Cari tahu tentang semua jurusan kuliah disini

Temukan pengalaman dan jawaban dari Mentor Rencanamu dan pengguna lain

Iwan Setiawan
2 tahun yang lalu

Halo Iwan! Aku Alifia dan pertanyaanmu aku bantu jawab ya. Jawaban apakah bisa menjadi seorang developer software dan aplikasi itu sebenarnya engga hanya tergantung dari jurusan aja, lho. Yang paling penting adalah kita harus set our goal, motivation and obviously eager mengapa kita ingin membuat sebuah software dan aplikasi. Selanjutnya, akan mengalir ketika kamu udah pegang fundamental itu.

Nah, bicara tentang technically pertama adalah kamu harus tau software yang mau kamu buat itu apa. Kedua, kamu harus buat algoritma dasar program (flowchart) nya seperti apa. Terus, belajar bahasa pemrograman (language programming) which are bakal banyak sekali jenis bahasa yang perlu kamu sesuaikan dengan tujuan kamu diawal, yaitu software apa yang mau kamu buat. Bahasa pemrograman ini penting untuk kamu kuasai karena nantinya step selanjutnya mengacu kepada untuk buat algoritma di step awal ke bahasa program. 

Satu hal yang penting lainnya adalah ketika kamu kedepannya ingin membuat software maupun aplikasi yang pengguna massif, kamu perlu cari partner yang bisa mendukung. Bahkan lebih baik lagi nantinya kalian punya satu visi dan misi yang sama. Jadi, kalau udah satu frekuensi bakal lebih enjoy gitu Iwan buat nge develop bareng-bareng.

We wish you bunch of lucks untuk mengikuti program beasiswanya di luar negeri!

Baca selengkapnya
0 1451
andi alvian
2 tahun yang lalu

saya coba jawab ya andi

kalo di tanya HARUS para sejak masuk ya tidak juga. tapi jika sudah paham akan sangat membantu

yang perlu diketahui adalah setiap mahasiswa S1 yang baru masuk akan diajarkan dari hal yang paling dasar dahulu (Fundamentalnya) jika kita lulusan SMA/MA dan belum paham dengan apa yang kamu sebutkan pun tak masalah, karena saat masuk akan diajarkan dan kamu akan terbawa oleh kawan-kawan yang satu jurusan. asalkan kita mau ulet dan rajin pasti akan paham 

terima kasih. semangat :)

Baca selengkapnya
0 1552
Kristian Parasian Siagian
2 tahun yang lalu

Jurusan teknik informatika sama pelajaran di SMA itu beda setau saya dulu. Kalo masuk teknik informatika nanti semester awal diberi materi dasarnya lagi dan itu beda sih sama yg diajarkan di SMA saya dulu

Baca selengkapnya
0 1754
Daffa Nugraha
2 tahun yang lalu

Halo, Daffa!

Diantaranya jurusan yang mirip dengan Teknik Informatika adalah Ilmu Komputer, Teknologi Informasi, Teknik Komputer, Sistem Informasi. Untuk perbedaannya dapat dilihat di link berikut:

https://www.youthmanual.com/post/dunia-kuliah/jurusan-dan-perkuliahan/inilah-perbedaan-jurusan-teknologi-informasi-teknik-informatika-sistem-informasi-ilmu-komputer-dan-teknik-komputer

Nah, untuk jurusan IPS, kusarankan untuk memilih Sistem Informasi, karena SI menghubungkan komputer dengan manajemen dan bisnis. Beberapa mata kuliah SI diantaranya administrasi bisnis, prinsip manajemen dan ilmu akuntansi, yang mana ilmu ekonomi yang pernah dipelajari anak IPS di SMA akan sangat mendukung jalannya pembelajaran.

Namun, Sistem Informasi tetap Rumpun SAINTEK karena memiliki mata kuliah matematika (matematika diskret, kalkulus, aljabar linier, statistika dan probabilitas) dan fisika dasar sehingga apabila ingin masuk SI,  tetap harus tes kemampuan IPA.

Semangat! Semoga membantu.

Baca selengkapnya
0 1254
Sri Yulyani
2 tahun yang lalu

Halo, Sri!

Di jurusan Teknik Informatika, tugasnya dapat berupa project membuat aplikasi, robot, konfigurasi jaringan atau semacamnya. Ujian tetap seperti biasa, ada yang berupa essay atau pilihan ganda. Selain itu, ada juga praktikum, analisis sistem, presentasi, laporan, dan lain sebagainya tergantung kebijakan dosen dan universitas.

Selengkapnya bisa kamu cek di sini, ya!

https://www.youthmanual.com/cari-jurusan/komputer-teknologi/teknik-informatika

Salam,

Valen.

Baca selengkapnya
0 1912
Cep Yana
2 tahun yang lalu

Bisa, dg lintas minat teknik informatika mapelnya ada yg soshum (ips)

Baca selengkapnya
0 4279
Talita dyas aprilia
2 tahun yang lalu

Hi Talita, perkenalkan saya Irfan, bagian dari Tim Mentor Youthmanual.

Saya kutip konten Youthmanual di jurusan Teknik Informatika ya (https://www.youthmanual.com/cari-jurusan/komputer-teknologi/teknik-informatika):

"Perkembangan Teknologi Informasi yang pesat membuka peluang karier lulusan Teknik Informatika atau Ilmu Komputer lebih lebar. Kebutuhan terhadap keahlian teknik informatika sangat besar, terutama bagi mereka yang menyukai dunia teknologi, komputer dan pemrograman. Menurut Bureau of Labor and Statistik (BLS), bidang Informatika adalah salah satu profesi yang akan tumbuh sangat pesat antara 2014-2024 dengan tingkat pertumbuhan rata-rata sebesar 12%, diatas rata-rata bidang profesi pada umumnya. Lulusan Teknik Informatika memiliki prospek kerja yang luas dan bervariasi, misalnya sebagai software engineer & developer (pengembang perangkat lunak), analis, konsultan, ahli jaringan, keamanan sistem dan jaringan serta bertanggung jawab mengkoordinasikan pembangunan, pemeliharaan, dan perluasan sistem komputer dalam sebuah organisasi."

Walaupun begitu, sering kali lulusan dari jurusan Teknik Informatika belum memiliki skill yang cukup untuk dapat diserap oleh perusahaan Unicorn ataupun perusahaan besar lainnya. Oleh karena itu, mahasiswa Teknik Informatika harus punya visi jauh selama kuliah. Asah kemampuan teknikal dan soft skill kamu, dalami satu teknologi terbaru yang kamu lihat memiliki prospek besar di masa depan. Rencanakan dan jalani masa kuliahmu dengan maksimal agar dapat meraih masa depan terbaikmu.

Saya sendiri secara personal berusaha mengawali sesuatu dengan doa. Semoga jawaban ini bermanfaat. Salam!


Baca selengkapnya
0 4008
Rio Winarno
2 tahun yang lalu

Hai Rio, perkenalkan Saya Irfan dari tim mentor Youthmanual. Saya mengambil pendidikan S1 dan S2 Teknik Informatika di ITB.

Bahasa pemrograman yang dipelajari di jurusan Informatika bermacam-macam tergantung mata kuliah yang dipelajari. Sebagai contoh, sewaktu Saya mengambil mata kuliah struktur data 11 tahun yang lalu, Saya mempelajari bahasa pemrograman Lisp dan C. Bahasa C++ dan Java dipelajari ketika mengambil mata kuliah Pemrograman Berorientasi Objek. Untuk mata kuliah Pembuatan Aplikasi Android, tentu yang dipelajari adalah bahasa Java ataupun Kotlin.

Dosen akan memilih bahasa pemrograman yang sesuai dengan konsep mata kuliah yang disampaikan di kelas. Setiap dosen pun punya gaya mengajar tersendiri yang berpengaruh terhadap bahasa pemrograman yang diajarkan. Ada dosen yang fokus mengajarkan konsep dan membebaskan mahasiswa memilih sendiri bahasa pemrograman.

Pada akhirnya, ketika lulus kuliah nanti, kamu akan dibekali dengan kemampuan berbagai bahasa pemrograman dan pengetahuan berbagai macam konsep. 

Saran dari Saya, asah kemampuan adaptasi Kamu untuk mempelajari berbagai macam bahasa pemrograman selama kuliah. Selain itu, silahkan pilih salah satu teknologi terkini yang Kamu temukan selama kuliah, lalu pelajari secara mendalam. Dengan begitu Kamu memiliki kemampuan umum (general) yang luas dan punya spesialisasi khusus di suatu bidang yang membuat kamu punya nilai lebih ketika masuk ke dunia kerja nanti.

Baca selengkapnya
0 1523
Dion Orlando
5 tahun yang lalu

Halo Dion!

Sampai sekarang panitia SNMPTN maupun panitia penerimaan mahasiswa baru tiap PTN belum pernah memberikan pernyataan resmi mengenai kriteria kelulusan SNMPTN. Informasi resmi sejauh ini hanya bahwa SNMPTN adalah jalur prestasi akademik, jadi prestasi di luar nilai raport hanya bisa dipertimbangkan jika sejalan dengan jurusan yang dipilih. Jadi, yang bisa dilakukan adalah mengusahakan yang terbaik (bisa lihat tipsnya di http://www.youthmanual.com/post/dunia-sekolah/persiapan-kuliah/mau-lolos-snmptn-tahun-2017-nanti-perhatikan-7-hal-ini-dari-sekarang) dan berdoa minta hasil yang terbaik. Youthmanual sedang berusaha mencari tahu juga tentang ini, nantikan ya informasinya :)

Semoga sukses!

Baca selengkapnya
0 815
Deo Lolowang
5 tahun yang lalu

Hao Deamilenda!

Seperti yang kamu sendiri bilang, susah atau gampang itu relatif ya. Lebih baik kamu baca informasi tentang jurusan Teknik Informatika di http://www.youthmanual.com/cari-jurusan/teknik/teknik-informatika dan http://www.youthmanual.com/post/dunia-kuliah/kehidupan-mahasiswa/macam-macam-salah-kaprah-soal-mahasiswa-teknik-informatika dan tentang jurusan Teknik Elektro di http://www.youthmanual.com/cari-jurusan/teknik/teknik-elektro ya. Kalau kamu lihat mata kuliahnya, mana yang kira-kira akan lebih mudah untukmu? Kalau belum puas juga, kamu bisa tanya-tanya ke senior yang masuk dua jurusan itu dan intip materi kuliah dan tugas-tugasnya.

Semoga membantu :) 

Baca selengkapnya
0 2345
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2021 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1