Cari tahu tentang semua jurusan kuliah disini

Temukan pengalaman dan jawaban dari Mentor Rencanamu dan pengguna lain


5 tahun yang lalu
Tidak karena mengikuti seleksi PTN jalur SBMPTN itu tentang kemampuan kita bukan karna tingkatan sekolah 
Baca selengkapnya
0 1065
Lutfiah maulidzah
5 tahun yang lalu

Hai Lutfiah,

soal ada kesempatan atau nggak, semua balik lagi ke tujuan kamu: apakah tujuan kamu cuma sampai sebatas lolos SNMPTN/SBMPTN, atau ingin berkuliah di jurusan impian agar bisa mencapai cita-cita kamu?

Kalau tujuan kamu adalah yang pertama, jawabannya jelas nggak ada kesempatan. Kalau tujuan kamu adalah yang kedua, jawabannya masih ada jutaan kesempatan untuk kamu. Asal tujuan kamu jelas, ada banyak cara yang bisa kamu tempuh untuk mencapainya. Kamu bisa ikutan Seleksi Mandiri, daftar ke PTS, ambil beasiswa ke luar negeri, ambil gap year dan ikutan kursus biar pengetahuan dan kemampuanmu untuk mencapai cita-cita terus meningkat, dan lainnya. Dan semua balik lagi ke kamu: kamu harus tahu dulu apa yang menjadi tujuanmu, dan apakah kamu mau berusaha untuk mengejarnya.

Biar nggak bingung, yuk kenali diri dulu dan rancang tujuan kamu di masa depan di www.youthmanual.com. Setelah ikutan tes minat bakat dan tahu apa rekomendasi jurusan dan profesi yang kamu banget, kamu pun juga bisa baca berbagai informasi dan kesempatan yang bisa kamu ikuti untuk mewujudkan cita-cita kamu di masa depan di www.youthmanual.com/post. Tenang aja, ada banyak jalan menuju Roma. Yang penting mau berusaha (untuk cari tahu) atau tidak :)

Semoga membantu!

Baca selengkapnya
0 1236
Daffa Hemawan
5 tahun yang lalu

Halo, Daffa! Kalau soal beasiswa seperti itu, sebaiknya kamu tanyakan langsung pada pihak kampus karena pengadaan beasiswa setiap kampus berbeda-beda.

Baca selengkapnya
0 3729
nina
5 tahun yang lalu

Halo Nina! Perkenalkan, aku Shania, kebetulan tahun lalu aku mendaftar SNMPTN peminatan juga nih hehe, izin berbagi pengalaman yaa.

Jadi tahun lalu aku mendaftar SNMPTN peminatan kimia dengan keadaan tahun lalu hanya ada 1 alumni yang diterima SNMPTN di FMIPA ITB (tidak melalui jalur peminatan) dan ada 1 teman satu angkatanku yang daftar ke FMIPA juga (dia tidak mendaftar peminatan karena jurusan yang dia mau tidak bisa lewat jalur peminatan). Nilai teman satu angkatanku ini memang lebih tinggi dariku, tapi pada saat itu aku PD karena aku memilih peminatan sedangkan dia tidak, dan ada peluang kuota untuk sekolahku ditambah menjadi >1 karena yang aku tau alumniku tahun lalu ini berprestasi. Tapi ternyata saat pengumuman ternyata hanya 1 orang yang diterima, yaitu temanku.

Jadii, besar atau kecilnya peluang menurutku tergantung kuota, alumni, dan adakah pesaing dari sekolah yang sama <-- ini harus diperhatikan yaaa.

Semoga membantuu :)

Baca selengkapnya
0 3216
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1