Apa itu Sekretaris Medis?
Seorang sekretaris medis adalah anggota staf di fasilitas perawatan kesehatan seperti rumah sakit dan kantor dokter yang melakukan fungsi administrasi dan mendukung. Selain memiliki keterampilan administrasi, sekretaris medis harus memiliki pengetahuan tentang istilah medis, bahasa umum profesi medis dan akrab dengan berbagai prosedur medis dan praktek bisnis.
Jenjang pendidikan minimal
N/A
SMK
D3
S1
S2
Gaji rata-rata
Contoh dari Jabatan Pekerjaan
Tugas Sekretaris Medis
Pengetahuan
Administrasi dan Manajemen
Pengetahuan tentang prinsip bisnis dan manajemen termasuk perencanaan strategis, alokasi sumber daya, pemodelan sumber daya manusia, teknik kepemimpinan, metode produksi, dan koordinasi antara orang dan sumber daya.
Administratif
Pengetahuan tentang prosedur dan sistem administratif, seperti mengelolah kata, mengatur dokumen dan catatan, stenografi dan transkripsi, mendesain formulir, serta prosedur dan terminologi kantor lainnya.
Layanan Pelanggan dan Personal
Pengetahuan tentang prinsip dan proses untuk menyediakan layanan bagi pelanggan dan personal. Hal ini termasuk penilaian kebutuhan pelanggan, memenuhi standar kualitas layanan, dan evaluasi kepuasan pelanggan.
Ekonomi dan Akuntansi
Pengetahuan tentang prinsip-prinsip dan praktik ekonomi dan akuntansi, pasar keuangan, perbankan, serta analisa dan laporan data keuangan.
Bahasa Inggris
Pengetahuan tentang struktur dan isi dari Bahasa Inggris, termasuk arti dan ejaan dari setiap kata, aturan komposisi, dan tata bahasa.
Keterampilan
Koordinasi
Menyesuaikan tindakan yang dilakukan, dengan tindakan orang lain.
Operasi dan Kontrol
Mengontrol perlengkapan dan sistem operasi.
Pemahaman Membaca
Memahami kalimat dan paragraf yang ditulis dalam dokumen kerja.
Orientasi Melayani
Secara aktif mencari cara yang tepat untuk membantu orang lain.
Menulis
Mengkomunikasikan dengan efektif melalui tulisan yang sesuai dengan kebutuhan audiens
Kemampuan
- 1
Ketangkasan Jari - Kemampuan membuat koordinasi gerakan jari dari satu atau kedua tangan dengan tepat, yang akan digunakan untuk menggenggam, menggerakkan, atau memasang objek yang sangat kecil.
- 2
Penyusunan Informasi - Kemampuan untuk mengatur berbagai hal maupun tindakan dalam urutan atau pola tertentu sesuai dengan aturan yang ditetapkan (contoh: pola angka, huruf, kata, gambar, operasi matematika).
- 3
Reaksi yang Cepat - kemampuan untuk merespon secara cepat (dengan tangan, jari, atau kaki) pada sebuah sinyal (suara, cahaya, gambar) ketika sinyalnya muncul.
- 4
Pemahaman Tertulis - Kemampuan untuk membaca dan memahami informasi dan ide yang disampaikan melalui tulisan
- 5
Fleksibilitas Kategori - kemampuan untuk menghasilkan atau menggunakan kelompok aturan yang berbeda untuk menggabungkan atau mengelompokkan sesuatu dengan cara baru.
Diskusi terkait profesi Sekretaris Medis
Belum ada diskusi yang dibagikan untuk profesi ini.