatan punya masa depan yang berprestasi dan sukses kok! :)

Apapun pilihanmu, semoga kamu bahagia:D.

Semoga membantu yaaa

Baca selengkapnya
0 613
Meyriska Frisna
4 tahun yang lalu

Halo, Meyriska!

Perkenalkan, aku Rifki Fadhilah. Izin menjawab yaaa.

Menurutku, supaya tidak salah jurusan, ada 2 hal penting yang perlu kita lakukan. 

Pertama, coba untuk membuat perencanaan masa depanmu sematang mungkin. Dari situ, kita bisa mengetahui langkah apa saja yang perlu kita lakukan untuk mencapai tujuan atau cita-cita akhir kita.

Kedua, coba untuk eksplor jurusan-jurusan yang kamu mau dengan detail juga. Lihat apa saja yang akan dipelajari di jurusan tersebut, dan rincian lain yang sekiranya akan membantumu memperluas pandangan. Dari hasil eksplor jurusan ini, ambil jurusan yang paling akan membantumu mencapai tujuan akhir atau cita-citamu.


Dari kedua hal tersebut, jangan lupa juga sesuaikan dengan passion yaa! Kerjakan apa yang memang benar kita suka, dan bisa membuat kita penasaran setiap waktu. Agar ketika mulai menjalani perkuliahan, kita engga mudah merasa bosan dalam belajar.


Semangat ya!

Lakukan apa yang kau suka, tapi jangan suka-suka.


Baca selengkapnya
0 652
Jasmine Larasati
6 tahun yang lalu

Halo Jasmine (wah nama kita sama!),

Kalau passion kamu di kimia dan biologi, berarti kamu engga salah jurusan dong? hehe. Ketidak sukaan akan suatu pelajaran itu memang wajar, biasanya terjadi karena guru engga enak ngajarnya sehingga kamu engga ngerti, karena memang kurang jago dalam hitung-hitungan, atau bisa jadi karena memang belum banyak yg kamu eksplor di pelajaran itu, dll. Kamu masih kelas 10 nih, perjalanan baru dimulai. Coba deh cari tahu apa yang menyebabkan kamu engga suka dan coba atasi itu. Bisa dengan mulai mengubah gaya belajar, ikut privat/bimbel, atau belajar bareng, dll.

Kamu juga bisa baca tips n trik belajar lainnya di sini nih:

http://www.youthmanual.com/post/life/how-to/susah-fokus-inilah-10-trik-yang-bikin-kamu-konsentrasi-belajar-dan-bekerja


http://www.youthmanual.com/post/dunia-sekolah/akademik/9-gaya-belajar-dan-menghafal-kamu-termasuk-tipe-yang-mana


http://www.youthmanual.com/post/life/how-to/tiga-solusi-untuk-masalah-dalam-belajar


http://www.youthmanual.com/post/dunia-sekolah/akademik/tipe-pelajar-macam-apakah-kamu-cari-tahu-di-sini-supaya-cara-belajar-kamu-nggak-sia-sia


http://www.youthmanual.com/post/life/how-to/jangan-baca-materi-pelajaran-kamu-berulang-kali-inilah-4-metode-belajar-yang-lebih-efektif


http://www.youthmanual.com/post/review/teknik-pomodoro-teknik-belajar-yang-efektif-efisien-dan-bikin-kamu-jauh-lebih-fokus


http://www.youthmanual.com/post/life/how-to/12-trik-belajar-yang-nggak-lazim-tapi-efektif

Good luck! :)

Baca selengkapnya
0 612
David Kakendage Matantu Riyanto
6 tahun yang lalu

Halo David!

Langkah kamu tetap menjalani jurusan yang sekarang tidak salah kok :) Kalau mau banting setir dalam hal karir juga bsia saja, tapiii ada beberapa syaratya kalau mau sukses. Silakan baca di http://www.youthmanual.com/post/dunia-sekolah/persiapan-kuliah/inilah-penjelasan-lengkap-kenapa-kamu-bisa-banget-bekerja-di-bidang-yang-nggak-nyambung-dengan-jurusan-kuliahmu yaa..

Semangat dan semoga sukses! :)

Baca selengkapnya
0 807
Fathia Rahmawati
6 tahun yang lalu

Halo Fathia!

Terima kasih ya sudah bertanya :) Sebelum jawab pertanyaanmu, saya mau tanya dulu. Sebetulnya yang kamu rasa ga cocok jurusannya (ilmu yang dipelajari, mata kuliahnya, tugas-tugasnya) atau lingkungannya (mungkin teman-temannya, dosennya, lokasi kampusnya, atau lainnya)? Saran dari saya akan tergantung sama jawaban kamu untuk pertanyaan itu hehehe..

Tolong balas lagi yaa.. Terima kasih :)

Baca selengkapnya
0 755
Faiz Arsenal
6 tahun yang lalu

Halo Faiz!

Kalau dilihat dari ceritamu, sebetulnya masalahnya bukan dengan ilmu kedokterannya ya. Saat ini kamu merasa kesulitan karena perubahan susunan dan waktu pemberian mata kuliah. Kamu juga baru merasa belum paham dan tertinggal pelajaran beberapa minggu terakhir. Menurut kamu sendiri, dengan kondisi seperti itu solusi apa yang baik? Apakah pindah jurusan merupakan solusi untuk masalahmu saat ini?

Silakan kamu pikirkan dulu jawabannya ya, jangan segan bertanya kembali kalau mau berdiskusi :)

Semoga membantu..

Baca selengkapnya
0 546
Ayuningtyas Mustika Dewi
6 tahun yang lalu

Halo Ayuningtyas!

Wah keadaanmu tampaknya cukup bikin galau ya.. Saya sebetulnya sulit memberikan saran yang spesifik, karena tidak punya informasi yang lengkap mengenai kondisimu. Secara umum, Youthmanual pernah menulis tentang salah jurusan di sini:

dan mengenai perbedaan keinginan dengan orang tua terkait jurusan di sini:

Semoga informasi di artikel-artikel tersebut bisa membantu ya :) Kalau tidak, jangan segan untuk bertanya lagi di sini atau menghubungi saya di [email protected] untuk konsultasi lebih lanjut.

Semangat! Semoga menemukan solusi yang baik :)



Baca selengkapnya
0 574
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2022 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1