Arm-Chair

Spesialis Pelatihan dan Pengembangan

Administrasi dan HRD


  • Gaji rata-rata

    3jt - 7jt

  • Tren Karir

    -

  • Kecocokan denganmu

Apa itu Spesialis Pelatihan dan Pengembangan?

Merancang dan melaksanakan program pelatihan dan pengembangan untuk meningkatkan kinerja pekerja secara perorangan, maupun keseluruhan organisasi. Seorang Spesialis Pelatihan dan Pengembangan juga secara berkelanjutan menganalisa kebutuhan pelatihan dan pengembangan dalam sebuah perusahaan/organisasi.

Jenjang pendidikan minimal

 

N/A

SMK

D3

S1

S2

Gaji rata-rata

3jt - 7jt

Contoh dari Jabatan Pekerjaan

Pelatih Perusahaan
Spesialis Pelatihan Pekerjaan
Spesialis Pengembangan Manajemen
Spesialis Pelatihan
Pelatih Pegawai
Ahli Pengembangan Manajemen

Tugas Spesialis Pelatihan dan Pengembangan

Merancang dan melaksanakan program pelatihan dan pengembangan untuk meningkatkan kinerja perorangan dan organisasi 
Secara berkelanjutan menganalisa kebutuhan pelatihan dan pengembangan dalam sebuah perusahaan/organisasi
Menilai kebutuhan pelatihan sebuah perusahaan/organisasi, melalui survei, wawancara dengan pegawai, kelompok diskusi terfokus, serta konsultasi dengan manajer, pelatih, atau perwakilan pelanggan
Merancang, merencanakan, mengatur, atau mengarahkan program orientasi dan pelatihan untuk pegawai atau pelanggan
Menawarkan program pelatihan khusus untuk membantu pegawai meningkatkan keterampilan kerja
Menyampaikan informasi pelatihan menggunakan beragam teknik atau format instruksi seperti bermain peran, simulasi, latihan tim, diskusi kelompok, video, atau kuliah
Mengembangkan berbagai materi dan panduan tentang tata cara pelatihan, misalnya dalam bentuk selebaran atau makalah

Pengetahuan

Administrasi dan Manajemen

Pengetahuan tentang prinsip bisnis dan manajemen termasuk perencanaan strategis, alokasi sumber daya, pemodelan sumber daya manusia, teknik kepemimpinan, metode produksi, dan koordinasi antara orang dan sumber daya.

Komunikasi dan Media

Pengetahuan tentang media produksi, komunikasi, serta teknik dan metode penyebarannya. Termasuk cara alternatif untuk menginformasikan dan menghibur melalui tulisan, lisan, maupun media visual.

Layanan Pelanggan dan Personal

Pengetahuan tentang prinsip dan proses untuk menyediakan layanan bagi pelanggan dan personal. Hal ini termasuk penilaian kebutuhan pelanggan, memenuhi standar kualitas layanan, dan evaluasi kepuasan pelanggan.

Pendidikan dan Pelatihan

Pengetahuan tentang prinsip dan metode dalam mendesain kurikulum, pelatihan, pengajaran, dan instruksi untuk individu dan kelompok, serta pengukuran efek pelatihan.

Personil dan Sumber Daya Manusia

Pengetahuan tentang prinsip dan prosedur dalam merekrut personil, seleksi, pelatihan, kompensasi dan keuntungan, hubungan pekerja dan negosiasi, serta sistem informasi personil.

Psikologi

Pengetahuan tentang kinerja dan perilaku manusia; perbedaan kemampuan, kepribadian, dan minat individu; pembelajaran dan motivasi; metode penelitian psikologis; serta penilaian dan pengobatan mengenai gangguan perilaku dan afektif.

Sosiologi dan Antropologi

Pengetahuan tentang perilaku dan dinamika kelompok, tren dan pengaruh masyarakat, migrasi manusia, etnis, budaya, sejarah, dan asal-usul

Keterampilan

Aktif Belajar

Memahami implikasi dari informasi baru untuk dasar pengambilan keputusan dan penyelesaian masalah sekarang maupun masa datang.

Aktif Mendengarkan

Memberikan perhatian penuh pada perkataan orang lain, menyisihkan waktu memahami poin yang disampaikan, mengajukan pertanyaan sewajarnya, dan tidak menyela pada waktu yang tidak tepat

Koordinasi

Menyesuaikan tindakan yang dilakukan, dengan tindakan orang lain.

Berpikir Kritis

Menggunakan logika dan penalaran untuk mengindentifikasi kekuatan dan kelemahan dari solusi alternatif, kesimpulan, ataupun pendekatan permasalahan yang ditangani

Menginstruksi

Mengajar orang lain cara melakukan sesuatu

Memantau

Memantau/menilai kinerja diri sendiri, individu lain, maupun organisasi untuk melakukan pengembangan atau mengambil tindakan korektif.

Pemahaman Membaca

Memahami kalimat dan paragraf yang ditulis dalam dokumen kerja.

Kepekaan Sosial

Menyadari reaksi orang lain, kemudian memahami mengapa mereka bertindak seperti itu.

Berbicara

Berbicara pada orang lain untuk menyampaikan informasi secara efektif

Menulis

Mengkomunikasikan dengan efektif melalui tulisan yang sesuai dengan kebutuhan audiens

Kemampuan

  • 1

    Penalaran Deduktif - Kemampuan untuk menerapkan peraturan umum dalam masalah tertentu dalam rangka menghasilkan jawaban yang masuk akal.

  • 2

    Penalaran Induktif - Kemampuan menggabungkan potongan-potongan informasi untuk membentuk peraturan dan kesimpulan umum (termasuk menemukan hubungan di antara kejadian-kejadian yang terlihat tidak terhubung).

  • 3

    Pemahaman Lisan - Kemampuan untuk mendengarkan dan memahami informasi dan ide yang disampaikan melalui kata dan kalimat lisan

  • 4

    Ekspresi Lisan - Kemampuan untuk mengkomunikasikan informasi dan ide ketika berbicara, sehingga orang lain dapat memahami apa yang disampaikan

  • 5

    Kejelasan Berbicara - Kemampuan untuk berbicara dengan jelas sehingga orang lain dapat mengerti apa yang dibicarakan

  • 6

    Pemahaman Tertulis - Kemampuan untuk membaca dan memahami informasi dan ide yang disampaikan melalui tulisan

  • 7

    Ekspresi Tertulis - Kemampuan untuk mengkomunikasikan informasi dan ide dalam penulisan sehingga orang lain dapat mengerti

Diskusi terkait profesi Spesialis Pelatihan dan Pengembangan

Belum ada diskusi yang dibagikan untuk profesi ini.

Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1